Cara Menghemat Data Seluler Anti Boros

Cara Menghemat Data Seluler Anti Boros – Yang suka banget main media sosial tapi tidak ingin juta internet boros, ada tidak ya? pasti semuanya ya hampir. Aktivitas browsing sudah menjadi hal yang umum dilakukan setiap orang. Bahkan sebagian besar aplikasi juga akan selalu terhubung dengan koneksi internet baik ketika memakai Wi-Fi ataupun data seluler. Maka dari itu harus tahu bagaimana caranya menghemat data seluler

Semakin sering membuka data internet maka semakin pulsa cepat berkurang kuota internetnya. Rata-rata perusahaan telekomunikasi memberikan batasan jumlah data dalam kurun waktu tertentu. Kalau sudah mencapai batas penggunaan maka tidak dapat melakukan penelusuran web atau harus membayar memakai pulsa dengan tarif normal.

Cara Menghemat Data Seluler Anti Boros

Berbeda lagi urusannya jika anda adalah orang yang aktif memakai media sosial untuk bekerja atau melakukan aktivitas lainnya. Harus menyediakan kuota dalam jumlah besar. Jika menghabiskan banyak keuangan, lebih baik menghemat data seluler. Cara di bawah ini terkesan sepele tapi bisa membantu menghemat data dengan efektif.

Sebelumnya akan lebih baik kalau memakai paket internet bulanan untuk memangkas pembelian yang berkelanjutan.

Selalu Pantau Penggunaan Kuota Anda

Selalu melakukan pemantauan penggunaan data. Bila ada aplikasi yang tidak dipakai matikan saja. Lebih tepatnya anda melit aplikasi mana yang banyak menghabiskan kuota dan tidak dibutuhkan. Sudah tau, segera matikan saja aplikasi tersebut.

Sekarang ponsel sudah dilengkapi dengan fitur pemantauan data internet. Anda bisa melihat semua akses penggunaan data seluler sehari-hari. Jika tidak ada maka bisa mendownload aplikasi pihak ketiga seperti Onavo Count. Tersedia diperangkat berbasis iOS dan Android. Dapat membatasi aplikasi mana yang menghabiskan banyak kuota.

Kompres Data Seluler

Melakukan kompres data yang berguna untuk mengurangi penggunaan paket data seluler. Beberapa layanan ada yang menawarkan untuk untuk mengecilkan data yang akan diterima perangkat anda sehingga tidak membebani kebutuhan data yang terlalu besar. Ada banyak aplikasi yang menyediakan layanan yang satu ini.

Beberapa browser memiliki fitur semacam ini, contohnya yang paling sering digunakan adalah Chrome yang mana bekerja dengan mengirimkan data terlebih dahulu ke server Google untuk meminimalkan pemakaian data. Browser dengan kemampuan serupa, yaitu Opera Mini.

Cara Menghemat Data Seluler Anti Boros

Matikan Notifikasi Push

Push merupakan notifikasi yang muncul saat ada pembaharuan sistem. Akan tetapi push ini menghabiskan banyak kuota, setiap notifikasi yang muncul memakai data seluler. Memang, push adalah fitur yang berguna, adanya push akan lebih mudah untuk lebih tepat waktu melakukan pembaharuan dari email, pesan, dan media sosial. Kelemahan dari fitu ini, notifikasi push akan memakai data dan semakin banyak notifikasi maka akan semakin banyak juga kuota yang akan dihabiskan. Ternyata banyak yang tidak menyadarinya, apakah anda termasuk demikian?

Batasi saja penggunaan push pada beberapa perangkat aplikasi. Beri akses yang penting saja seperti aplikasi chatting dan lain sebagainya.

Hapus Proses Latar Belakang

Berupa proses pengunduhan data dan sebagainya. Ini bisa menjadi penyebab kuota cepat habis. Saat anda membuka aplikasi dan keluar dengan menekan tombol home pada Android maka aplikasi tersebut tidak benar-benar tertutup. Masih ada proses latar belakang yang berjalan dan akibatnya dapat membuat HP menjadi lemot serta menguras kuota internet anda.

