Tips Tetap Produktif Kerja Waktu Musim Hujan

Tips Tetap Produktif Kerja Waktu Musim Hujan – Hujan sudah mulai turun ya, pertanda kalau musim hujan sudah mulai nih. Ini akan menjadi momok tersendiri setiap musim hujan datang. Mendung dan hujan menghiasi langit sebagian wilayah Indonesia. Meski tak setiap hari muncul, langit kelabu ternyata bisa berdampak negatif pada suasana hati. Rasanya malas kemana-kemana dan malas ngapa-ngapain.

Disisi daerah yang rawan banjir akan tergenang air hujan. Dan kesehatan turut dipertaruhkan. Kondisi cuaca dengan suhu yang ekstrim, suasana yang gelap dan dingin bisa mempengaruhi mood terutama yang harus bekerja setiap harinya akan terasa malas.

Terlebih jika curah hujan sangat tinggi dan bisa menyebabkan berbagai persoalan. Terutama daerah kota yang rawan akan banjir. Dan para pekerja yang di lapangan atau outdoor menjadi salah satu hambatan segala aktivitas perkantoran.

Meski demikian bukan berarti kita malas. Namanya kewajiban tetap harus dilakukan apapun keadaannya. Pekerja kantor, karyawan tetap harus memiliki jiwa profesional dalam menjalankan tugasnya.

Tips Tetap Produktif Kerja Waktu Musim Hujan

Dituntut untuk selalu menjaga kondisi kesehatan agar tetap semangat dan produktif di saat musim hujan. Jadikan musim hujan sebagai alasan untuk tidak produktif bekerja apakah anda pekerja yang profesional?

Selalu bawa perlengkapan saat musim hujan

Yang mengendarai kendaraan roda dua, sebaiknya siapkan peralatan yang mendukung saat musim hujan seperti jaket dan jas hujan. Juga payung sampai obat pribadi di dalam tas. Dengan perlengkapan itu tidak ada alasan untuk tidak bekerja ya.

Berangkat kerja lebih awal

Langkah antisipasi sebaiknya berangkat lebih awal. Hujan yang turun pada pagi hari akan membuat sebagian besar orang terlambat masuk kerja. Karena genangan air hujan yang menyebabkan kemacetan.

Terlebih rute transportasi umum yang semakin sulit untuk dijangkau. Akan tetapi kalau keadaan memungkinkan untuk berangkat lebih pagi coba rute alternatif yang aman dari genangan air serta kemacetan.

Tips Tetap Produktif Kerja Waktu Musim Hujan

Konsumsi vitamin

Pancaroba yakni peralihan musim dari kemarau menuju penghujan atau sebaliknya, biasanya tubuh akan menyesuaikan dan tidak bisa secara langsung. Tubuh akan mengalami proses imunisasi yang biasanya akan menurun pada perubahan cuaca mudah sakit. Tapi setelah anda sembuh akan lebih kebal dengan kondisinya didukung dengan mengkonsumsi vitamin dari buah dan sayuran atau suplemen.

Jangan tinggalkan olahraga

Alasannya cuaca yang sedang hujan tidak untuk olahraga. Lakukan olahraga ringan yang bisa dilakukan di dalam ruangan seperti push up, sit up, skipping, yoga dan masih banyak lainnya. Untuk membakar kalori, olahraga secara rutin bagus untuk memperlancar aliran darah sehingga sirkulasi darah dan oksigen tetap terjaga.

Tips Tetap Produktif Kerja Waktu Musim Hujan

Perbanyak minum air putih dan makanan sehat

Air putih tidak boleh ditinggalkan apapun cuacanya, sebab sangat bagus untuk kesehatan agar tetap produktif melakukan kegiatan dan memberikan daya tahan tubuh lebih kuat pada musim hujan. Banyak orang yang terjangkit penyakit saat musim hujan seperti demam, flu, batuk dan lainnya. Perbanyak mengkonsumsi makanan mengandung banyak nutrisi, serat dan vitamin.

