Cara Beradaptasi Lingkungan Kerja Baru Fleksibel

Cara Beradaptasi Lingkungan Kerja Baru Fleksibel – Sudah memasuki di dunia kerja, ada banyak hal yang belum anda ketahui dan alami. Anda harus bersiap dengan perubahan iklim kerja setiap waktunya.

Perubahan lingkungan pertemanan dengan rekan kerja, bos baru, tanggung jawab baru, gaji baru, serta kemungkinan akan tantangan baru.

Semua akan merasa berdebar-debar dan ada rasa cemas memasuki hari pertama kerja. Wajar menjadi sedikit grogi sebab belum mengenal suasana di dalam kantor.

Cara Beradaptasi Lingkungan Kerja Baru Fleksibel

Untuk mengatasinya diperlukan kemampuan adaptasi dengan baik. Semakin anda bisa cepat menyesuaikan lingkungan, maka semakin maksimal pula bekerja anda. Ada beberapa tips untuk beradaptasi di tempat kerja baru, bisa dicoba.

Fokuskan Perhatian Saat Proses Perkenalan

Menjadi karyawan baru selalu mendapatkan bimbingan dari seniornya atau di perusahaan besar bisa disebut tim HRD yang akan terus membantu anda bimbing kerja di minggu pertama kerja. Selama seminggu perkenalan anda akan diperkenalkan dengan berbagai informasi yang berhubungan dengan internal tempat kerja anda. Dari struktur organisasi, cakupan aktivitas bisnis perusahaan, visi dan nilai-nilai yang dianut oleh perusahaan, serta lingkungan departemen tempat kerja.

Pengenalan ini bertujuan untuk mengenalkan sisi baik dari perusahaan anda seta membuat karyawan lebih familiar dengan kultur, regulasi, gaya kerja, dan departemen yang ada. Gunakan kesempatan ini untuk memfokuskan tubuh dan pikiran anda, dan usahakan jangan tidur terlalu malam agar besok harinya bisa fresh untuk bekerja. Minimalkan terjadinya fokus menurun serta ngantuk. Sekiranya tanya apa yang kurang jelas pada apa yang dikerjakan, tidak perlu merasa sungkan.

Cara Beradaptasi Lingkungan Kerja Baru Fleksibel

Tenanglah dan Observasi Sekitar

Pegawai di kantor baru rentan membuat merasa antusias yang berlebihan. Meski ini adalah hal yang normal namun cukup dengan memasuki lingkungan yang baru dan ingin dikenal orang. Rasa antusias itu bisa menjadi nilai yang berlebihan kalau terlalu banyak bicara yang tidak perlu.

Di tahapan pertama ini, tindakan tersebut dapat membatasi diri anda untuk bekerjasama dengan tim di masa depan dan membuat sulit berbaur karena terlalu proaktif. Pada bulan pertama bekerja sebagai karyawan baru sangat penting mengamati dari pada menunjukkan antusiasme. Terlalu banyak bicara, lebih baik mengerjakan pekerjaan dengan baik, berkualitas dan selesai pada waktunya.

Banyak mengobrol pada saat makan siang atau jam istirahat, sebagai kesempatan untuk mengamati sifat dan perilaku rekan kerja di tim yang sama diperbolehkan.

Cara Beradaptasi Lingkungan Kerja Baru Fleksibel

Bicara dengan Volume yang Sama

Cobalah untuk berbicara dengan volume yang sama dengan keadaan sekeliling. Tempat kerja dimana orang berbicara dengan suara pelan sebab tuntutan pekerjaan, maka jangan berteriak atau bersuara keras. Baiknya jika terjadi sebaliknya orang-orang berbicara dengan nada tinggi cukup dimengerti saja dan di dengar rekan. Tolong jangan bersuara dengan nada lembut. Intinya sesuaikan nada suara anda dalam lingkungan kontrol besar kecilnya.

Cara Beradaptasi Lingkungan Kerja Baru Fleksibel

Bangun Kesempatan Menjalin Pertemanan

Untuk dapat saling mengenal dengan sesama rekan kerja, jangan duduk diam saja dan menunggu ditanya orang lain. Persiapkan bahan cerita obrolan yang banyak, intinya obrolan yang bisa digunakan untuk membangun hubungan pertemanan baru sehingga anda bisa beradaptasi dengan lingkungan baru.

Berita apa saja yang sedang terjadi di negeri ini atau bahkan di luar negeri, makanan apa yang kira-kira sedang banyak dibicarakan orang, bisa membuat orang yang awalnya tidak saling kenal menjadi akrab. Bahkan hal kecil seperti hobi, film favorit, dan lagu favorit bisa menjadi sebab awal perkenalan yang tidak saling kenal.

