Cara Memilih Influencer Untuk Bisnis Online

Cara Memilih Influencer Untuk Bisnis Online – Sekarang sudah banyak para influencer yang memiliki ribuan pengikut bahkan jutaan yang baik di instagram, youtube, dan facebook. Dalam bisnis memanfaatkan jasa influencer untuk membantu mempromosikan produk bisnis.

Anda membayar jasa influencer untuk mempromosikan bisnis. Maka, para followers dan fans baik dari artis , blogger, selebgram tersebut akan ikut menggunakan produk anda. Jadi menggunakan jasa influencer akan mempermudah memperkenalkan bisnis ke banyak orang.

Cara Memilih Influencer Untuk Bisnis Online

Pengguna instagram mengalami pertumbuhan yang besar. Ini akan menaikkan jumlah follower para influencer bahkan selebgram. Penggunaan jasa artis bahkan dianggap kurang maksimal. Banyak para milenial lebih percaya pada selebgram maupun micro influencer daripada rekomendasi brand ambassador di iklan-iklan besar.

Sangking banyaknya, tidak sedikit yang salah dalam menggunakan jasa influencer. Jadi sebelum menggunakan jasanya berhati-hatilah karena pemasaran dengan influencer memiliki pengaruh yang cukup signifikan. Jangan sampai salah pilih. Lalu bagaimana caranya? Berikut cara memilih influnecer untuk bisnis online.

Lihat Followers

Yang paling penting dalam menjadi influencer adalah memiliki followers. Semakin banyak followernya maka ini memiliki pengaruh banyak terhadap banyaknya konsumen yang melihat pemasaran produk anda. Jadi pilih yang memiliki banyak pengikut di akunnya.

Selain jumlahnya, memperhatikan folowersya juga perlu. Apakah itu followers asli ataukah palsu. Sebab anda bisa dengan mudah mendapatkan para followers dengan menggunakan jasa jual beli followers. Kalau ternyata folowersnya fiktif alias tidak nyata, maka usaha promosi anda sia-sia. Tidak ada pengaruh karena tidak ada followers sama sekali.

Persentase Engagement

Hubungan seorang influencer dengan para followersnya juga perlu diketahui. Sebab influencer adalah icon dari sebuah brand anda untuk diperkenalkan kepada konsumen.

Untuk melihat hubungan keduanya bisa menggunakan cara melihat jumlah likes dan komen yang ada pada setiap postingan influencer. Kalau followernya ribuan, tapi komen yang ada hanya 50 buah serta likes hanya 10 saja ini patut di waspadai.

Cara Memilih Influencer Untuk Bisnis Online

Perhatikan Relevansi Brand

Anda harus memilih influencer yang bergerak dalam bidang yang sama di bisnis anda. Sehingga untuk mencapai target pasar bisa tepat sasaran dan menghasilkan impact lebih bagus dalam bisnis anda. Relevansia atau keterkaitan produk merupakan urusan yang penting. Biar hasilnya maksimal.

Anda bisa melihat kontennya berisi apa saja. Minimal 7 hari terakhir. Seperti perusahaan yang bergerak pada produk makanan kekinian maka anda perlu mencari influencer yang berada dalam bidang food blogger dan sering mengunggah riview makanan dan tempat makanan di media sosial. Kalau anda memilih yang suka bermakeup maka yang cocok adalah mempromosikan produk perawatan dan kosmetik.

Perusahaan anda bergerak dibidang make up halal, maka perlu mencari influencer yang bergerak dibidang dakwah atau minimal memakai jilbab atau kerudung. Setidaknya tidak melenceng dari produk yang di promosikan. Memilih influencer yang rambutnya di cat atau berpakaian mini, karena jika demikian kurang relevan jika produk Anda tidak sesuai dengan gaya dari influencer

Akun Social Media Influencer

Perhatikan akun sosial media yang digunakan influencer. Kalau anda memilih influencer yang mengunakan instagram maka perhatikan followers. Tapi kalau memilih yang menggunakan facebook maka anda memperhatikan folower facebooknya.

Memilih akun yang menjadi kecenderungan di masyarakat sebagai penentu penggunaan sosial media. Jangan lupa membuat strategi pemasaran yang cocok untuk menyampaikan pesan yang pas di setiap akun sosial media influencer. Agar target pasar yang dituju tercapai.

Masyarakat memiliki lebih dari sosial media seperti Instagram, Facebook, Twitter. Maka pilih influencer yang memiliki aku sosial media yang memiliki banyak peminat.

