Cara Membeli Aplikasi Berbayar di Play Store

Cara Membeli Aplikasi Berbayar di Play Store – Sekarang banyak sekali aplikasi game, atau coin yang ada di Google Play Store secara gratis. Namun ada banyak pula aplikasi berbayar yang hanya bisa digunakan kalau anda membayar. Dengan cara membeli aplikasi berbayar di Play Store.


Bagi pertama kali pengguna pasti akan agak bingung bagaimana cara pembelian aplikasi berbayar tersebut. Nah berikut ini adalah cara membeli aplikasi berbayar di Play Store. Sebelum itu ada harus membuat penambahan pembayaran Google Play Store dengan tagihan operator langsung (pemotongan pulsa).

Cara Menambah Pembayaran Di Google Play Store

  1. Masuk ke Google Play Store yang ada di Smartphone anda, lalu anda akan mendapatkan halaman utama Google.
  2. Pilih menu dan pilih My Account / Akun Saya.
  3. Lalu klik Payment Methods / Metode Pembayaran
  4. Lalu pilih Use (nama operator Anda) billing / Gunakan tagihan (nama operator Anda)
  5. Kemudian anda akan menerima SMS saat metode pembayaran menggunakan pulsa sudah dilakukan dan anda akan mengisi formulir identitas diri dalam aplikasi Google Play.
  6. Kalau cara ini berhasil maka akan muncul tagihan pulsa pada akun anda.
    NB:
    Anda mungkin akan melihat SMS yang di awali dengan “DCB_Association” di ponsel yang sudah terdaftar untuk tagihan operator. Pesan DCB_Association otomatis dibuat dan dikirim untuk menyelesaikan pendaftaran tagihan operator langsung untuk akun anda.

Cara Membeli Aplikasi Berbayar Di Play Store

  1. Masuk ke halaman utama Google Play Store
  2. Klik Setuju / Accept
  3. Kemudian Beli / Buy
  4. Lalu masukkan kata sandi di halaman yang ada, lalu klik konfirmasi / confirm
  5. Lalu anda akan menerima SMS dari operator anda.
  6. Kemudian anda akan di bawa ke halaman untuk konfirmasi pembelian jika sudah berhasil. Kalau ini merupakan pembelian pertama anda maka anda di tanyai apakah perlu dimintakan kata sandi setiap anda bertransaksi. Sesuaikan dengan yang anda butuhkan.
  7. Transaksi sudah selesai.


Kadang ada beberapa keluhan saat melakukan tagihan pembayaran aplikasi.

Tagihan Tidak Terlihat Dalam Operator


Kalau anda mengalami hal tersebut, maka anda harus pastikan beberapa hal :

  1. Anda menggunakan jaringan internet hanya dari operator anda. Nonaktifkan Wifi dan pasang kartu SIM yang akan digunakan pada SIM 1.
  2. Tagihan operator akan tersedia kalau anda menggunakan aplikasi Google Play Store. Ingat! Opsi ini tidak akan tersedia di dalam situs web Google Play pada komputer atau browser seluler.
  3. Pastikan anda menggunakan salah satu operator diantaranya Indosat, Smartfren, Telkomsel, XL/AXIS, Tri. Dan sudah memilih mata uang Rupiah sebagai mata uang penagihan.

Bagaimana Untuk Melihat Pembayaran Operator yang Tidak Muncul Ketika Membeli Aplikasi


Setelah melakukan penambahan pembayaran operator, dibutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk menambahkan opsi tersebut di akun aplikasi Google Play Store anda. Kalau sudah lebih dari 15 menit belum muncul, anda lakukan restart perangkat anda dan masuk kembali ke aplikasi Google Play.


Sudah Melakukan Pembelian Intem Aplikasi dan Menerima SMS Akan Tetapi Belum Menerimanya


Dibutuhkan waktu sekitar 24 jam agar anda dapat menerima intem dalam aplikasi. Jika waktu sudah melebihi batas 24 jam maka anda bisa mencari panduan langsung dari Google Play Store mengenai masalah pembelian aplikasi.


Ingin Berlangganan Menggunakan Pulsa Tapi Selalu Ditolak


Ingat tidak semua operator menyediakan pembayaran berlangganan dengan pulsa di Google Play Store, untuk masalah seperti ini anda bisa menanyakan langsung pada operator yang anda gunakan.

Tidak Bisa Melakukan Verifikasi Akun


Sudah memastikan menggunakan jaringan internet operator anda. Periksa perizinan aplikasi Google Play Store Anda (Setelan > Aplikasi > Google Play Store > Perizinan > SMS > Aktifkan).


Bisa dicoba untuk mencabut terlebih dahulu kartu SIM yang terdapat pada SIM2 jika Smartphone anda dual SIM, lalu lakukan penghapusan data Google Play Store dan Google Play Service (Setelan > Aplikasi > Google Play Service / Google Play Store > Hapus Data)


Pulsa Sudah Cukup Untuk Melakukan Pembayaran Namun Selalu Ditolak


Pembelian aplikasi sendiri di kenakan tagihan langsung dari operator, umumnya akan dikenakan pajak 10% dan biaya tambahan sebesar 20%. Maka dari itu pastikan kembali dengan operator mengenai pembayaran tersebut.


Sudah Melakukan Pembelian Melalui Akun A, Apakah Bisa Pindah Ke Akun B?


Ini perlu menjadi perhatian, sayangnya saat anda sudah melakukan pembelian menggunakan akun A maka anda tidak bisa dipindah ke akun lain. Akan tetapi kalau anda bertukar akun yang sama, maka anda bisa mengunduh aplikasi yang sudah anda beli.

Cara Mengubah Pembayaran Dari Pulsa ke Metode lain

  1. Masuk aplikasi Google Play
  2. Klik menu, kemudian ke Metode pembayaran ->Setelan pembayaran lainnya.
  3. Kalau di minta, login ke pay.google.com.
  4. Ingin mengubah metode pembayaran klik Edit.
  5. Buat perubahan
  6. Sudah selesai dan tap akan diperbarui.

Saat Melakukan Pembelian Selalu Dibatalkan


Pembelian yang tidak disetujui oleh operator akan dibatalkan. Untuk bantuan pembelian tagihan operator yang tidak berhasil bisa menghubungi penyedia layanan seluler.


Jika Pembelian Dibatalkan, Kapan Pulsa Akan Dikembalikan?


Bagi operator prabayar 1-7 hari kerja. Waktu pengembalian tergantung dati operator anda dan kadang membutuhkan waktu lebih lama.


Operator pascabayar, laporan 1-2 bulan. Prosesnya juga dipengaruhi oleh operator, untuk pengembalian dana akan muncul dalam laporan per 2 bulan. Kalau memakan waktu lama maka hubungi operator untuk memeriksa statusnya.

Itulah cara membeli aplikasi berbayar di Play Store beserta kaitan masalah yang sering dialami pengguna dan solusinya. Bila masih belum terselesaikan maka anda bisa menghubungi pihak terkait operator atau Google Play Store.


Semoga bermanfaat.

Baca Juga : 4 Cara Memilih Aplikasi Android Baik dan Aman untuk Smartphone

Add a Comment