Cara Beradaptasi Lingkungan Kerja Baru Fleksibel

Bersikap Sopan Kepada Semua Orang

Terlalu merasa minder saat berpapasan dengan bos atau manajer itu kurang sopan, sapalah dengan sedikit basa basi. Semua orang juga begitu, paling tidak saat berpapasan, jangan membuang muka terhadap mereka, usahakan dengan beri senyuman terbaik. Bisa saja orang yang hanya sekedar anda sapa bisa menjadi bos besar ke depannya.

Bekerja di hari pertama tidak seorangpun yang mau mengajak makan siang, coba bertanya pada karyawan lama kira-kira dimana tempat makan siang yang nyaman.

Merasa kurang nyaman memulai interaksi dengan orang-orang yang masih asing, namun sebaliknya juga seperti itu. Para senior mungkin sudah lupa dengan bagaimana tidak nyamannya menjadi anggota baru, jadi sopanlah terhadap semua orang dan meraih hubungan baik dengan rekan kerja pun meningkat.

Cara Beradaptasi Lingkungan Kerja Baru Fleksibel

Pelajari Perusahaan Sedetail Mungkin

Hal yang baru berarti mempelajari detail-detail baru, begitu juga tempat kerja. Membaca website perusahaan, perdalam visi misinya, hubungkan dengan visi dan misi anda agar lebih termotivasi untuk bekerja. Segala hal yang berhubungan dengan perusahaan yang terbuka untuk umum seperti laporan tahunan, brosur, artikel majalah, dsb jangan lupa juga.

Memiliki senior yang dikenal, tanyakan kepadanya lebih banyak mengenai kultur kerja di kantor tersebut. Belajar apapun yang bisa didapat mulai nama-nama pemimpin perusahaan, mulai dari yang tertinggi hingga ke manajer yang menangani. Jadikanlah diri menjadi lebih familiar dengan nilai-nilai yang dianut perusahaan dan bahasa perusahaan dalam bekerja.

Cara Beradaptasi Lingkungan Kerja Baru Fleksibel

Tentukan 3 Kualitas Anda

Supaya tidak kehilangan jati diri ada tiga hal yang harus ditetapkan dalam diri anda. Seperti anda lebih dikenal dengan orang yang pekerja keras, kompetitif dan positif.

Anda sudah mengetahui dengan benar, berusahalah untuk memulai hari pertama anda menunjukkan citra diri anda, menyelesaikan pekerjaan dengan kualitas terbaik dan tepat waktu, senantiasa aktif dalam memberi solusi pada rapat rutinan kalau ingin dikenal orang solutif.

Baca juga: Tips Jaga Motivasi Kerja Meski Cuaca Buruk

Hindari Komplain

Berminggu-minggu sudah anda bekerja di tempat baru pasti ada saja yang membuat diri menjadi tidak nyaman sampai anda membuat diri membandingkan dengan tempat bekerja anda sebelumnya.

Tak dianggap bos sendiri sebagai manusia saat memberikan pekerjaan, rekan kerja kurang membantu menyelesaikan pekerjaan, ruang kerja yang kurang nyaman, serta berbagi komplain lain simpan saja dulu semuanya.

Hey, ingatlah anda itu karyawan baru jadi belum ada ruang menyatakan komplain dan sebaiknya anda tidak terjebak di tempat yang tidak nyaman tersebut, pikirkan saja hal yang membaik dari kantor sebelumnya.

Cara Beradaptasi Lingkungan Kerja Baru Fleksibel

Atur Tempat Kerja Anda

Situasi dimana anda harus berbagi meja dengan rekan, maka bicarakan bagaimana membaginya dan merapikannya dengan baik. Pahami dimana anda akan bekerja dan berapa besar ruang kerja yang anda miliki.

Padukan saja meja kerja anda dengan kenyamanan seperti gaya anda agar lebih bersemangat bekerja. Meletakkan barang-barang yang dibutuhkan di tempat yang dekat dengan jangkauan. Tinggi kursi sesuaikan dengan tinggi anda, menambahkan foto keluarga juga tidak salah untuk menambah semangat anda.

Cara Beradaptasi Lingkungan Kerja Baru Fleksibel

Bagaimana? Sudah siapkah anda untuk bekerja di tempat baru? Dunia kerja berbeda saat kita berasa di sekolah, perkuliahan. Jadilah pribadi yang kuat dan rentan untuk terombang ambing dengan iklim kerja yang gampang berubah sewaktu-waktu.

Maka semua akan lebih mudah untuk kalau memiliki kemampuan beradaptasi dengan baik akan membantu bekerja dengan maksimal dan lancar. Masih banyak cara lainnya agar anda bisa berkerja dengan nyaman dilingkungan baru, cari saja referensi yang ada dan bisa dicoba.

Semoga infonya bermanfaat.

Anda mencari Distibutor PULSA & KUOTA termurah ? disini tempatnya: Klik Disini.

Distributor Pulsa Electrik Termurah

Add a Comment