Cara Memperbaiki Mood Jelek Di Tempat Kerja

Cara Memperbaiki Mood Jelek Di Tempat Kerja – Suasana di kantor tidak selalu menyenangkan. Kadang kita berada pada titik yang benar-benar jenuh untuk bekerja. Bagaimana lagi tidak ada yang tidak bisa dihindari segala sesuatu yang memang sudah terjadi.

Masalah badmood bisa menjadi masalah tersendiri. Muncul pada keadaan yang tidak dapat diduga entah itu padatnya aktivitas, lelah yang menimbulkan perasaan lebih sensitif dibanding saat bersemangat untuk bekerja.

Cara Memperbaiki Mood Jelek Di Tempat Kerja

Mood swing saat bekerja tidak hanya membuat pekerjaan menjadi tertunda, namun mempengaruhi teman kerja terutama anda di lingkungan perusahaan. Ada banyak cara untuk meningkatkan mood di tempat kerja. Hal kecil-kecil bisa membuat anda merasa lebih baik dari pada sebelumnya.

Mendengarkan Musik

Penelitian menunjukkan dengan mendengarkan musik dengan alunan irama yang ceria dapat meningkatkan mood seseorang setidaknya selama dua minggu. Mendengarkan musik bisa membuat orang mengubah moodnya menjadi sangat baik dari pada sebelumnya.

Musik bisa digunakan untuk mengurangi gejala depresi, melawan stres, dan meningkatkan konsentrasi, memperbaiki memori, dan menjaga kesehatan otak.

Hasil dari kutipan psychcentral, ada pula hasil studi yang menyatakan mendengarkan musik dapat menurunkan tekanan darah, detak jantung, dan kadar hormon stres (kortisol). Bisa dilakukan dengarkan musik menenangkan dalam waktu 30 menit.

Dengarkanlah musik favorit agar semangat bisa kembali lagi. Perasaan bosan muncul di kantor bisa jadi karena situasi yang membosankan, pastikan menggunakan earphone agar rekan kerja yang lain tidak terganggu.

Jalan-jalan ke Luar Kantor

Penyebab mengapa anda bisa bad mood adalah anda terlalu bosan dengan rutinitas yang anda lalui setiap hari di ruangan kantor. Berdiam lama di hadapan komputer, melakukan hal yang sama setiap hari akan membuat jenuh. Buat suasana baru dengan menghilangkan rasa jenuh itu.

Meluangkan waktu sejenak untuk keluar berjalan-jalan di luar untuk refresh pikiran. Mencari tempat yang bisa membuat anda merasa senang dan melupakan sejenak sebab yang ada dipikiran.

Cara Memperbaiki Mood Jelek Di Tempat Kerja

Ngemil atau Menghirup Aroma

Ngemil bisa menjadi cara lain mengatasi bad mood anda yang sedang melanda tiba-tiba. Makan camilan yang anda sukai untuk mengurangi perasaan kesal dan hal yang tidak enak dalam hati dan pikiran. Takaran ngemil yang cukup, jangan sampai berlebihan tidak baik untuk kesehatan anda.

Membawa camilan sendiri ke kantor apapun itu yang sehat dan di sukai seperti almond yang kaya akan omega 3, cokelat hitam, biskuit, buah atau sepaket oatmeal untuk mengganjal rasa lapar di perut.

Tidak harus makanan lho, bisa juga minuman untuk mengatasi bad mood. Minuman dengan aroma dan rasa yang menenangkan seperti aroma vanila yang lembut atau aroma kopi, mungkin rasa stres yang anda alami akan berkurang.

Curhat dengan Rekan Kerja

Ya, mood itu kadang berubah tidak kenal waktu dan tempat. Akan tetapi jangan sampai meninggalkan pekerjaan di kantor karena ingin bersantai menghilangkan penat. Di kantor pun anda bisa bersantai, , cobalah untuk curhat dengan rekan kerja agar perasaan menjadi sedikit lega.

Cari rekan kerja yang bisa anda percaya untuk menjaga rahasia, kalau ada malah yang bisa memberikan solusi atas masalah anda. Jangan gunakan waktu kerja untuk melakukannya ya, bisa di waktu jam istirahat siang bersama tanpa mengurangi waktu kerjaan anda.