Cara Memilih Influencer Untuk Bisnis Online

Cek Riwayat Feed Influencer

Ini juga penting, mengetahui produk dari brand mana saja yang pernah bekerja sama dengan influencer tersebut. Ini penting untuk memastikan tidak ada kompetitor lain yang menggunakan influencer yang sama. Feed influencer juga perlu, karena akan berpengaruh dengan Persentase Engagement.

Hubungan dari influencer dengan followersnya menjadi hal penting. Influencer adalah penyambung lidah dari brand ke konsumen atau calom konsumen. Perbandingan jumlah likes dan komen yang ada pada setiap postingan influencer. Jika influencer memiliki followers lebih dari satu juta tetapi hanya mendapat likes kurang dari 100 atau komentarnya 5 saja, sebaiknya jangan digunakan. Perlu memerhatikan feed pribadinya karena feed pribadi yang terlalu banyak dapat dianggap spam, melakukan pengecekan riwayat feed influencer dengan teliti.

Biaya jasa yang dibutuhkan

Setelah semua kriteria terpenuhi, maka perhatikan biaya jasa yang diperlukan untuk menggunakan jasa influencer. Sebab tarif yang dikenakan beragam dan tergantung seberapa bagusnya reputasi yang dimiliki. Jika anda memilih yang sudah menjadi artis dan reputasinya juga bagus, maka biaya pasti besar.

Selain itu melakukan segmentasi pasar dan menentukan biaya yang dibutuhkan dan tidak membebani bisnis anda ke depannya. Biaya untuk jasa influencer memang tidak sedikit tapi jika anda bisa mengaturnya dengan baik, anda dapat memangkas biaya dan bisa digunakan untuk keperluan bisnis lainnya.

Baca juga: 10 Contoh Strategi Pemasaran Produk Efektif

Cara Memilih Influencer Untuk Bisnis Online

Manfaat Menggunakan Influencer Untuk Bisnis

Sudah tahu bagaimana memilih influencer yang tepat untuk bisnis. Maka perlu juga mengetahui manfaat dari menggunakan jasa influencer bagi bisnis anda. Sehingga anda lebih memahami apa itu pentingnya influencer dalam strategi bisnis. Terutama dalam bisnis online.

Membangun Relasi dan Kepercayaan

Bisa membangun kepercayaan kepada konsumen. Ada konten produk yang dibagikan oleh influencer di akun miliknya akan membuat bisnis anda semakin memiliki kredibilitas dan nilai yang baik melalui testimoni yang dibawakannya ini akan meningkatkan brand awareness. Baik follower atau konsumen baru memiliki pandangan yang baru mengenai produk yang ditawarkan. Melihat kualitas produk langsung dari idola mereka pasti terasa lebih meyakinkan.

Menentukan Target Pasar

Memiliki banyak akun yang berbeda, ini memiliki keuntungan tersendiri dengan membuat target pasar yang berbeda-beda. Sesuaikan jenis media sosialnya dengan target brand anda. Strategi yang sudah dibuat dan sesuai dengan pangsa pasar yang dituju. Kalau anda menggunakan influencer yang masih muda, dan cantik, maka target pasarnya adalah anak muda. Sebaliknya kalau anda memilih yang sudah berumur dan masih sehat. Maka target pasar bisa mencangkup dewasa dan usia lanjut.

Meningkatkan Penjualan

Kalau influencernya sudah terpercaya dalam merekomendasikan suatu produk atau jasa, maka followernya akan mempertimbangkan produk yang dipostingan merupakan hal yang menarik dan tidak sembarangan. Bekerja sama dengan influencer dalam strategi bisnis pemasaran bisa meningkatkan penjualan bisnis anda.

Cara Memilih Influencer Untuk Bisnis Online

Dunia sekarang sudah serba digital. Apapun bisa dilakukan hanya dengan main jari saja. Termasuk dalam urusan bisnis. Menggunakan jasa influencer untuk mempromosikan produk adalah strategi bisnis yang bagus.

Akan tetapi dalam memilih influencer tidak boleh sembarangan. Karena banyak influencer palsu yang terlihat memiliki folowers banyak, likes atau komentar dengan cara membeli. Semua harus diperhatikan baik dari aspek akun influencer dan si influencer itu sendiri. Jangan sampai tertipu.

Menentukan yang sesuai dengan produk anda. Sehingga strategi marketing anda berhasil. Menggunakan influencer dapat memunculkan brand awerness dengan costumer baru atau followers influencernya. Ingat jangan sampai keuangan anda terbuang sia-sia karena memilih influencer yang tidak tepat. Influencer memang penting untuk mengembangkan bisnis terutama produk anda sudah terkenal.

Tetapi selain influencer juga perlu strategi lain, seperti membuat website untuk promosi produk melalui informasi yang di berikan.

Semoga infonya bermanfaat.

Add a Comment