Persiapan & Langkah-langkah Memulai Usaha Konter Pulsa dan Kuota

Persiapan & Langkah-langkah Memulai Usaha Konter Pulsa dan Kuota – Berbisnis konter pulsa dan kuota dapat dimulai dengan cara yang mudah dan bisa disesuaikan. Tinggal menentukan mau membuka konter dengan skala kecil atau skala besar. Atau berjualan pulsa tanpa membuka konter juga bisa.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika anda ingin membuka usaha konter pulsa terutama lokasi. Ini yang menjadi keutamaan. Hampir semua orang memiliki telepon seluler namun anda harus melihat demografi masyarakatnya. Seperti anda membuka konter di wilayah perumahan, namun orang-orang disana mayoritas kelas atas? Tentu ini akan kurang menguntungkan karena masyarakat dengan perekonomian atas jarang membeli pulsa di konter. Mereka biasanya terbiasa menggunakan sistem online dari bank untuk memenuhi kebutuhan mereka.
Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk membuka bisnis pulsa dan kuota?
1. Menentukan lokasi
Pilihan yang terbaik untuk membuka konter pulsa adalah berada di pinggir jalan dekat dengan pusat keramaian seperti universitas, sekolah, rumah makan, taman, atau semacamnya. Kalau tidak ada pilihan lain, seperti tidak ada biaya sewa tempat, anda juga bisa membuka konter pulsa rumahan. Ini sangat bagus untuk yang masih pemula, bisa menjadi awal perkenalan bisnis pulsa tanpa takut harus rugi.
Melihat demografi masyarakat sekitar. Meski lokasi anda jauh dari keramaian, tetapi jika daerah anda banyak kos-kostan mahasiswa atau karyawan, maka ini bisa menjadi peluang. Umumnya mereka lebih aktif dalam penggunaan pulsa.
Memiliki modal tipis, bisa membuka konter dirumah. Tidak perlu khawatir sebab umumnya mereka tidak pilih-pilih konter. Membuka usaha konter pulsa dan kuota bisa menjadi sumber tambahan keuangan anda.
2. Membeli Peralatan & Perlengkapan Konter Pulsa
Seperti :
Etalase konter (kisaran harga Rp 500 – 900 ribu), anda juga bisa beli yang bekas.
Kursi Pajangan (Display) Kartu Perdana dan Handphone Rp 16.500 per pcs.
Rak display mundo (tidak usah beli bila tidak menjual aksesoris Rp 200-300 ribuan)
Rak gantungan kunci kecil (tidak berlaku bila tidak menjual aksesoris, Rp 80 – 100 ribuan)
Hengpon (handphone maksudnya ^_^, yang jadul juga bisa atau gunakan hp pribadi)
Sim micro cutter (untuk memotong SIM menjadi micro/kecil, harganya Rp 55 ribuan)
 
Spanduk/banner, berguna untuk menambah daya tarik dari konter pulsa anda. Untuk harga banner per meternya tergantung dari daerah masing-masing bisa mulai dengan harga 30 ribuan. Anda cukup pesan saja degan ukuran 1, 5 meter x 1 meter, jika anda bisa membuat desain sendiri  buat saja sendiri. Atau menggunakan jasa jasa percetakan spanduk di daerah anda. Anda juga bisa meminta spanduk langsung ke Grapari Telkomsel atau Galeri Indosat.
Persiapan-&-Langkah-langkah-Memulai-Usaha-Konter-Pulsa-dan-Kuota-compressor
3. Mencari Supplier
Meliputi :
a.  Server Pulsa 1 Chip All Operator (penyedia saldo seperti Timi Pulsa)
Saldo digunakan untuk mengisi pulsa elektrik. Anda bisa membeli di Telusur Reload. Melalu web kami telusurreload.com atau melalui penyedia saldo di daerah anda. Kegunaan dari saldo ialah :
Isi pulsa elektrik ke semua operator (Three, XL-Axis, Indosat, Telkomsel, Smartfren dll)
Pulsa listrik (token),
Pulsa Bolt 4G,
Isi paket internet,
Isi paket sms
Voucher game online
serta Bayar tagihan bulanan (Telkom, PDAM, PLN dsb).
 
Anda bisa mendaftar menjadi member di Telusur Reload. Lalu membeli saldo minimal Rp 50 ribu. Mau  beli saldo dalam jumlah besar sekaligus juga tidak masalah, karena saldo tidak memiliki masa kadaluwarsa, sangat berbeda dengan kartu perdana dan voucher fisik. Untuk mempelajari transaksi pulsa anda bisa menghubungi CS di nomor yang sudah tersedia di website kami.
Untuk memilih penyedia saldo bisa dilihat dari sergi harga, selain itu lihat juga support, layanan dan kecepatannya. Meski harga murah tapi tidak memiliki support yang baik seperti layanan yang lamabat, respon yang kurang tanggap, banyak komplain, ini kaan membawa masalah untuk kelangsungan bisnis anda.
b. Penjual kartu perdana dan voucher fisik
Jangan terlalu banyak membeli membeli kartu perdana dan voucher sebab memiliki masa aktif. Sebagai permulaan siapkan saja  masing-masing 5 buah untuk setiap operator. Untuk voucher yang paling laku biasanya voucher Three nominal 1 ribu dan 2 ribu serta Indosat.
Lihat masa aktif dari kartu perdana anda, sebab kadang ada grosiran yang sengaja mengumpulkan kartu perdana dengan masa aktif yang tinggal sedikit. Jadi anda harus menanyakan apakah ada masa aktifnya masih lama.
Dan untuk voucher fisik cukup beli sesuai dengan keuangan anda. Dan pilih voucher yang memiliki banyak peminatnya supaya bisa laku terjual.
c. Penjual aksesoris hp dan perlengkapan komputer (opsional)
Sebagai tambahan dagangan, anda bisa menjual aksesoris di konter pulsa. Anda dapat kulakan di aksesoris HP yang lengkap dan menerima harga grosiran dengan minimum pembelian kecil. Kalau mau lebih praktis anda dapat membeli secara online akan tetapi ada tambahan ongkos kirim.
Kalau belum ingin menjual aksesoris HP, boleh-boleh saja tidak ada yang melarang. Khususnya yang masih pemula dan bermodal kecil atau tempat yang kurang memadai. Setelah bisnis berkembang dapat dipertimbangkan kembali.
Berbisnis pulsa sebenarnya sangat fleksible, tanpa atau menggunakan konter tetap bisa berjualan pulsa dan kuota. Artinya anda bisa berjualan pulsa dan kuota secara online hanya bermodalkan HP Android.
Seperti itulah persiapan dan langkah untuk membuka bisnis konter pulsa dan kuota. Minat? Anda bisa bergabung dengan kami di telusurreload.com.
Semoga bermanfaat.

Add a Comment