10 Cara Menghindari Stres Kerja yang Efektif

10 Cara Menghindari Stres Kerja yang Efektif – Stres dan kelelahan dalam kerja sudah menjadi bagian dari pekerjaan. Bahkan hal ini sudah menjadi hal yang sudah kita nikmati selama bekerja.

Berbicara mengenai stres sudah bisa terjadi dan kadang diri sendiri suka tidak tahu kalau sedang stres atau burnout dalam kehidupan.

Penak merupakan suatu keadaan dimana kelelahan fisik dan mental stelah mengalami stres cukup lama. Perasaan yang dirasakan adalah tidak ada motivasi, mudah bosan, merasa tidak sanggup, seolah menderita.

10 Cara Menghindari Stres Kerja yang Efektif

Saat mengalami penat pekerjaan anda akan merasakan tidak daapt melakukan apapun dengan benar dan merasa kalau karir anda suram, tidak berdaya sama sekali.

Kalau hal ini terjadi maka akan berdampak negatif pada semua pola kehidupan. Jadi perlu untuk mempelajarinya.

10 Cara Menghindari Stres Kerja yang Efektif

Merasa penyelesaiannya adalah mencari pekerjaan baru. Memang tidak sepenuhnya salah, kalau anda merasa tidak bahagia berarti perlu ada sesuatu yang diubah. Solusi ini mungkin cocok bagi beberapa orang, tapi ada hal lain yang bisa anda ubah untuk menghadapi penat pekerjaan.

Mengatakan mau cari pekerjaan baru memang mudah, tapi itu tidak menjamin dapat membantu. And ahanya menyingkirkan masalah dan menghadapi masalah yang baru.

Cara yang baik adalah, mengubah aspek dalam kehidupan kita agar membuat kita jauh lebih bahagia dan lebih luas.

Berikut ada beberapa cara menghadapi sters kerja yang bisa anda gunakan.

Mencoba Mencari Akar Masalah

Kalau anda merasa stress dari biasanya di minggu akhir ini atau bualan belakangan ini, maka cobalah mencari penyebabnya. Apakah ada yang terjadi di tempat kerja anda? Ataukah anda melupakan atau melewati sesuatu yang penting.

Anda bisa menemukan masalahnya maka segera perbaiki.

Jika anda merasa untuk naik gaji atau jabatan yang lebih baik, maka bicaralah dengan atasan. Kalau ada sesuatu yang terjadi antara rekan kerja maka bicaralah dan selesaikan masalahnya.

Hadapi masalahnya agar anda merasa memiliki kendali atas masalah tersebut.

Merasakan stress atau penat dalam pekerjaan bukanlah hal yang besar, akan tetapi tumpukan kelelahan. Kalau demikian coba cari cara bagaimana pekerjaan bisa dinikmati dan buat rencana untuk meraih sejumlah hal tersebut.

Jangan Diam Saja di Rumah

Boleh saja menonton tv di rumah. Akan tetapi ada aturannya agar tidak berdampak negatif. Saat mengalami penat dan memotivasi diri untuk tidak melakukan apapun maka itu bukan hal yang benar. Mungkin hal tersebut pernah anda alami. Ingin segera pulang ke rumah dan duduk tenang dalam kasur semalaman atau di depan tv. Tidak berkumpul dengan teman karena merasa tidak sanggup untuk melakukannya.

Memang tidak salah untuk sesekali rileks, tapi diam tidak melakukan apapun juga hal yang salah kalau menjadi kebiasaan. Maka anda harus menggantinya. Akan tetapi faktanya hal ini akan membuat anda merasa lebih buruk. Sebaiknya cari hal yang benar-benar yang bisa anda nikmati dengan maksimal. Anda bisa membuat rencana bertemu teman sekali atau dua kali dalam seminggu.

Saat pertama melakukannya merasa tidak terbantu atau kurang antusias, namun semangati diri sehingga anda merasa itu semua membantu. Bagian dari penat dan stres adalah merasa suntuk, jadi melakukan hal yang diminati adalah cara yang bagus untuk merasakan tujuan hidup.

10 Cara Menghindari Stres Kerja yang Efektif

Lakukan Rileks Harian

Anda tentu membutuhkan waktu dimana anda bisa melakukan hal yang dinikmati sekaligus merasa produktif. Maka dari itu kita perlu waktu untuk rileks dan beristirahat.

Tidak perlu sampai satu jam, tapi berpapun lamanya asalkan cocok dengan jadwal yang dibuat, bahkan hanya 15 menit sekalipun.

Gunakan waktu tersebut untuk merasakan rileks total seperti dengan membaca tau menulis atau tidur sejenak.

Libur

Anda mungkin pernah mendengar banyak warga di Amerika yang tidak menggunakan waktu cuti untuk liburan kepada mereka setiap tahunnya. Hal tersebut juga terjadi bada negara lain. Kalau anda termasuk orang yang suka menimbun jatah cuti maka ubahlah untuk menggunakan jatah cuti tersebut.