Tidur yang cukup

Tugas-tugas kerja sering kali menyita waktu sehingga menjadi lupa waktu untuk beristirahat. Mendapatkan mood yang bagus bisa menjaga kesehatan tubuh. Miliki waktu tidur yang cukup setidaknya 7 sampai 8 jam sehari agar tetap produktif kerja.

Waktu tidur yang cukup, daya tahan tubuh, kreativitas, peredaran darah akan meningkat keesokan harinya. Tidur yang cukup juga mampu memperbaiki metabolisme tubuh.

Tips Berkendara Aman Saat Cuaca Buruk

Selain menjaga kesehatan tubuh, bagi pekerja yang beraktivitas di luar rumah harus tetap vit. Dan selalu mengecek kesehatan kendaraan dan perlengkapan penunjang lainnya seperti dongkrak, segitiga pengaman dan kotak P3K. Keselamatan selama perjalanan penting lho maka dari itu lakukan beberapa hal di bawah ini.

Pertahankan Kecepatan Sesuai dengan Kondisi

Sesuaikan kemudi dengan kecepatan yang sesuai dengan jarak pandang dan lingkungan sekitar. Apakah di jalan ada genangan air, serta kondisi lainnya.

Gunakan Selalu Putaran Mesin Rendah

Anda mengendarai mobil dengan menggunakan bensin, jaga putaran mesin di angka 2500 rpm. Beda jika mesin mobil anda adalah diesel, jaga putaran mesin di angka 1800 rpm. Tetap stabilkan agar anda tidak mengalami sliding dan traksi roda tetap optimal.

Tips Tetap Produktif Kerja Waktu Musim Hujan

Hidupkan Lampu Day Time

Banyak para pengemudi mobil menggunakan lampu hazards saat kondisi hujan. Memang terang tapi akan menganggu pandangan pengemudi lainnya, jadi gunakan lampu day time (lampu kecil).

Perhatikan Jarak Pengereman

Air yang terus turun akan mengurangi jarak pandang anda. Proses pengereman membutuhkan jarak yang lebih panjang dari pada saat kondisi kering. Pengemudi harus mengatur jarak pengereman lebih jauh dari biasanya.

Tips Tetap Produktif Kerja Waktu Musim Hujan

Hindari Kecepatan Tinggi pada Genangan Air Tipis

Kendaraan mobil yang melewati air genangan tipis, ban tidak bisa mencengkram jalan dengan baik dan berpotensi mengalami aquaplaning atau melayang. Mobil akan tidak stabil saat melaju.

Hindari Genangan Air Melebihi Satu Jengkal Tinggi Knalpot

Jalan yang digenangi banjir mengakibatkan mobil mogok dan merusak mesin mobil. Ingat jangan menerobos genangan air tinggi apalagi banjir.

Tips Tetap Produktif Kerja Waktu Musim Hujan

Jangan Hidupkan Mesin Jika Terjebak Banjir

Terlebih banjir, jangan menghidupkan mesin mobil yang sempat melewati jalanan banjir, sebab dikhawatirkan menyebabkan kerusakan yang parah.

Waspada

Pemukiman yang anda tinggali termasuk rawan banjir dan longsor harus waspada lho. Memastikan kendaraan anda sudah diansuransikan. Periksa polis asuransi Anda apakah sudah ada perluasan jaminan untuk risiko angin topan, badai, banjir & tanah longsor atau tidak. Tidak ada? Segera hubungi provider asuransi, simpan nomornya untuk bantuan darurat di jalan.

Tips Tetap Produktif Kerja Waktu Musim Hujan

Sebagai warga yang baik tetap berperilaku aman ya saat berkendara, baik itu tidak musim hujan sekalipun. Membawa perlengkapan yang cukup dan mawas diri saat musim hujan datang. Supaya aktivitas sehari-hari bisa berjalan terus dan resiko bisa diminimalkan.

Selalu jaga keselamatan diri dan sekitar. Semoga bermanfaat.

Add a Comment