Tips Karyawan Betah Bekerja di Tempat Anda

Tips Karyawan Betah Bekerja di Tempat Anda – Karyawan adalah elemen terpenting dalam sebuah perusahaan. Mereka adalah aset utama dalam mengembangkan perusahaan. Setiap pemimpin wajib memiliki karyawan yang bisa bekerja dengan anda dengan rasa nyaman. Ketika melakukan sesuatu kesolidan antara karyawan dan pemimpin akan membuat perusahaan semakin lebih baik lagi.

Sering berganti karyawan dalam waktu singkat akan mengganggu kinerja perusahaan. Maka karena itu sebagai pemimpin harus bisa peka dengan lingkungan perusahaannya, barangkali mereka tidak nyaman dengan situasi dan kondisi di perusahaan. Pemimpin perusahaan memang tidak dapat memaksakan karyawannya untuk terus di bawah kinerjanya. Namun setidaknya anda seandainya menjabat menjadi bawahan bisa betah dengan pemimpin anda.

Tips Karyawan Betah Bekerja di Tempat Anda

Ada beberapa cara yang bisa lakukan agar karyawan bisa betah bekerja dengan anda, bisa dicoba sesuai dengan kondisi perusahaan.

Apresiasi Pekerjaan Karyawan Anda

Durasi 8 jam kerja karyawan anda sudah bekerja dengan baik di perusahaan setiap harinya, jangan lupa untuk memberi apresiasi kecil pada mereka. Terlebih kalau ada karyawan yang memiliki prestasi besar. Besar atau kecil itu akan memberikan rasa mereka telah di hargai dari hasil jerih payahnya, menjadi betah di kantor serta meningkatkan rasa percaya diri. Bersemangat kembali untuk membuat prestasi terbaik.

Penuhi Hak Karyawan dengan Baik

Hak disini bisa berupa gaji intensif bulanan rutin yang di terima setiap bulannya, hak itu jangan sampai dilalaikan untuk diberikan, sebab mereka sangat membutuhkannya untuk keluarga dan diri mereka sendiri.

Berikan hak yang sesuai dengan hasil penilaian kinerja yang dilakukan atas kesepakatan anda dengan kontrak yang sudah di setujui. Kalau ada perubahan pada pembagian hal tersebut maka lakukan komunikasi lebih awal. Cuma karena kelalaian hak anda bisa membuat mereka kecewa lho.

Sesekali berikan bonus gaji yang layak. Dengan demikian karyawan akan menjadi betah dan nyaman, ingat melakukan ini bukan untuk melenakan tapi untuk membuat mereka lebih bersemangat.

Tips Karyawan Betah Bekerja di Tempat Anda

Buat Jenjang Karier yang Jelas untuk Karyawan

Jenjang karier yang jelas merupakan cara tersendiri agar karyawan merasa lebih nyaman bekerja. Orang bekerja tentu ingin memiliki finansial jabatan yang lebih baik dari pada sebelumnya.

Oleh karenanya sebagai pemimpin buatlah sistem jenjang karier yang jelas agar para karyawan bisa mulai berlomba dan semangat atas pencapaiannya. Bisa menawarkan jenjang mulai menjadi supervisor, manajer cabang atau daerah, kepala marketing, SDM dan lain sebagainya yang sesuai.

Menjalin Hubungan yang Baik dengan Karyawan

Sebagian besar karyawan tidak betah di kantor adalah pemimpin terlalu menjaga jarak dengan karyawannya. Ditambah pemimpin yang terlalu emosional membuat pergantian karyawan semakin seiring terjadi karena alasan tidak betah kerja. Bangun hubungan yang baik dengan karyawan anda.

Silaturahmi atau membuat acara liburan tahunan bersama, mengunjungi karyawan yang sakit, menghadiri pernikahan karyawan, makan malam bersama dan lainnya. Mampu menjalin hubungan yang baik maka akan semakin memperkuat kesolidan dalam bekerja.

Tips Karyawan Betah Bekerja di Tempat Anda

Buat Suasana Kantor yang Kondusif

Suasana yang kondusif contohnya saling menghormati sesama dan juga devisi, buat komunikasi antara karyawan dan pimpinan lancar. Redam segala masalah dan emosi sebagai pemimpin agar tidak di cap sebagai pimpinan emosional.

Untuk menciptakan suasana kondusif tersebut harus dilakukan pertemuan rutin sebulan sekali dimana para pemimpin dan karyawan bisa saling membaur. Mengadakan sebuah forum yang berisikan tentang penyampaian unek-unek karyawan kepada pemimpin atau perusahaan sangat bermanfaat untuk menciptakan suasana kantor yang kondusif

Beri Ruang Kreativitas untuk Karyawan

Memberi kesempatan kepada karyawan untuk memberikan saran atau ide yang kreatif dimilikinya. Karyawan akan merasa senang jika ide nya bisa bereksplorasi dan bisa untuk mengembangkan dirinya. Ide itu tidak lain adalah untuk kemajuan perusahaan, berikan mereka ruang untuk bisa berkreasi lewat ide mereka.

