Cara Membuat Foto Menarik dan Keren Untuk Produk Online Shop

Cara Membuat Foto Menarik dan Keren Untuk Produk Online Shop – Kebiasaan dalam berbelanja online sekarang sudah menjadi kegemaran setiap orang. Daripada datang ke toko, banyak orang yang lebih memilih order pesanan melalui online yang lebih praktis. Dan ini seiring didukungnya perkembangan platform online shop di Indonesia.
Ini dibuktikan sejak 2016 jumlah e-commerce atau usaha online di Indonesia mencapai 26,2 juta unit. Angka ini meningkat pesat hingga 17 persen dalam 10 tahun terakhir.
Ini sudah berarti persaingan antara satu online shop dengan yang lain cukup ketat. Dan untuk itu para pebisnis harus pintar menarik perhatian calon pembeli. Salah satunya degan menampilkan foto produk dagangan yang menarik.
Dalam online shop. Foto produk menjadi sorotan pertama yang dilihat calon pembeli. Namun hal ini sering menjadi kendala bagi pebisnis e-commerce pemula adalah keterbatasan biaya dan alat untuk pemotretan produk.
Sebenarnya masalah seperti ini bisa di atasi dengan mudah. Memanfaatkan kamera smartphone. Jika mengetahui trik dengan tepat, maka foto yang dihasilkan bisa sama bagusnya dengan menggunakan kamera profesional.
Gunakan tripod
 
Tripod memang alat yang penting untuk menunjang sesi foto dalam produk. Beda ini bisa membantu smartphone tetap stabil dan selalu dalam posisi yang sama. Selain itu, bisa menjaga ketinggian dan sudut kamera tetap konsisten membuat foto produk terlihat rapi dan profesional. Keuntungan lainnya adalah bisa mengambil gambar di cahaya redup tanpa takut hasil foto menjadi blur.
Gunakan mode manual
 
Selain menggunakan mode kamera auto, sekarang hampir seluruh kamera smartphone sudah dibekali mode kamera manual yang bisa mengatur sendiri sensitivitas cahaya (ISO), fokus, hingga exposure.
Untuk produk, sebaiknya menggunakan ISO di angka 100. Karena semakin tinggi angka ISO, maka kualitas foto akan semakin berkurang dan bisa memunculkan nise pada foto. Setelah mengatur ISO pastikan anda menggunakan  mode autofocus agar foto yang dihasilkan tajam.
Sesuaikan latar foto
 
Latar apapun bisa digunakan sebagai latar belakang foto produk. Akan tetapi sebaiknya latar yang digunakan senada dengan produk yang difoto. Latar belakang berwarna putih dapat membuat foto produk tampak profesional.
Menggunakan latar berbagai warna atau material untuk memberikan kesan hidup pada foto. Seperti, untuk produk yang berbahan alami bisa menggunakan latar belakang alam. Satu hal yang harus diperhatikan, produk harus lebih mencolok daripada latar belakang yang digunakan, sehingga tidak mengganggu fokus pembeli ketika melihatnya.
Manfaatkan cahaya matahari
 
Cahaya adalah elemen yang memiliki peran penting dalam fotografi. Ada dua sumber cahaya yang bisa digunakan untuk fotografi, yaitu cahaya buatan seperti lampu dan cahaya alami dari sinar matahari.
Agar bisa menghasilkan foto yang produk yang profesional, anda bisa memanfaatkan cahaya matahari yang masuk dari jendela. Tidak perlu harus menggunakan lighting atau lampu studio yang mahal.
Cahay berfungsi sebagai softbox layaknya studio foto profesional. Adanya jendela yang menjadi ruang masuk cahaya matahari bisa menyebarkan cahaya matahari yang keras dan menghasilkan exposure merata dengan bayangan alami. Kalau cahaya matahari masih terlalu terang, anda bisa menggunakan tirai transparan seperti vitrase, untuk melembutkan cahaya matahari yang masuk.
Berkreasi Dengan Mode portrait
 
Memanfaatkan fitur kamera di smartphone, salah satunya menggunakan mode portrait. Menggunakan mode ini bisa cocok untuk memotret semua produk termasuk produk lifestyle, seperti baju, tas, atau sepatu.
Mode portrait bisa memberikan efek latar belakang yang kabur dan memberi fokus pada objek yang diinginkan. Cukup dengan menggerakkan lebih dekat dan jauh dari objek yang difoto sehingga berhasil mengaburkan latar belakang yang blur.
Namun biasanya ada kendala yang ditemui adalah latar belakang hasil blur yang tidak sesuai degan keinginan. Dalam beberapa samarphone telah menyematkan teknologi kamera dengan deteksi kedalam yang pintar, salah satunya Xiaomi Redmi Note 8.
Smartphone tersebut sudah dibekali dengan quad-camera 48MP dengan 2MP lensa deteksi kedalaman (depth). Teknologi ini bisa memungkinkan pengguna untuk megatur tingkat blur pada latar belakang foto melalui fitur aperture 25 tingkat. Ada juga teknologi AI Portrait yang membuat foto portrait makin mengesankan, tanpa banyak usaha. Foto produk yang dihasilkan akan lebih sesuai mulai ketajaman dan kesesuaian yang diinginkan.
Meski menggunakan kamera smartphone, foto produk bisa dapat tampil menarik seperti layaknya pemotretan dengan kamera profesional.
Bagaimana mudah bukan? Mau berjualan online bisa tetap kece fotonya dan menambah kesan yang profesional.
Semoga bisa bermanfaat. Sampai jumpa.

Add a Comment