8 Ide Usaha Sampingan Kekinian Tetap Eksis

8 Ide Usaha Sampingan Kekinian Tetap Eksis – Usaha sampingan tidak akan mengganggu pekerjaan utama dan perusahaan sendiri tidak melarangnya asalkan tidak bertentangan dengan peraturan dari perusahaan kita bekerja.

Modal menjadi alasan utama mengapa banyak karyawan belum memulai usaha sampingan. Banyak yang beralasan bahwa bisnis sampingan harus dimulai dengan modal yang besar  atau kuat.

Bagi anda yang berpenghasilan pas-pasan tentu pinjaman dana tunai dari bank adalah solusi modal bisnis.Pinjaman dari bank memang dapat dijadikan salah satu solusi yang diandalkan sebagai modal bisnis.Tapi ada cara lain yang bisa anda gunakan tanpa harus dengan pinjaman dari bank untuk memulai usaha sampingan.Caranya dengan usaha sampingan modal kecil.

Ide Usaha Sampingan Kekinian Tetap Eksis

Dibawah ini ada beberapa cara yang bisa anda pilih sebagai bentuk untuk memulai bisnis sampingan anda.

Jual pulsa elektrik

Jaman sekarang hampir semua lapisan masyarakat menggunakan telpon genggam, terutama smart phone dengan menggunakan kartu pra bayar.Kalau anda hanya punya modal 1 juta, menjual pulsa elektrik merupakan salah satunya. Yang omzetnya sudah pasti.

Keunggulan dari usaha sampingan ini ialah tak perlu mengeluarkan modal besar, waktu yang sangat fleksible dan sangat mudah cara mengerjakannya. Anda  hanya cukup mendaftar ke provider pulsa elektronik online saja.

Omzetnya bisa mencapai 18 triliun setahun berdasarkan data di Jakarta dari data pebisnis pulsa skala besar. Sudah tidak diragukan lagi bahwa pulsa elektrik seakan menjadi kebutuhan primer di masyarakat sekarang ini. Sasaran yang sangat relatif bagi anda yang berbisnis pulsa elektrik ialah  teman kerja, teman-teman sepermainan, dan tetangga di sekitar

Menjual foto di internet

Cukup dengan kamera smart phone anda. Bila anda punya kegemaran dalam bidang fotografi, dapat menjadikannya sebagai sumber keuangan anda sebagai usaha sampingan. Dengan berjualan foto online. Anda bisa mendaftarkan diri ke website penjualan foto contohnya lstockphoto.com atau shutterstock.com, lalu menguplod foto yang anda punya. Bila ada pengunjung situs yang mau membeli foto, anda bisa mendapatkan komisi yang pantas.

Komisi dari isockphoto.com adalah 15% sedangkan dari shutterstock mulai dari 20%-30% per fotonya. Supaya anda bisa mendapatkan komisi tersebut dengan mudah anda bisa membuat akun di paypal agar situs-situs tersebut bisa mengirim komisi tersebut melalui paypal.

Cukup kamera digital saja modalnya. Dengan  menggunakan kamera smart phone anda bisa memulai mengambil gambar. Anda harus sebisa mungkin berkreasi dengan foto yang kan anda ambil sehingga bisa menghasilkan foto yang berkualitas tinggi dan memiliki karakter dan cerita tersendiri. Untuk targetnya ialah website online yang mencari foto untuk website mereka.

Ide Usaha Sampingan Kekinian

Jasa desain grafis

Cukup dengan modal keterampilan dan kreativitas. Keahlian seperti ini jarang orang yang memilikinya, namun apabila anda punya keahlian dalam bidang tersebut anda bisa menjadikannya sebagai bisnis sampingan yang menguntungkan.

Cara kerjanya sama dengan pekerja lepas. Melalui banyak website di Indonesia anda bisa mendapatkan klien contohnya Sribu.com dan Projects.co.id. Atau anda juga bisa menggunakan website inggris bila anda ingin ke kancah pasar internasiaonal, tentunya dengan harga tinggi contohnya 99design.com, Elance.com,  atau Upwork.com.

Dengan adanya banyak website tersebut, anda bisa mengerjakan banyak desain seperti mendesain kartu nama, logo perusahaan, gambar baju, maskot, poster, booth, interior, dan lain-lain. Untuk tarif dari pekerjaan tersebut tergantung keputusan klien dan persetujuan anda.

Jadi social media influencer

Jika anda pengguna media sosial aktif, pastilah istilah tersebut sudahfamiliar di telinga anda.Saat ini banyak sekali sosial media influencer memproduksi banyak konten di media sosial mereka. Entah itu di youtube, instagram, dan lail-lain.Anda bisa menggunakannya sebagai bisnis sampingan bila anda ingin memperoleh penghasilan tambahan.

Follower adalah modal utama.Kalau anda belum punya, anda bisa memulainya dengan memperbanyak jumlah follower di akun media sosial anda yang anda punya.

Untuk memulai bisnis ini anda harus tahu konten apa yang ingin anda ciptakan, seperti vidio tentang travel, foto wisata kuliner, review game, dan lain-lainnya.Dari setiap konten yang ada memiliki jumlah pengikut yang bervariasi dalam dunia pasar internet.Anda harus selalu aktif dan kreatif dalam mengembangkan konten supaya berkualitas tinggi dan informatif pengikut anda terus bertambah. Jika jumlah follower anda sudah banyak, anda biasa menghampiri banyak perusahaan yang berkembang dalam bidang yang cocok dengan konten yang anda punya. Setelah itu anda bisa melakukan negosiasi dalam rangka mempromosikan konten anda dengan biaya yang ada.

