Perbedaan Agen Pulsa dan Mitra Pulsa yang Perlu Anda Ketahui

Perbedaan Agen Pulsa dan Mitra Pulsa yang Perlu Anda Ketahui – Ada banyak orang yang sulit membedakan mana agen dan mitra dalam bisnis jualan pulsa. dan apakah anda termasuk salah satunya? Kalau masih bingung berikut perbedaan agen pulsa dan mitra pulsa yang perlu anda ketahui.

Pengertian Dalam KBBI

Untuk mengetahui perbedaan dasarnya antara mitra dan agen pulsa mari mulai menggali dari sisi kamus besar bahasa Indonesia. Kata agen dan mitra merupakan kata yang cukup mirip dalam penggunaannya. Namun kalau anda mengetahui ada perbedaan yang sangat yang tidak kasat mata, salah satunya dari segi Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Agen

Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata agen merupakan yang menghubungkan antara dua pihak. Bisa secara kelompok atau individu. Hubungan 2 kelompok tersebut memiliki tujuan di mana salah satu pihak akan berusaha menjual produk baik barang atau jasa untuk mendapatkan keuntungan.

Pengertian agen, dari segi keuntungan yang didapatkan bagi pihak yang bekerja sama akan di dapatkan oleh agen itu sendiri. Tidak ada pembagian antara perusahaan yang menaungi. Perusahaan atau orang yang berada dalam lingkup agen merupakan perantara  antara perusahaan produsen dengan konsumen. Kata mudahnya bisa disebut sebagai perwakilan.

Mitra

Mitra sangat berbeda dengan agen, seperti yang sudah dikatakan sebelumnya. Kalau agen mendapatkan keuntungannya sendiri, mitra merupakan kebalikannya. Mitra merupakan 2 kelompok orang  yang bisa individu bekerja sama untuk mendapatkan keuntungan bersama.

Jenis dan hubungan mitra ini sangat jelas dan memiliki aturan yang paten yang sudah disetujui kedua belah pihak. Tidak seperti agen di mana agen harus setuju dengan aturan dari perusahaan yang menaungi agar bisa bergabung sebagai agen perusahaan.

Hubungan kemitraan dalam dunia bisnis

Mitra yang menghubungkan antara 2 orang atau 2 kelompok. Hubungan kemitraan banyak sekali jenisnya dan anda pasti mengetahuinya. Jenis hubungan yang dipilih akan menentukan hak dan kewajiban orang yang memiliki hubungan kemitraan. Lalu apa sajakah jenis kemitraan itu?

Kemitraan bagi hasil

Salah satu kemitraan yang digunakan dalam dunia bisnis adalah kemitraan bagi hasil. Kemitraan jenis ini merupakan kemitraan yang paling sederhana dan merupakan perbedaan agen dan mitra yang paling tampak. Dalam jenis kemitraan ini modal akan ditanggung bersama dan hasil yang didapatkan akan dibagi bersama.

Sistem peluang usaha

Jenis yang satu ini bisa anda digambarkan seperti sistem waralaba, akan tetapi lebih sederhana. Biasanya kemitraan ini seorang menjual mereka dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan dengan kesepakatan berbagi hasil.

Selain dua jenis di atas ada beberapa jenis kemitraan dengan system yang berbeda dalam dunia bisnis. Akan tetapi 2 jenis di atas paling banyak di temukan.

Hubungan agen dalam dunia bisnis pulsa

Hubungan agen dalam bisnis pulsa merupakan yang paling mudah untuk di temukan. Ada bayak sekali agen pulsa yang menggunakan jasa server pulsa dalam menjual jasa pulsa yang dimiliki. Seperti kalau teman ada yang bisa membantu anda mendapatkan pulsa dengan mudah namun tidak memiliki server pulsa,  maka rekan anda bisa termasuk sebagai agen pulsa.

Agen pulsa adalah orang yang menghubungkan server pulsa dengan lebih banyak konsumennya. Biasanya mereka melakukan jualan untuk perusahaan yang menaunginya, meski begitu keuntungan mereka yang didapatkan digunakan agen sendiri.

Lalu dari pembahasan di atas apa perbedaan agen pulsa dan mitra pulsa? Berikut perbedaanya.

Agen adalah hubungan antara perusahaan satu dengan perusahaan atau orang lain yang sifatnya vertikal, atau antara orang dengan perusahaan yang menaunginya.

Mitra yang menghubungkan perusahaan atau individu yang satu dengan yang lain yang sifatnya horizontal, saling sama kedudukannya dan saling menguntungkan.

Inilah perbedaanya. Apakah anda sudah mengerti?

Semoga infonya bermanfaat.

Add a Comment