Kalau anda merasakan penat di pekerjaan, maka jalan keluarnya adalah melakukan rehat sejenak. Bukan menyibukkan diri dengan tugas. Gunakan untuk merencanakan liburan tidak hanya di rumah, tapi liburan yang sesungguhnya.

Anda bisa melakukannya tanpa perlu banyak uang. Pergi ke tempat hiburan terdekat. Tidak perlu mewah. Jadikan perjalanan akhir pekan untuk beberapa bulan ke depan.

10 Cara Menghindari Stres Kerja yang Efektif

Lebih Bergaul

Pergaulan membuat kita memiliki hubungan dengan orang lain. Dan melalui hubungan inilah yang membuat bahagia. Kalau anda merasakan penat atau stress, akan merasa kalau sendirian itu lebih baik. Tapi anda harus memaksakan diri untuk ke luar rumah 2 kli dalam seminggu kerja.

Meluangkan waktu untuk berkomunikasi dengan teman, meski sekadar berbagi minuman di dapur. Itu adalah hal sederhana yang membuat dan menjaga agar tidak fokus berlebihan pada pekerjaan. Bergaul dengan teman akan memberikan kita kesempatan untuk sekadar bercerita dan membuat kita merasakan kelegaan tersendiri.

Membuka diri kepada orang lain adalah cara yang baik untuk mendapatkan nasehat yang diperlukan agar tidak merasakan kesendirian. Pastikan anda tidak membicarakan pekerjaan saat melakukan interaksi sosial.

Ciptakan Pagi Yang Lebih Baik

Di pagi hari adalah situasi yang berat untuk dihadapi saat anda merakan kepenatan. Anda tidak merasa termotivasi sama sekali. Bangun pagi untuk menghadapi hari yang panjang rasanya sangat tidak sanggup.

Lakukan sesuatu untuk membuat pagi hari anda menjadi dapat dinikmati, bukan hanya untuk bersiap pergi bekerja. Bangunlah lebih awal dan sisihkan waktu untuk menyantap sarapan. Berjalan jalan membaca buku dan melakukan yoga.

Anda bisa melakukan apa yang anda mau, tapi tidak perlu menambah sampai 1 jam, bahkan 20 menit bisa membuat perbedaan.

10 Cara Menghindari Stres Kerja yang Efektif

Mencoba Akrab dengan Rekan-rekan Kerja

Tidak sebuah membuahkan hasil yang baik dari apa yang sudah dilakukan di tempat kerja. Kalau anda merasa tidak ada teman untuk berbicara di tempat kerja, maka rasa penat akan menjadi lebih parah.

Sekiranya buatlah diri menjadi lebih ramah dengan orang yang kita temui hampir setiap harinya. Tidak perlu menjadi sahabat yang baik, namun memiliki seseorang untuk berbincang dan tertawa untuk melewati hari pasti lebih menguatkan diri anda.

Menambah Olah Raga

Olahraga bisa menjadi cara yang ampuh dalam mengusir kepenatan. Selain itu rasa cema, ketidakbahagiaan pada umumnya dapat diselesaikan. Olahraga membuat anda lebih termotivasi.

Temukan sesuatu yang benar anda sukai dan tidak membuat beban untuk anda. Sesekali yoga, atau di saat yang lain anda memerlukan yang lebih intens seperti kardio atau kickboxing. Sesekali berjalan santai atau berlari di luar ruangan untuk mendapatkan udara segar. Hal ini akan membuat anda jauh lebih baik.

10 Cara Menghindari Stres Kerja yang Efektif

Rehat Makan Siang Sesungguhnya

Ada alasan mengapa rehat menjadi hal yang diwajibkan bagi karyawan. Karena kita mutlak memerlukan kesehatan mental. Kalau merasa penat, maka mulai lakukan rehat kecil setidaknya sekali dalam sehari.

Rehat makan siang, lakukanlah. Meski hanya mendapatkan jatah 30 menit istirahat, maka duduklah di tempat lain selain di kantor anda.

Batasi Teknologi Setelah Kerja

Di jaman dahulu anda mudah pergi untuk meninggalkan pekerjaan yang sudah selesai. Pulang ke ke rumah dan melepas hubungan selama beberapa jam. Namun berbeda dengan sekarang, ada notifikasi yang bermunculan di ponsel pintar yang kita miliki. Anda tidak bisa dengan mudah mengabaikan semua itu, namun istirahat adalah waktu yang kita miliki.

Sisihkan paling tidak setengah jam tanpa teknologi setiap malam. Jauhkan ponsel, matikan tv, simpan laptop kalau ada. Karena,kenyataannya untuk mengistirahatkan diri dan jauh dari teknologi lebih baik dari apa yang kita duga.

10 Cara Menghindari Stres Kerja yang Efektif

Itulah cara menghindari stres kerja yang bisa anda gunakan, jangan memaksakan diri sendiri. Tubuh juga memerlukan waktu untuk istirahat. Selamat mencoba.

Semoga infonya bermanfaat.

Add a Comment