Ada ide yang tidak sesuai jangan langsung mematahkannya, berikan cara yang baik untuk menyempurnakan dan menampung ide tersebut. Dalam hal ini mereka kan merasa memiliki andil dalam memajukan perusahaan dengan ide kreatif mereka.

Tips Karyawan Betah Bekerja di Tempat Anda

Berikan Fasilitas yang Sesuai untuk Karyawan

Fasilitas bisa berupa tunjangan untuk hari raya, tunjangan kesehatan, makan, transport sampai kendaraan jika memang dibutuhkan. Bekerja dengan layak untuk mendapatkan kehidupan yang layak. Maka harus ada jaminan dari perusahaan. Mencapai target tertentu mereka berhak mendapatkan fasilitasnya.

Sama dengan memberi hak insentif mereka, adanya fasilitas untuk memajukan perusahaan itu sendiri. Merasa dihargai dan juga terjamin kehidupannya merupakan salah satu tujuan bekerja memperoleh pendapatan yang layak untuk keberlangsungan hidup.

Baca juga: Cara Bekerja Nyaman Seharian di Kantor

Memiliki Pemimpin yang Baik

Menjadi hal lumrah kalau karyawan bisa betah karena pemimpin mereka baik. Dinilai mulai sifat, cara memimpin, sampai interaksi dengan para karyawannya.

Dari sekian kriteria tersebut ada salah satu yang terpenuhi bisa menjadi alasan karyawan betah dan nyaman, tentu mereka mengharapkan pemimpin yang memang tak mudah emosional, mampu menjadi contoh yang baik, serta tak ada jarak dengan para karyawan.

Tips Karyawan Betah Bekerja di Tempat Anda

Perusahaan yang Fleksibel dalam Waktu Bekerja

Jam kerja memang cukup monoton terutama di dalam pekerjaan kantor, mereka akan mudah jenuh. Sebagai pemimpin bisa mengatur jam kerja menjadi lebih fleksibel. Seperti mengubah ruangan kerja menjadi terasa berkerja di alam terbuka.

Untuk mewujudkan hal ini diperlukan sebuah pengorbanan yang lebih besar, namun akan terbayar kepada keberhasilan perusahaan. Penting pencapaian target serta job deskripsi yang jelas untuk para karyawan.

Tidak Mencampurkan Politik dan Budaya Perusahaan

Perbedaan pandangan politik di ruang kerja membuat suasana menjadi tidak kondusif. Setiap orang memiliki pandangan yang berbeda dan akan terus bersikukuh mempertahankan ideologinya.

Permasalahan ini menjadi rentan terjadi gesekan antar karyawan membuat suasana kantor menjadi tidak nyaman. Ada cara supaya hal ini bisa dihindari harus ada batasan yang tegas sesuai dengan budaya perusahaan.

Hey , pemimpin berhak untuk memberikan sebuah peraturan yang bisa menciptakan suasana yang kondusif.

Tips Karyawan Betah Bekerja di Tempat Anda

Ingatkan Kembali akan Tujuan Mereka Bekerja

Rasa tidak betah dan tidak nyaman muncul karena diri sendiri. Banyak faktor yang turut mempengaruhinya tetapi hal yang paling dirasakan adalah malas dan jenuh. Ingatkan kembali tujuan mereka bekerja di perusahaan.

Alasan mereka bekerja adalah yang disebutkan saat sesi wawancara kerja pertama, umumnya mereka akan lupa saat sudah bekerja lama. Jadi harus mengingatkannya kembali untuk lebih berkomitmen dalam bekerja.

Membangun Kepercayaan Antar Karyawan

Kepercayaan di ibaratkan seperti kertas kosong, atau bisa di ibaratkan seperti penghapus. Ada kesalahan sedikit saja mereka akan ternoda habis kepercayaannya maka mustahil untuk mengembalikannya.

Sebuah kepercayaan entah itu antar karyawan atau atasan bila sudah tidak percaya ya membuat suasana kantor berubah menjadi tidak menyenangkan. Pemecahan masalah ini anda bisa mempercayai beberapa karyawan untuk menangani proyek besar, dengan kepercayaan maka perjalanan bisnis berjalan dengan lancar.

Tips Karyawan Betah Bekerja di Tempat Anda

Apakah sudah siap membangun bisnis dengan tim yang solid? Tentunya ini akan terjadi kalau para karyawan betah di perusahaan anda. Ingat! Karyawan adalah aset berharga yang sesungguhnya, tidak ada mereka perusahaan tidak akan berkembang. Dan sebaliknya tanpa pemimpin tidak akan ada tugas yang mampu dikerjakan dengan baik.

Add a Comment