Resiko Usaha Bersama Teman Wajib Tahu

Resiko Usaha Bersama Teman Wajib Tahu – Yakin nih mau buka usaha patungan bareng teman? Memulai usaha sendirian memang berat sebab semuanya serba sendiri dan memikirkannya sendiri. Dan anda memikirkan cara bagaimana mendirikan usaha bareng teman.

Karena alasan anda sudah mengenalnya lama dan sudah sangat dekat dan percaya sehingga muncul ide bisnis yang menarik.

Resiko Usaha Bersama Teman Wajib Tahu

Namun sebelum memutuskan untuk membangun usaha dengan teman, pikirkan dahulu risikonya yang kemungkinan timbul. Sebab akan ada dua raja di sana dan itu tidak mungkin berjalan lancar.

Beberapa risiko yang biasanya terjadi jika menjalankan bisnis bareng teman.

Belum Tentu Cocok

Cocok banget saat menjadi teman anda, namun belum pasti cocok untuk berbisnis bersama. Teman anda memiliki karakter yang berbeda. Memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing ini akan semakin terlihat saat menghabiskan waktu lebih sering bersama.

Teman maupun anda harus siap saling menerima. Nantinya anda bisa saling memahami dan tidak cepat marah saat terjadi suatu kurang menyenangkan.

Terlalu Percaya

Sudah merasa saling mengenal baik, tidak ada rasa curiga yang berlebihan saat memulai usaha bersama teman. Jadi terlalu percaya pada teman, begitupun sebaliknya. Sikap yang berlebihan ini akan menjadi resiko yang besar sebab hal yang nantinya terjadi belum tentu sesuai dengan harapan.
Makanya ada pihak salah satu yang merasa sakit hati. Yang lebih fatal adalah anda baru sadar bahwa selama ini percaya pada orang yang salah.

Ternyata bukanlah seorang teman dan rekan kerja yang baik. Seseorang yang sudah anda percayai justru merugikan anda. Bisnis menjadi korbannya karena hal ini.

Resiko Usaha Bersama Teman Wajib Tahu

Kekuasaan pada Bisnis Terbagi

Setiap orang memiliki bagiannya masing-masing. Tentu tidak bisa menguasai bisnis sepenuhnya sebab separuh dikuasai teman. Tidak bisa memutuskan segala hal sendirian, tapi harus dibahas bersama-sama. Termasuk soal pendapatan usaha juga harus dibagi dua. Anda tidak dapat leluasa seperti pebisnis lain yang membangun usaha sendiri tanpa partner.

Konflik Keuangan

Keuangan ini masalah yang sensitif dan bisa mengakibatkan konflik berakibat fatal. Keluarga saja banyak berselisih hanya masalah uang, apalagi teman yang tidak ada hubungan darah dan sekedar kenal saja.

Bicarakan perihal keuangan dengan teman yang menjadi partner bisnis Anda secara terbuka. Buat kesepakatan mengenai modal usaha, cara mengelola keuangan, hingga pembagian keuntungan.

Resiko Usaha Bersama Teman Wajib Tahu

Hubungan Pertemanan Jadi Rusak

Namanya bisnis tidak mungkin berjalan mulus, apalagi yang membangun bersama teman. Akan ada banyak perselisihan tanpa henti. Bisa dari masalah perbedaan pendapatan saat rapat, kekecewaan karena pekerjaan, hingga masalah personal antara anda dengan sang teman.

Lebih berisiko memancing perasaan, konflik pun dapat menghancurkan pertemanan, apabila kedua belah pihak sama-sama egois tidak ada yang memprioritaskan profesionalitas.

Masalah bisnis menjadi masalah personal dan bisa-bisa salah satu ada yang mundur, atau malah usahanya dihentikan selamanya. Rasa kecewa yang sangat dalam dan tidak mau lagi meneruskan usaha.

Sisi Buruk Teman

Merasa sudah terlalu mengenal teman, anda kadang memaklumi sisi buruknya. Lho padahal jika lama-lama dibiarkan akan menjadi suasana seperti gunung es yang bisa memicu konflik berkepanjangan. Sisi buruk teman, tapi jangan percaya berlebihan yang mematikan sikap kritis diri sendiri.

