Cara Pembukuan Online Shop Mudah dan Sederhana

Cara Pembukuan Online Shop Mudah dan Sederhana – Sekarang banyak sekali toko offline beralih dengan berjualan online. Mengikuti trend sekaligus memanfaatkan peluang untuk memperluas segmen pasar dan jangkauan. Hal yang tidak boleh dilewatkan adalah pembukuan olshop.

Bagi yang baru masuk di dalam dunia olshop, masih bingung dengan apa saja yang perlu dicatat dalam pembukuan keuangan.

Perlu di ketahui, pembukuan merupakan komponen penting dalam perjalanan bisnis. Untuk menyimpan dokumen keuangan dan akuntansi bisnis, termasuk jurnal, buku besar, laporan keuangan, pajak penghasilan, dan sebagainya.

Cara Pembukuan Online Shop Mudah dan Sederhana

Tidak hanya untuk bisnis besar, tapi juga usaha skala kecil membutuhkannya agar tidak terjadi masalah di ke depannya nanti. Kesalahan dalam perhitungan akan bermasalah besar. Pembukuan yang baik dan sudah dilakukan sejak awal akan turut membantu berkembangnya bisnis dan memiliki kekuatan finansial yang kuat.

Tapi sebelumnya anda juga harus mengetahui beberapa hal terlebih dahulu. Sangat baik kalau mengetahui syarat untuk menjalankan bisnis online shop. Apa saja ya?

  1. Temukan Ide Produk yang Cocok

Memilih produk yang banyak dicari dan dibutuhkan masyarakat. Menjadi seorang problem solver untuk mengatasi masalah orang lain. Menukar manfaatkan yang dapat dijadikan transaksi saling menguntungkan.

  1. Membuat Website

Website merupakan toko yang bisa digunakan untuk menjual produk anda. Menggunakan website anda bisa leluasa untuk promosi bisnis anda.

  1. Menggunakan Media Sosial Untuk Promosi

Penggunaan media sosial juga perlu di maksimalkan untuk menjangkau target market. Sebagian besar sudah menggunakan media sosial hingga bisa melihat apa yang dijual.

  1. Digital Marketing

Selain itu, menggunakan digital marketing juga sangat efektif untuk mempromosikan produk. Ada beberapa yang sering digunakan ialah Facebook Ads, teknik SEO, endorsement, dan sebagainya.

Cara Pembukuan Online Shop Mudah dan Sederhana

Pentingnya Pembukuan Olshop

Bukan berarti kalau anda menggunakan sistem online berjualan tidak memerlukan pembukuan. Tetap harus ada pembukuan lho ya meski online shop sekalipun. Ada beberapa alasan kenapa onlineshop juga membutuhkan pembukuan.

• Online shop rawan penipuan. Pasti anda pernah mendengar atau bahkan pernah mengalami penipuan online shop. Selain prosedurnya yang sangat rentan, menjaga kerahasian pembukuan akan mempermudah mengawasi transaksi.
• Pembukuan yang sederhana akan membantu anda memantau perkembangan bisnis serta kondisi keuangan.
• Berperan penting dalam perputaran roda bisnis.
• Karena pembukan yang tepat dan teratur bisa membuat bisnis kuat dalam segi finansial.

Cara Pembukuan Online Shop Mudah dan Sederhana

Jenis-Jenis Pembukuan Olshop

Karena pentingnya pembukuan online shop. Maka perlu tahu bagaimana cara membuat pembukuan yang sederhana. Ada beberapa buku yang perlu disiapkan untuk pembukuan keuangan anda:

Buku Pemesanan

Berfungsi untuk mencatat semu pemesanan atau order barang yang masuk termasuk jumlah dan jenis barangnya. Seperti namanya dalam buku tersebut harus di peri keterangan pesanan masuk apakah sudah lunas atau belum. Agar mudah dalam merekap bulanan, maka buat beberapa kolom yang berisi nomor, pelanggan, nomor order, tanggal, jumlah, tanggal bayar, nominal, serta resi pengiriman. Melakukan total setiap bulan agar mengetahui besar omzet yang di dapat dalam satu bulan.

Buku Pengeluaran

Merangkum segala macam pengeluaran yang terjadi setiap bulannya. Seperti menggaji karyawan, membeli barang, pembayaran listrik, dan kebutuhan yang lainnya. Dalam buku beri beberapa kolom untuk rekap bulanannya, sebaiknya kolom isi dengan nomor, nama transaksi, tanggal, keterangan, serta jumlahnya.

Cara Pembukuan Online Shop Mudah dan Sederhana

Buku Stok

Semua stok barang tercatat. Stok yang tersisa juga perlu di catat, jumlah bahan baku yang masih ada, dan berkaitan dengan stok barang anda. Kalau jumlah buku stok ada perbedaan dengan yang ada, bisa di cek kalau terjadi kesalahan dalam pencatatan. Selisih stok akan mempengaruhi keuntungan.

Laporan Laba Rugi Bulanan

Jangan lupa untuk membuat laporan laba dan rugi setiap bulannya. Ini akan mempermudah anda mengetahui apakah olshop yang anda jalankan memberi keuntungan atau tidak. Diri sendiri juga harus digaji dong? Dan tidak memakai sembarangan uang yang masuk sebagai keuntungan.

Nah, hasil dari rekapan semua jenis buku tadi bisa dilakukan perhitungan dengan menggunakan rumus.

Keuntungan = Total Pemasukan – Total Pengeluaran

Keuntungan yang diperoleh bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis online shop. Seperti menambah produk jualan anda. Bisnis semakin besar dan memiliki transaksi keluar masuk yang banyak.

Baca juga: 6 Cara Membuat Bisnis Lancar Mulai Plan Bisnis

Selain melakukan pembukuan menggunakan cara manual. Anda bisa membuat pembukuan dengan software untuk mempermudah. Tapi menggunakan buku juga perlu dilakukan sebagai antisipasi yang tidak diinginkan.

Semoga infonya bermanfaat.

Add a Comment