Cara Memperbaiki Mood Jelek Di Tempat Kerja

Atur Pernapasan

Harus perhatikan pernapasan diri anda sendiri, mulai dari saat diliputi
rasa penuh tekanan, marah, lelah, hingga stres. Mengelola pernapasan dianggap menjadi salah satu cara terbaik untuk menghadapi rasa bosan atau bad mood. Kekuatan dalam bernafas sangat membantu berguna untuk memperlambat kerja jantung dan menghilangkan stres terutama di saat menghadapi masa penuh tekanan.

Manfaat lain dari mengatur pernapasan adalah mampu menghambat pikiran negatif, membantu menenangkan pikiran saat mengalami kehawatiran pada sesuatu dan bisa menghubungkan dengan spiritual dengan baik.

Nonton video lucu

Siapa yang suka nonton hal yang berbau komedi, sesuatu yang bisa bikin tertawa lepas? Sediakan waktu untuk menonton video lucu atau yang inspiratif. Intinya ya video itu bisa membuat anda merasa lebih bahagia, dengan tertawa mungkin anda bisa menjadi lebih bersemangat kembali untuk bekerja dan tidak ada rasa bad mood lagi.

Cara Memperbaiki Mood Jelek Di Tempat Kerja

Manfaatkan Waktu

Buat diri sendiri merasa nyaman, sebab cara ini akan membantu untuk sedikit melupakan perasan bad mood. Isi waktu yang ada untuk mengerjakan hal yang tidak penting. Seperti membuat apa yang anda suka mungkin tidak akan bad mood lagi.

Sisa waktu di luar jam kerja untuk melakukan hal yang anda sukai. Menghabiskan beberapa menit untuk membaca ataupun bermain game yang setidaknya bisa mengubah suasana hati menjadi good mood.

Baca juga : 4 Cara Membuat Kerja Nyaman Meski Tidak Suka

Cari Hal-hal yang Membuat Anda Tersenyum

Keadaan memaksa diri untuk tidak dapat beranjak dari kantor,tidak ada salahnya membayangkan sesuatu yang membuat anda tersenyum. Terkesan kayak gila gitu, tapi siapa yang peduli asalkan itu senang dan membuat mood jadi lebih baik. Memutar video lucu atau memandang foto orang tersayang di galeri ponsel.

Pikirkan hal yang membuat diri menjadi bersyukur, meski hanya hal sepele. Mood bisa jadi lebih baik karena sadar apa yang anda alami saat ini tidak akan luput dari namanya masalah.

Cara Memperbaiki Mood Jelek Di Tempat Kerja

Menghias atau Menata Meja Kerja Anda

Meja kerja yang monoton saja, bisa membuat mood jadi bad lho. Contoh hal yang bisa anda lakukan adalah menghias atau menata ulang meja kerja. Kreasi dengan kesenangan anda, bisa mengembalikan mood kerja sebab suasana foto ataupun quotes, biasanya bisa membangkitkan semangat kerja kembali.

Mulailah Merinci Setiap Tugas Anda

Sekedar untuk menghilangkan perasaan jenuh, bisa membuat rincian kegiatan pada setiap tugas yang ada. Jadwal pekerjaan serta apa yang harus dilakukan nanti pada kerjaan anda, ini akan membantu menyelesaikan tugas dengan lebih baik dan urut. Merinci tugas tersebut berdasarkan deadline maupun tingkat kesulitannya, mood bisa berkurang dan mulai mengerjakannya dengan urutan yang tersulit.

Coba Lakukan Aktivitas Lain

Sangat penting lho anda memiliki aktivitas lain di sela pekerjaan anda, seperti menulis artikel atau menggambar doodle, maka bisa melakukannya ketika bosan. Aktivitas yang disukai dipercaya bisa mengusir kebosanan dalam sekejap. Otak akan mulai santai dan sedikit nyaman, tidak tertekan.

Anda juga boleh menyediakan berbagai alat yang bisa menjadi pembangkit semangat, seperti kertas origami atau buku mewarnai beserta alat mewarnainya. Siapkan alat tersebut di laci meja Anda, agar sewaktu-waktu bisa digunakan saat merasa bosan.

Cara Memperbaiki Mood Jelek Di Tempat Kerja

Itulah beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengusir rasa bad mood. Sangat wajar sebagai orang yang sudah bekerja bisa mengalami mood jelek, terlebih kaum perempuan yang setiap bulan ada tamu yang datang. Pandailah mengolah emosi anda, meski sedang dalam keadaan yang genting sekalipun. Keadaan sering berubah dan kedewasaan juga diuji dari hal itu.

Semoga infonya bermanfaat. Sampai jumpa.

Add a Comment