Cara Sederhana Mengelola Keuangan Usaha Kecil

Cara Sederhana Mengelola Keuangan Usaha Kecil – Membuat catatan mengenai keuangan, seperti  cash flow, catatan omset harian, mingguan, dan bulanan, serta catatan pembelian usaha adalah hal yang vital yang harus dilakukan. Baik itu usaha kecil yang sedang dijalankan juga membutuhkan pencatatan yang baik, ini bisa menjadi pemicu usaha anda bisa menjadi besar sehingga anda tidak akan kerepotan. Sebab keuangan anda sudah teratur sejak anda menjalankan usaha anda.
 
Bisa mengelola keuangan degan baik, akan menjaga laju aliran dana perusahaan anda agar tidak terjadi kebocoran keuangan yang berujung kerugian finansial. 
 
 
 
 
 
Bagi anda yang ingin mengetahui dan memahami cara mengelola keuangan bisnis, maka bisa simak beberapa tips manajemen keuangan di bawah ini.
 
1. Memahami Pembukuan Keuangan
 
Agar dapat mengelola pembukuan keuangan secara efektif, setidaknya anda memiliki 5 buku akun terpisah yang mencatat setiap transaksi. Buku akun dibutuhkan dibutuhkan yaitu buku arus kas yang berisi catatan uang keluar dan masuk, buku persediaan barang, buku pembelian dan penjualan, buku hutang piutang, serta buku biaya dan pendapatan lain selain penjualan barang atau jasa.
 
2. Memisahkan Keuangan Bisnis Dengan Keuangan Pribadi
 
Yang menjadi faktor utama usaha menjadi gulung tikar adalah sebab tidak melakukan pemisahan terhadap keuangan bisnis dan keuangan pribadi. Kalau anda melakukan ini maka pembagian keuangan menjadi tidak jelas. Mana keuangan untuk pribadi dan keuangan untuk bisnis.
 
Jika tidak ada pemisahan maka anda bisa kemungkinan besar mengambil keuangan untuk bisnis menjadi kebutuhan pribadi anda. Meski usaha anda masih terbilang kecil ini merupakan hal yang kompleks. Masalah keuangan bisa menjadi kesalahan yang fatal jika tidak dikelola dengan baik.
 
3. Merencanakan Penggunaan Uang Dengan Baik
 
Seorang pengusaha harus bisa merencanakan penggunaan uang sebaik mungkin. Terlebih saat anda memiliki modal yang lebih banyak dari yang diperhitungkan. Sebaiknya tidak menghamburkan uang tersebut meski dana bisnis anda dalam posisi yang lebih dari cukup. Sesuaikan rencana pengeluaran pada target penjualan dan penerimaan kas sebaik mungkin.
 
Anda bisa menunda belanja modal yang tidak memberikan manfaat dalam meningkatkan penjualan atau menurunkan biaya. Anda juga perlu melakukan analisa cost and benefit untuk meyakinkan bahwa penggunaan uang tidak sia-sia dan bisa memberikan keuntungan atau meningkatkan profit usaha.
 
4. Melakukan Putaran Kas Secara Efektif
 
Jangan fokus pada keuntungan saja, tapi cara mengelola keuangan usaha yang mencangkup bagaimana mengelola hutang dan persediaan. Banyak sekali usaha yang kesulitan mengelola catatan akutansi meski angka keuangan mereka baik. Bisa diperhatikan dari bagaimana anda memutar kas, karena putaran kas akan melambat jika termin penjualan kredit lebih lama daripada pembelian, atau jika harus menyimpan persediaan barang dagangan.
 
Selain itu juga mengusahakan termin penjualan kredit sama dengan pembelian kredit, harus mampu menekan tingkat persediaan sedemikian rupa agar tetap dapat memenuhi order tanpa membebani keuangan.
 
5. Memastikan Perhitungan Keuntungan
 
Sebagai pengusaha ialah menghasilkan keuntungan. Tapi apakah sudah mengetahui berapa keuntungan yang didapat dari bisnis tersebut? Menghitung keuntungan dengan tepat sama dengan pentingnya menghasilkan keuntungan sendiri. Karena bagian yang paling krusial dalam menghitung keuntungan adalah menghitung biaya-biaya.
 
Sebagian besar biaya dapat diketahui sebab melibatkan pembayaran uang tunai. Akan tetapi bagaimana jika tidak berupa uang kas, seperti penyusutan dan amortisasi. Sebagian lagi belum terjadi namun perlu dicadangkan untuk dikeluarkan di masa mendatang, seperti pajak dan bunga pinjaman.
6. Memanfaatkan Pihak Ketiga Atau Menggunakan Software
 
Dapat menggunakan karyawan atau pihak ketiga untuk membantu pencatatan keuangan usaha kecil. Mulailah berinvestasi SDM, kalau belum memungkinkan, anda bida menggunakan bantuan software khusus untuk mengelola keuangan sederhana untuk usaha kecil di pasaran.  Harga bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda. Menggunakan software keuangan, bisa menghemat waktu dan pekerjaan anda.
 
Seperti itu tips yang bisa kami bagikan untuk anda. Semoga bisa membantu mengelola keuangan anda.
 
Sampai jumpa.

Add a Comment