Perhatikan 8 Hal Ini Saat Memulai Bisnis

Perhatikan 8 Hal Ini Saat Memulai Bisnis –Dari semua bisnis yang didirikan , tidak semua orang bisa mendirikan bisnisnya seorang diri, sebab anda pasti akan belajar dari orang lain yang lebih berpengalaman sebelum anda. Dengan memiliki mentor yang sama dalam bidang bisnis maka anda bisa mencapai kesuksesan dengan lebih mudah. Meski juga tidak luput dari rintangan.
Berikut ada 8 hal yang harus anda perhatikan dalam memulai bisnis.
1. Jadi Wirausahawan Adalah Marathon
 
Banyak pengusaha yang focus bagaimana mereka memulai dan menjalankan bisnis dalam waktu singkat dan bisa langsung memulai kesuksesan. Tapi banyak hal yang akan selalu berubah bahkan dalam kehidupan anda sendiri, tidak selalu sesuai dengan apa yang anda rencanakan.
Maka dari itu, fokuslah untuk membangun bisnis yang hebat dalam jangka waktu panjang. Ingat kewirausahaan adalah marathon, bukan lari cepat.
2. Pastikan Ada Permintaan
Sebelum anda memulai bisnis, lakukan survey atau riset dan pastikan ada pasar atau permintaan untuk produk yang akan anda miliki atau ditawarkan.
Adanya permintaan pasar tersebut, maka anda bisa mendapatkan uang untuk membayar pegawai dana anda bisa focus untuk meningkatkan pendapatan.
3. Anda Tidak Akan Melakukannya Dengan Benar Pertama Kali
 
Sebaiknya hindari overhead berat, mencari cara untuk menghasilkan uang dengan cepat. Semakin banyak uang yang anda miliki, maka semakin anda dapat mengambil resiko yang harus diperhitungkan dengan matang. Investasikan diri anda dan yakin bahwa anda kan berhasil.
Saat anda mengalami kegagalan, pertimbangkan umpan baliknya. Salah satu cara yang benar ketika anda gagal adalah anda tidak boleh menyerah.
 
4. Bersabarlah dan Pastikan Anda Memiliki Dana yang Memadai
 
Siapapun yang hendak memulai bisnis pasti sepenuhnya memahami timline dan dana yang dibutuhkan untuk bertahan menghadapi fase star up. Hampir setengah dari usaha kecil yang gagal tidak memiliki dana yang memadahi.
Hal ini membutuhkan waktu yang lama untuk menghasilkan laba, pastikan anda memiliki sumber pendapatan cadangan. Kegagalan pasti akan terjadi, namun dengan memiliki dana yang cukup maka anda bisa mengurangi resiko kegagalan.
5. Lupakan Apa yang Ingin Anda Jual
 
Kebanyakan pengusaha sangat memusatkan perhatian pada pemasaran dan penjualan sehingga mereka lali memahami apa yang diinginkan oleh klien. Perusahaan yang cerdas akan sangat mengenal baik pelanggan. Mereka menjual nilai, dampak, dan hasil yang ingin dibeli pelanggan mereka.
6. Bersiaplah Untuk Berputar
 
Di Sekolah tempat anda belajar, tidak mengajarkan anda untuk mendirikan bisnis. Namun saat anda berurusan dengan orang-orang, ide, dan pasar, orang lain tidak peduli seberapa bagus rencana bisnis anda. Hal pertama dalam pelajaran ini adalah memeriksa partner bisnis anda dan memastikan bahwa mereka memiliki kepribadian yang tepat, stabil secara finansial, dan juga memiliki cukup banyak waktu.
 Anda harus bersiap berputar sepat atau fleksibel mengikuti perubahan pasar dan kebutuhan. Kenali pelanggan anda dengan baik, dengarkan apa yang mereka katakan.
7. Dengarkan Pelanggan
 
Mulai semuanya dengan rencana bisnis dan rencana produk. Kalau rencana bisnis anda sudah masuk akal, tapi tidak cocok dengan pasar, maka ini akan mematikan bisnis anda. Ingat! Pelanggan anda yang memutuskan apakah bisnis anda berhasil atau tidak. Uji pasar anda lebih dahulu agar bisnis anda berjalan lancar dan tidak salah arah.
8. Mengatasi Masalah
 
Selalu tanyakan pada diri anda apa kebutuhan atau masalah yang bisa di jawab oleh produk anda. Kalau tidak ada permintaan produk maka anda harus memikirkan kembali ide yang anda buat.
Itulah 8 hal yang harus anda perhatikan dalam memulai bisnis.  Dan 8 hal tersebut adalah sesuatu yang pasti ada dalam setiap bisnis yang ada.
Semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda. Selamat berbisnis.
Sampai jumpa.

Add a Comment