Lakukan 6 Hal Ini Sebelum Berbisnis Waralaba

Lakukan 6 Hal Ini Sebelum Berbisnis Waralaba – Sedang mempertimbangkan untuk berbisnis waralaba menjadi hal menarik saat ingin memulai usaha. Akan tetapi sebelum melangkah, lakukan riset terlebih dahulu tentang bisnis ini.

Ingin terjun dalam bisnis waralaba, mengandalkan insting berdasarkan pengalaman orang yang sebelumnya sudah memiliki bisnis waralaba sebelumnya.



Pasti ada banyak kejutan dalam menjalankan bisnis yang satu ini. Berikut ada 5 hal yang harus anda perhatikan serta satu hal yang tetap terus anda pelajari jika tidak ingin mengalami hal yang diinginkan dalam menjalankan bisnis waralaba.

1. Cari Contoh Atau Model

Pertama perhatikan seberapa baik rantai waralaba secara keseluruhan. Peluang kesuksesan terbaik terletak jika rantai waralaba tersebut sudah terbukti sukses dengan memberikan pertumbuhan pendapatan.

Seperti ada beberapa unit bisnis yang tutup setahun terakhir ini. Intinya tidak ada sebab unit yang berkembang dapat dijual kembali ke pemilik baru.

Periksa tuntutan hukum dan informasi apapun soal waralaba dengan detail. Dari informasi yang didapatkan, bisa mengungkapkan masalah besar yang mempengaruhi bisnis.

2. Pasar Terlalu Jenuh Atau Tidak Cocok Untuk Merek

Terkadang rantai waralaba bisa sangat bagus, namun bisa juga tidak akan menjadi investasi yang baik jika ada situasi khusus.

Pastikan melihat semua pesaing di pasar tersebut. Memulai dari jenis bisnis, termasuk unit lain dari merek yang disukai. Berapa banyak lokasi yang sudah di sekitar ibukota, dan berapa banyak lagi yang direncanakan.

Terkadang kesuksesan awal pemilik bisnis waralaba berkembang secara agresif ke pasar, atau keberhasilan yang dapat menarik pesaing baru.

Pemilik bisnis waralaba kadang suka memamerkan unit yang paling sukses. Seperti waralaba bisnis yogurt dan es krim beku di kota utara dan memungkinkan akan berkembang dalam jumlah yang besar. Jumlah waralaba sepanjang tahu  yang di poskan di wilayah selatan, akan tetapi penjualan unit mereka sendiri bisa dibilang musiman.
3. Waralaba Tidak Bernilai

Berkomunikasi dengan masing-masing pemilik bisnis waralaba yang bisa mengungkapkan berbagai hal dalam bisnis mereka. Pastikan anda memilih beberapa pemilik secara acak, tidak hanya nama pemilik waralaba sendiri untuk mempelajari apa yang terjadi sebenarnya.

Dalam rantai bisnis yang sukses, pemilik waralaba dihargai dan saran mereka bisa diterapkan di seluruh rantai bisnis. Pemilik waralaba yang diabaikan sering bersatu untuk mencoba agar kekhawatiran di dengar. Memeriksa organisasi pemilik waralaba tersebut juga diperlukan.
4. Pantau dari Waktu ke Waktu

Konsep bisnis waralaba termasuk bagus dan mempelajari seperti apa kehidupan pengusaha waralaba juga diperlukan untuk mengetahui bagaimana menjalankan usaha.

Hal yang dilakukan pemilik usaha sangat bervariasi, seperti memantau kru yang bekerja selama 10 jam dan terus mempromosikan usaha.

Banyak pemilik baru memiliki fantasi mereka akan lepas tangan dari bisnis waralaba ini dan keuntungan akan mengalir dengan begitu saja.

Memahami hal tersebut dengan cepat tidak memungkinkan, terutama saat  masih beberapa tahun pertama. Sebagai pekerja umumnya melakukan apa yang diinspeksikan bukan apa yang diharapkan.

5. Terikat Peraturan

Saat memilih bisnis waralaba artinya juga membeli system yang memiliki aturan khusus, tetapi setiap waralaba memiliki aturan sendiri dalam mengurus system bisnisnya.

Ada beberapa system waralaba, melakukan iklan secara paksa dan membeli semua kebutuhan pada pemilik waralaba.

Bagi seorang pengusaha yang kreatif, mungkin aturan tadi cukup ketat dengan gaya manjemen. Carilah waralaba yang menghargai inovasi dan lebih fleksibel juga perlu usaha yang berjalan lancar.

6. Belajar Tentang Waralaba

Banyak hal yang perlu diketahui tentang bisnis waralaba kalau ingin sukses. Mengingat banyaknya bisnis waralaba yang berkembang, jadi kemungkinan akan menemukan kesulitan membandingkan penawaran yang ada dan memilih yang terbaik.

Hal ini dapat menyebabkan banyak pengusaha yang berkonsultasi dengan konsultan waralaba sebelum memutuskan untuk memilih satu unit bisnis waralaba.
Konsultan dapat membantu untuk memahami hal yang ingin diketahui. Pelajari semua bisnis waralaba dan tinggalkan semua kebutuhan sebelum keputusan, maka tidak akan mendapatkan kejutan yang buruk saat membuka bisnis waralaba.

Itulah 6 hal yang sebelum melakukan bisnis waralaba. Melakukan riset sebelum memulai bisnis tidak ada salahnya. Ini akan semakin membantu anda untuk memahami bisnis anda.

Semoga informasi di atas bermanfaat.

Sampai jumpa.

Add a Comment