11 Hari Nasional Bulan Agustus yang Jarang Tahu

11 Hari Nasional Bulan Agustus yang Jarang Tahu – Selain hari peringatan Proklamasi di tanggal 17 agustus, sebenarnya masih ada hari nasional lainnya yang jarang diketahui banyak orang.

Karena beberapa hari peringatan tersebut tidak ditetapkan sebagai hari libur atau tanggal merah, jadi wajar kalau masih banyak yang tidak tahu.

11 Hari Nasional Bulan Agustus yang Jarang Tahu

Nah, bagi yang belum tahu yuk simak ulasan sedikit mengenai hari nasional bulan agustus yang jarang diketahui.

5 Agustus: Hari Dharma Wanita Nasional

Pada masa pemerintahan orde baru yang menggunakan asas pancasila berdasarkan UUD 1945 berpedoman pada Garis Besar Haluan Negara (GBHN). Pada tanggal 5 Agustus 1974 untuk pertama kalinya di lahirkan sebuah organisasi Dharma Wanita.

8 Agustus: Hari Ulang Tahun ASEAN

Nah, anda pasti sudah pernah mendengar bahkan mungkin sudah tahu apa itu ASEAN. Ya, anda sering menonton perlombaan yang diadakan dari berbagai negara seperti di Indonesia beberapa tahun lalu. ASEAN adalah singkatan dari Association of Southeast Asian Nations. Dimana organisasi oini ada terdiri dari Negara-negara Asia Tenggara.

11 Hari Nasional Bulan Agustus yang Jarang Tahu

10 Agustus: Hari Veteran Nasional

Hari veteran di setujui oleh Presiden Soekarno pada 10 Agustus 1949 sekaligus gencatan senjata yang disepakati bersama Belanda melalui perjanjian “Roem Van Royen”. Dalam berbagi sumber ada tiga tingkatan veteran yaitu, veteran perang kemerdekaan, kemudian veteran perang untuk mempertahankan kemerdekaan bangsa dari agresi luar negeri, dan selanjutnya adalah veteran perang untuk membela kepentingan bersama bangsa-bangsa yang menjadi sekutunya, atau membela kepentingan politik tertentu negaranya.

Hari veteran ini sebagai salah satu upaya untuk menghargai para pahlawan yang sudah turut berjuang untuk kemerdekaan Indonesia. Sampai sekarang masih ada beberapa pejuang veteran yang masih hidup meski usia sudah senja.

12 Agustus: Hari Wanita TNI Angkatan Udara (Wara)

Hal itu adalah sebutan untuk prajurit wanita TNI Angkatan Udara. Dibentuk pada tanggal 12 Agustus 1962 dengan tujuan agar kaum wanita dapat menjadi anggota TNI-AU seperti layaknya kaum pria.

Sebelum itu, di dalam perebutan kemerdekaan Indonesia banyak sekali tokoh wanita yang juga turut berjuang. Adanya kaum perempuan membuat peperangan semakin nyata, tidak turut diam menyaksikan tapi terjun langsung ke medan perang mengusir penjajah.

13 Agustus: Hari Peringatan Pangkalan Brandan Lautan Api

Pangkalan Brandan terkenal sebagai salah satu ladang minyak tertua di Indonesia. Pada tanggal 13 agustus tahun 1947, seluruh seluruh instalasi dan fasilitas industri perminyakan di Pangkalan Brandan dibakar. Ini dilakukan karena banyaknya eksploitasi sumber minyak yang dilakukan para penjajah dari waktu ke waktu. Sejarah pangkalan tertua ini sangatlah panjang berawal dari pengeboran sumur minyak di Indonesia dilakukan sejak zaman penjajahan Belanda. Dan di tahun 1871 pengeboran sumur minyak untuk pertama kalinya di lakukan di Cirebon.

11 Hari Nasional Bulan Agustus yang Jarang Tahu

14 Agustus: Hari Pramuka

Siapa sih yang tidak tahu hari pramuka, hari dimana ada banyak tenda yang didirikan di lapangan luas dan penuh dengan anak-anak yang memakai seragam pramuka membawa kabaret dan perlengkapan lainnya untuk melaksanakan misi petualangan yang seru.

Gerakan Praja Muda Karana (Pramuka) memiliki sejarah yang turut berkontribusi dalam perjalanan bangsa. Dengan jasa para pemuda yang turut mengayomi kegiatan bangsa, maka 14 Agustus disahkan menjadi Hari Pramuka, melalui Keputusan Presiden RI Nomor 448 Tahun 1961. Dan sejak saat itu kegiatan ini menjadi ekskul di luar jam belajar sekolah yang sudah ditetapkan sebagai pendidikan kepanduan yang di sesuaikan dengan keadaan.

17 Agustus: Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (sejak tahun 1945)

17 agustus adalah hari yang sudah dikenal masyarakat Indonesia. Dimana pada hari tersebut banyak sekali kegiatan yang menunjukkan sikap gotong royong dan kerjasama. Seperti mengadakan perlombaan ramai-ramai yang seru.

Pada tanggal 17 Agustus 1945 tahun Masehi, atau tanggal 17 Agustus 2605 menurut tahun Jepang, yang dibacakan oleh Soekarno dengan didampingi oleh Drs. Mohammad Hatta di sebuah rumah hibah dari Faradj bin Said bin Awadh Martak di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat.

18 Agustus: Hari Konstitusi Republik Indonesia

Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia tanggal 18 Agustus 1945 telah menetapkan UUD 11945 sebagai Konstitusi RI, dan penetapan konstitusi merupakan suatu kesatuan dengan kemerdekaan RI yang diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945 dan menjadi tonggak sejarah berdirinya RI. Namun, peringatan hari konstitusi tak ditetapkan sebagai hari libur.

11 Hari Nasional Bulan Agustus yang Jarang Tahu

19 Agustus: Hari Departemen Luar Negeri Indonesia

Setelah dua hari peringatan proklamasi masih ada peringatan yang belum diketahui banyak orang karena memang tidak ditetapkan sebagai hari libur. Dua hari setelah kemerdekaan Indonesia. Departemen Luar Negeri RI merupakan salah satu dari 13 kementrian yang pertama di Indonesia.

Departemen tersebut memiliki tugas untuk menyelenggarakan hubungan pemerintahan dalam bidang politik dan hubungan luar negeri untuk membantu presiden menyelenggarakan pemerintahan.

21 Agustus: Hari Maritim Nasional

Hari Maritim tidak hanya untuk angkatan laut Indonesia saja lho, tapi ini adalah hari peringatan dimana kemenangan yang diperoleh dari pertempuran laut melawan penjajah.

Dulu Indonesia masih terdiri dari banyak kerajaan besar dan kecil, dimana mereka bertempur mengusir penjajahan dari area laut mereka, sehingga mengambil kedaulatan laun Indonesia dari angkatan laut Jepang 21 Agustus 1945.

Nah itulah 11 hari nasional bulan agustus yang sebagian besar di antaranya masih banyak yang belum mengetahuinya. Semoga dengan tahu hal ini, membuat kita semakin bersyukur dan menghormati keadaan saat ini dan perjuangan dari para pahlawan dahulu.

Semoga bermanfaat.

Add a Comment