Ide Usaha Sampingan Kekinian Modal kecil

Jasa penerjemahan

Kalau anda tidak ingin mengajar di les privat bahasa asing, anda bisa menjadi pakar penerjemah. Sudah pasti anda harus menguasai bahasa asing dengan lancar. Dengan begitu anda bisa menagihkan sejumlah tarif dan menerima upah tambahan jika ada kerjaan lepas.

Semua terjemahan anda bisa menjadi dokumen-dokumen penting seperti skipsi, artikel, makalah, dan dokumen penting lainnya.Untuk tarif bisnis ini biasanya dihitung antara 1 sampai 50/kata. Apabila satu halaman terdapat 500 kata anda bisa mendapatkan tarif sebesar 24.000 an. Coba anda bayangkan jika anda menerjemahkan lebih dari 10 halaman perhari anda bisa mendapatkan tarif lebih dari 250.000.

Dengan demikian anda bisa menjadikannya sebagai bisnis sampingan sebagai penerjemah Freelancer.co.id atau Sribulancer.com. Selain mampu berbahasa asing, modal lainnya ialah bisa menguasai komputer dan internet.

Social media manager

Peluang bisnis seperti ini mungkin masih jarang di temui. Akan tetapi jika anda ingin mencobanya sebagai bisnis sampingan anda, hanya memerlukan data analisis dan waktu yang teratur mengatur media sosial anda. Beberapa perusahaan kecil maupun media soaial influencer juga membutuhkan jasa ini.

Anda tidak hanya membuat postingan, tapi juga membuat caption yang bagus sampai jumlah like dan follower meningkat di media sosial. Anda juga harus menganalisis waktu yang tepat untuk postingan yang memberikan banyak likes. Semua itu adalah keahlian anda dalam menganalisis data. Upah bisa anda dapatkan langsung dari perusahaan kecil atau inflauncer yang menggunakan jasa anda. Kunci dalam bisnis ini adalah terletak pada keahlian anda dalam menganalisis data.

Membuat blog

Bisnis sampingan yang satu ini tidak memerlukan modal sama sekali. Blogging adalah cara yang sangat mudah untuk menambah uang saku anda.Kelemahannya ialah waktu.

Untuk memulainya anda bisa menggunakan platform blog gratis dari blogspot.com.  Lalu anda hanya perlu mengisi blog dengan tulisan dan konten yang anda buat. Isi dari tulisan anda dapat berupa artikel yang informatif atau anda juga bisa mengisinya dengan pengalaman-pengalaman hidup anda. Lalu jika para pengunjung situs menemukan blog anda, mereka akan terus mengunjungi blog anda bila tertarik dengan tulisan blog anda.

Mungkin anda akan kesusahan mencari pengunjung saat baru mempunyai blog.  Jangan khawatir anda bisa mempromosikan blog anda ke media sosial atau teman-teman anda bisa juga kenalan anda. Seiring berjalannya waktu, pengunjung akan datang ke blog anda dan terus bertambah. Anda juga bisa memasang iklan di blog anda melalui Google Adsense.

Jika pengunjung mengeklik iklan tersebut anda akan menerima uang. Dan juga blog anda sudah populer, akan banyak pengusaha lain ingin fitur di blog anda. Dan anda bisa mendapat bayaran dari layanan tersebut.

Ide Usaha Sampingan Kekinian Untuk Millenial

Menjual produk di Marketplace

Usaha satu ini lebih fokus pada pemasarannya. Bisa memberi anda peluang tinggi untuk menemukan pelanggan untuk menjual produk di marketplace. Karena pengunjungnya kebanyakan ialah konsumen yang memerlukan barang.

Perniagaan melalui platform marketplace mengalami peningkatan yang luar biasa. Banyak marketplace yang berdiri di Indonesia, seperti Tokopedia, OLX, Bukalapak, Kaskus FJB. Anda hanya tinggal memilih platform mana yang anda suka dan anda dapat menjual produk buatan anda dengan mudah tanpa ribet. Bila anda punya kreativitas menghasilkan barang, yang telah dijelaskan diatas. Dengan menggunakan platform marketplace, anda akan mendapatkan keuntungan yang tinggi dengan modal yang sangat rendah daripada menggunakan media sosial.

Baca juga: 5 Faktor Bisnis Online Gagal Wajib Tahu

Secara kasat mata media sosial terlihat lebih menguntungkan dan tanpa biaya sedikitpun, kalau anda tidak punya banyak follower, maka anda harus memasang iklan untuk mencapai target penjualan yang lebih. Akibatnya anda mengeluarkan biaya lebih besar dibandingkan dengan platform marketplace  yang hanya melakukan pemotongan biaya saja.

Jika produk yang dibuat menggunakan tarif rendah, akan menjadi reseller marketplace. Markeplace tidak hanya digunakan untuk sistem perniagaan saja, tapi juga bisa digunakan oleh para pecinta perniagaan. Maka manfaatkan platform ini untuk menjual atau membeli barang bekas.

Nah, bagaimana? Masih eksis bukan bisnis di atas? Anda masih bisa memulainya dengan terus ikut perkembangan jaman.

Semoga infonya bermanfaat.

Add a Comment