Resiko Usaha Bersama Teman Wajib Tahu

Ide Pribadi Terkadang Tidak Terpakai

Ingin mengembangkan sebuah bisnis tentunya kita memiliki ide-ide yang cemerlang, namun itu ide milik sendiri yang dilontarkan pada teman bisnis malah dibantah. Jadinya anda harus mengalah dan tidak menimbulkan pertengkaran.

Pengambilan Keputusan Tak Bisa Sendirian

Penghasilan pengambilan keputusan pun harus dibicarakan karena tak bisa diambil sendiri. Ketika mengambil keputusan ada perbedaan pemikiran, dan ini bisa membuat masalah menjadi besar. Berbeda pandangan, terkadang mereka mengambil keputusan untuk bubar jalan.

Tips yang harus Anda lakukan jika ingin memulai bisnis bersama teman

Pemahaman tiap karakter satu sama lain bisa menjadi modal awal untuk memperkuat kerja sama mambangun usaha. Sayangnya ada juga yang malah berakhir dengan permusuhan karena masalah perselisihan yang tidak kunjung kelar. Tidak bisa menyelesaikan perselisihan dengan dewasa akan menjadi malah pada pekerjaan anda. Makanya tidak boleh sembarang memilih teman sebagai mitra bisnis meskipun orang tersebut sudah ada percayai.

Buat Perjanjian Kerja Secara Jelas

Selalu diingat satu hal ini adalah bedakan urusan pertemanan dengan urusan pekerjaan. Susunlah terlebih dahulu perjanjian kerjasama sama ‘hitam di atas putih’ sebelum memulai bisnis tersebut.

Kasus yang banyak terjadi adalah bisnis gagal dan berujung pada sengketa sebab tidak ada kesepakatan dalam berbagai hal, seperti pembagian keuntungan, jabatan, juga keputusan apabila terjadi hal-hal yang tidak terduga.

Samakan Visi dan Misi

Visi dan Misi dalam sebuah bisnis dapat mengantarkan ke arah tujuan usaha, jadi jangan pernah sepelekan tentang visi dan misi. Menyamakan visi dan misi ini bisa membantu anda dan teman lebih kompak dan mempermudah dalam pengambilan keputusan.

Resiko Usaha Bersama Teman Wajib Tahu

Transparan dan Percayakan pada Teman Anda

Keadaan jangan sampai menjadi krisis kepercayaan terhadap teman, karena ini dapat menjadikan resiko paling besar. Transparan dalam segala hal dibutuhkan untuk membangun kepercayaan agar nantinya bisa berlaku adil antara dua belah pihak. Terutama masalah operasional mingguan, keuangan, dan bayak hal lain.

Resiko Usaha Bersama Teman Wajib Tahu

Buang Ego Masing-Masing

Menyatukan dua ide pemikiran dari dua pribadi yang berbeda akan terasa sedikit sulit, buanglah ego terlebih dahulu agar bisnis tersebut bisa baik sesuai dengan rencana. Kepentingan bersama demi tujuan bisnis adalah hal utama. Dirasa ide anda memang kurang baik untuk bisnis maka turunkan ego dan pakailah ide mana yang terbaik meskipun itu dari pemikiran teman bisnis.

Siap Menerima Risiko

Siap dalam menerima dan mengambil resiko. Bertindak dengan berani dalam menerima segala kemungkinan yang terjadi pada bisnis. Pelajari semua konsekuensinya yang bisa ditimbulkan dari kebijakan yang sudah dibuat bersama dan menanggung bersama agar tidak berakhir menjadi perselisihan kepanjangan.

Resiko Usaha Bersama Teman Wajib Tahu

Nah, itulah beberapa resiko yang bisa timbul kalau anda membangun bisnis bersama partner. Ada pepatah menyatakan bahwa tidak ada teman dalam bisnis. Apa ya maksudnya? Anda dan teman anda adalah rekan bisnis saat di tempat usaha. Kalian harus bersikap profesional dalam menempatkan diri.

Di luar lingkungan bisnis bersikaplah biasa saja seperti layaknya teman. Bangun hubungan bisnis dan pertemanan dengan profesional sesuai dengan takaran, usaha akan berjalan lancar dan hubungan antara anda dan partner menjadi terjaga.

Semoga infonya bermanfaat.

Selamat berbisnis.

Anda mencari Distibutor PULSA & KUOTA termurah ? disini tempatnya: Klik Disini.

Distributor Pulsa Electrik Termurah

Add a Comment