Ini 5 Penyebab Bisnis Online Sering Gagal

Ini 5 Penyebab Bisnis Online Sering Gagal – Dalam era modern seperti ini, menyebabkan banyak kegiatan bisa dilakukan secara online. Seperti membeli barang kebutuhan sehari-hari hingga makanan siap santap, apapun dilakukan secara daring mengandalkan koneksi internet.
Memang sekarang para pelaku bisnis sedang menjamur, hampir setiap membuka media sosial ada barang online yang selalu ditawarkan. Namun tidak jarang yang mengalami kegagalan juga dalam menjalankan bisnis online. Meski dalam menjalankan bisnis tidak satu orangpun mau mengalami kegagalan. Namun ini memang tidak bisa dihindarkan.
Ada banyak pemicunya, yang menyebabkan kegagalan dalam bisnis online. Pemicu kegagalan tersebut bisa dari pelaku bisnis itu sendiri, atau berkaitan dengan pasar maupun konsumen.
Untuk beberapa orang, mengalami kegagalan adalah hal yang lumrah dan bisa dijadikan koreksi untuk usaha yang selanjutnya. Adanya kegagalan tersebut perlu diketahui penyebabnya, sehingga bisa menemukan solusi yang tepat untuk mengatasinya.
Akan tetapi tidak semua orang memiliki jiwa yang lapang yang dapat dengan mudah menerima kegagalan yang dialaminya. Semua berlaku dalam berbagai bisnis. Bisnis online tidak terkecuali. Banyak sekali penyebab kegagalan.
Terlihat sangat mudah bagi orang yang melihat mereka yang menjalankan bisnis online. Cuma berbekal ponsel dan koneksi internet yang lancar, pembeli juga berdatangan setelah melihat gambar atau barang yang dijual.
Oleh karena itu perlu diketahui apa saja penyebab bisnis online sering mengalami kegagalan.
 
1. Perencanaan Bisnis yang Kurang Matang
 
Memang melakukan apapun kegiatan harus direncanakan dengan matang terlebih dahulu. Begitu pulsa dengan memiliki bisnis online. Adanya perencanaan, maka seluruh langkah kedepan yang harus dilakukan sudah tertata.
Perencanaan yang matang memiliki cangkupan yang luas. Tidak hanya berkaitan dengan keuangan saja, akan tetapi lebih dari itu. Seperti mulai dari target usaha kedepannya, sasaran konsumen, kebutuhan pasar, kebutuhan modal, rencana pemasaran, dan sebagainya. Kalau sudah melakukan perencanaan yang matang, maka bisa dipastikan kemungkinan besar akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan.
2. Kurang Interaksi dengan Konsumen ataupun Calon Konsumen
Respon penjual adalah faktor penting dalam bisnis. Hal ini menjadi salah satu yang dipertimbangkan konsumen atau calon konsumen. Mereka akan sangat merasa senang dan dihargai ketika pertanyaan yang diajukan bisa direspon dengan baik.
Tidak mengharuskan fast respon, tapi lakukanlah dengan efektif ketika benar-benar memiliki waktu luang, itu tidak akan bermasalah. Selain itu, anda bisa melakukan interaksi sesering mungkin dengan pembeli juga merupakan salah satu cara promosi yang bagus.
Seperti berbisnis online dilakukan di salah satu media yang anda miliki. Tidak ada salahnya melakukan tanya jawab atau mengadakan giveaway dengan followers. Ajak berinteraksi konsumen dan calon konsumen anda.
3. Ingin Meraih Hasil yang Instan dan Mudah Menyerah
 
Berbeda dengan bisnis offline, terkadang bisnis online lebih sulit. Terkhusus saat awal membuka bisnis. Ini merupakan tantangan mendapatkan konsumen, menjadi hal yang sulit.
Kalau dilihat, bisnis online begitu cepat mendapatkan keuntungan, akan tetapi itu semua melewati proses yang tidak singkat juga.
Jika tidak memiliki sikap yang sabar dan pantang menyerah ketika belum mencapai target penjualan, atau jumlah pembeli belum banyak, ini bisa menjadi bumerang loh. Maka dari itu perlu sifat sabar dan semangat untuk terus menjalankan bisnis, baik online maupun offline.
4. Produk Monoton Karena Kurang Inovasi
 
Tak masalah jika memang menjual barang yang sama untuk waktu yang lama, akan tetapi dengan dibarengi inovasi. Misal mengubah dari segi kemasan, varian ataupun ukurannya.
 Tidak masalah menjual barang yang sama dalam waktu lama, namun dengan dibarengi inovasi bisa membuat produk jualan anda lebih menarik. Seperti anda mengubah kemasan, menambah varian atau ukurannya.
Adanya inovasi dalam produk jualan pembeli akan merasa penasaran degan inovasi yanga nda lakukan. Meski produk sama, namun ada variasi yang anda tambahkan. Anda juga bisa menambah produk baru. Perlu dipastikan produk tersebut merupakan barang bagus dan bayak diminati. Jika tidak ini akan mempengaruhi kredibilitas bisnis anda.
5. Ragu Dalam Mengeluarkan Uang
 
Rasa ragu, ini adalah faktor yang sering jadi pemicu. Banyak pebisnis online yang amsih merasa ragu dalam mengeluarkan uangnya. Terkhusus untuk melakukan promosi. Ada banya alasan yang mendasari keraguan tersebut. Salah satunya adalah takut uang yang sudah dikeluarkan tidak bisa balik modal kembali.
Ini merupakan presepsi yang salah sebagai seorang pebisnis. Anda mengeluarkan uang untuk promosi, ini sama saja anda melakukan investasi. Maka anda tidak perlu takut untuk membayar promosi, melakukan endorsement dengan seleb, baik itu youtuber atau selebgram. Sebab melakukan promosi, bisa menjadikan kesempatan peluang bisnis menjadi lebih besar juga.
Itulah beberapa penyebab yang serng menjadi kegagalan dalam berbisnis online. Semua berawal dari diri sendiri paling sering.
Semoga informasi di atas bermanfaat. Sukses selalu.
Sampai jumpa.

Add a Comment