Untuk antisipasinya, pastikan semua aplikasi yang tidak dibutuhkan tertutup semua. Gunakan menu recnet app. Menu tersebut akan menampilkan proses dari semua aplikasi yang berjalan di latar belakang. Nah, kalau ditemukan aplikasi yang tidak dibutuhkan masih bekerja di background, segera hapus saja.

Cara Menghemat Data Seluler Anti Boros

Mematikan Data Untuk Aplikasi Tertentu

Sebenarnya, aplikasi dapat berjalan tanpa adanya koneksi internet. Sebaiknya berikan pembatasan penggunaan data supaya tidak buang-buang kuota. Kadang meski beberapa aplikasi sudah diberhentikan tetap saja hidup dan terus menerus menggunakan data seluler. Agar tidak keterusan caranya mematikan pemakaian kuota internet supaya tidak boros, yaitu mematikan akses penggunaan data terhadap aplikasi tersebut.

Umumnya tampilan pada setiap setelan HP berbeda. Tapi. Intinya sama, contohnya menu pengaturan > aplikasi terinstal > batasi penggunaan data > hilangkan centang pada data seluler.

Matikan Pembaharuan Otomatis Melalui Data Seluler

Menghemat banyak kuota jangan pernah membiarkan update berjalan dengan otomatis. Sebaiknya atur saja dengan memberikan notifikasi atau ketika terhubung dengan jaringan Wi-Fi. Baik iOS atau Android memungkinkan penggunanya untuk memperbaharui aplikasi atau sistem secara otomatis. Sangat berguna memang, tapi sangat menguras kuota apalagi aplikasi yang diperbaharui bukanlah aplikasi penting.

Pada Android cukup dengan membuka Play Store > Setelan > Update aplikasi secara otomatis > pilih update hanya memakai Wi-Fi atau jangan izinkan sama sekali.

Cara Menghemat Data Seluler Anti Boros

Matikan Data Seluler Saat Perangkat Tidak Digunakan

Keadaan sedang krisis, kuota menipis. Baiknya menyalakan data seluler ketika perangkat atau HP sedang digunakan saja supaya kuota tidak terbuang sia-sia. Lakukan saja jika anda dalam keadaan kepepet dan belum bisa untuk membelinya. Setelah mematikan data tidak akan menerima notifikasi dari aplikasi yang membutuhkan akses internet. Hidupkan kalau mau menggunakannya saja.

Tidak upload video dan foto sembarang tempat

Menggunakan aplikasi seperti facebook, instagram, email, whatsapp, telegram dan sebagainya dapat membuat kuota cepat habis. Sebagian besar orang melakukannya untuk bertukar dan membagi informasi, update status atau alasan lainnya. Dari saat ini, mulai hindari melakukan aktivitas upload video dan foto dengan ukuran size file terlalu besar. Penggunaan data jadi lebih hemat dech. Senangnya…..

Cara Menghemat Data Seluler Anti Boros

Ubah Fitur Maps ke Mode Offline

Ketika anda menggunakan maps di tengah perjalanan, kadang anda membutuhkan peta sebagai petunjuk jalan yang cepat dan lancar. Perlu anda tahu, kalau google maps yang terdapat di Hp memiliki mode offline yang bisa digunakan.

Sangking mudahnya banyak orang yang tidak tahu kalau maps memakan data dalam jumlah besar.

Terlebih jika menggunakan fitur built-in navigation, turn-by-turn direction dan melihat traffic atau kemacetan jalanan secara real-time. Ubah saja ke dalam mode offline. Meski memakai mode offline maps tetap memberikan arah baik itu melalui suara maupun penunjuk visual sehingga akan mempermudah perjalanan.

Dengan klik ‘search bar’ yang terdapat di atas aplikasi maps dan geser lalu pilih ‘save map to use offline’. Untuk iOS merubah pengaturan ke flight mode.

Baca juga: 10 Aplikasi Hemat Data Internet Terbaik

Masih banyak lho yang bisa dilakukan selain cara di atas untuk menghemat data. Tergantung dari penggunaan dan kebutuhan anda akan smartphone. Cara di atas hanya umum yang bisa digunakan semua orang, tapi dalam keadaan tertentu ada langkah hemat lainnya.

Semoga informasinya bermanfaat.

Add a Comment