Tips Kerja Sambil Usaha yang Mudah dan Efektif

Tips Kerja Sambil Usaha yang Mudah dan Efektif – Mau mengandalkan gaji kantor rasanya sangat sulit untuk memenuhi kebutuhan pokok.  Terlebih harga kebutuhan pokok yang selalu naik turun, menuntut kita agar pandai dalam mengelola keuangan. Namun mengandalkan gaji pokok saja kadang tidak bisa menutupi semua kebutuhan.
 
Tips-Kerja-Sambil-Usaha-yang-Mudah-dan-Efektif
 
 
Karena itu, banyak orang yang memilih untuk membuka usaha untuk menambah pemasukan. Akan tetapi keterbatasan waktu itu yang membuat mengelola bisnis menjadi tidak maksimal, sebab anda harus tetap fokus pada urusan kantor. Tapi semua itu tidak mustahil kok.
 
Terlihat seperti sesuatu yang tidak mungkin dilakukan, namun kalau tahu tipsnya anda bisa menjalankan kerja sambil usaha tanpa harus  mengganggu pekerjaan. Berikut tips kerja sambil usaha yang mudah dan efektif dilakukan.
 
1. Catat Semua Waktu Luang yang Ada
 
Banyak orang yang memilih untuk mundur setelah merasakan satu sampai dua bulan bekerja sambil usaha. Tidak tanpa alasan, sebab mereka merasa kalau tidak punya waktu untuk mengurus bisnis.
 
Kalau di lihat sisa waktu setelah bekerja atau liburan bisa dimanfaatkan untuk berbisnis. Agar semua ini tidak menimpa anda, maka buatlah catatan waktu luang secara detail.
 
Tidak harus menyediakan waktu lama, hanya 2 sampai tiga jam saja itu sudah lebih dari cukup untuk mengawasi perkembangan bisnis anda. Dan untuk sisanya anda bisa meminta bantuan dari anggota keluarga untuk mengurus bisnis, terutama buat anda yang masih terikat kantor.
 
2. Perhatikan dan Pilih Bisnis yang Sesuai
 
Ada banyak bisnis yang bisa dijalankan, mau bisnis bidang kuliner, jasa, dan online shop. Anda bisa memilih bisnis yang sesuai dengan minat dan kemampuan serta karakteristik diri.
 
Kalau anda memiliki kemampuan dalam bidang pasar, maka berbisnis online shop akan sangat cocok. Kalau anda padai dalam urusan dapur bisa membuka bisnis kuliner.
 
Memilih bisnis sesuai dengan kemampuan, akan lebih muda untuk menjalankan bisnis tersebut. Kalau ada masalah bisa yang terjadi akan lebih mudah untuk diselesaikan sebab anda sudah mampu mengetahui penyebab masalah tersebut lalu menemukan solusinya.
 
 3. Cari Modal untuk Berbisnis yang Cukup
 
Ingin membuka bisnis, sebaiknya hitung modal yang anda miliki apakah sudah cukup atau belum. Modal akan mempengaruhi keberhasilan dalam suatu bisnis.
 
Karena modal bisnis akan lebih cepat berkembang. Dan sebaliknya kalau modal masih setengah-setengah maka perkembangan bisnis akan macet.
 
Jumlah yang dibutuhkan tergantung dari bisnis apa yang anda jalankan. Namun kalau belum ada modal yang cukup sebaiknya kumpulkan terlebih dahulu.
 
Kalau mau mengajukan pinjaman, sebaiknya pikirkan terlebih dahulu resiko dan jalan ke depannya. Sebab meminjam modal akan sangat banyak resiko.
 
 4. Rekrut Orang Kepercayaan yang Kredibel dan Berintegritas
 
Merekrut orang kepercayaan kalau anda tidak sanggup menjalankan bisnis seorang diri.  Ini akan meringankan pekerjaan, orang kepercayaan akan membantu anda untuk mengelola bisnis, sehingga bisnis tidak akan tersendat.
 
Kalau ada waktu anda bisa melakukan diskusi dan saling bertukar pikiran mengenai bisnis. Usahakan merekrut orang yang memiliki dedikasi, komitmen, dan integritas yang tinggi.
 
Dengan begitu anda rasa tanggung jawab tersebut bisa dipastikan mampu untuk menjalankan usaha anda. Sebab nasib bisnis anda , bergantung pada tangan orang kepercayaan.
 
Kalau tugasnya tidak bagus, maka anda sendiri yang akan menanggung akibatnya, usahakan anda memilih orang kepercayaan yang benar-benar membantu anda.
5. Selalu Sisihkan Waktu untuk Bersantai
 
Pekerjaan kantor umumnya akan sangat menyita waktu anda, terlebih anda memiliki bisnis. Kemungkinan ini akan membuat  anda lupa waktu untuk diri anda sendiri.
 
Kalau ini terus berlanjut maka dalam jangka panjang akan menimbulkan stress yang sangat berpengaruh pada produktivitas kerja. Kerja dan berbisnis itu memang penting, namun jangan sampai lupa waktu untuk membahagiakan diri anda sendiri.
 
Memanfaatkan waktu setiap akhir pekan untuk bersantai agar otak dan tubuh lebih rileks. Tidak harus pergi tamasya sampai ke luar kota, melakukan aktifitas kecil membaca buku atau melakukan kegiatan kesukaan anda akan ampuh memberikan efek rileks pada otak dan tubuh.
6. Perhatikan Kualitas Waktu yang Anda
 
Meski anda sibuk, jangan sampai anda mengabaikan kualitas waktu, terlebih bersama keluarga dan orang yang anda cintai.
 
Membawa kebahagian, kehadiran orang lain akan membuat beban kerja anda terasa hilang secara perlahan, tubuh akan terasa lebih ringan untuk melanjutkan pkerjaan hari esok.
 
Karier dan kehidupan pribadi pastikan selalu seimbang. Jangan sampai mengganggu kepentingan yang lainnya demi kepentingan lain.
 
7. Terus Mau Belajar dari Pengalaman
 
Proses bisnis tidak bisa lepas dari namanya kegagalan, terutama fokus anda akan terpecah dalam dua pekerjaan sekaligus. Di sisi lain anda menjaga profesionalitas dan produktivitas kerja, dan di sisi lainnya anda harus mampu mengelola bisnis.
 
Tidak boleh menyerah dalam meraih kesuksesan. Jalan itu tidak selamanya mulus dan pastinya ada masalah dalam setiap jalannya. Menemukan masalah dan cari cara untuk menyelesaikan masalah tersebut agar tidak terulang kembali.
 
Jalani secara Seimbang
 
Boleh kok mau bekerja sambil usaha. Namun anda tidak bisa melakukannya secara terus menerus dalam jangka panjang. Anda harus menguras waktu anda energi, hasilnya jadi kurang maksimal sebab fokus anda sudah terbagi sejak awal.
 
Lebih baik pilih salah satu yang lebih menjanjikan. Baik dari pemasukan, fleksibilitas, seta efektifitas  di masa depan, lalu jalani dengan seimbang dan akhirnya bisa memutuskan salah satu yang ingin anda geluti.
 
Semoga infonya bermanfaat.

Add a Comment