Cara Memanfaatkan Promo Belanja Online Hemat

Cara Memanfaatkan Promo Belanja Online Hemat – Semua orang pasti senang kalau mendengar promo belanja. Terlebih belanja online yang sudah menjadi budaya sendiri. Bisnis e-commerce marketplace di Indonesia memberikan berbagai promo dan diskon menarik untuk pengguna. Promo yang di tawarkan gratis ongkir, promo cashback, promo potongan harga, dsb. Mengemasnya dengan semenarik mungkin agar konsumen tertarik.

Karena promo menarik inilah yang membuat konsumen merasa diuntungkan, tapi jangan sampai nggak sadar untuk mengontrol pengeluaran. Bengkak jadinya kalau sampai di luar batas, nah apa beberapa cara yang bisa dilakukan saat ada promo belanja online untuk penuhi kebutuhan.

Ketahui Kebutuhan

Ada promo, mau beli barang hal terpenting adalah mengetahui kebutuhan anda. Mempertimbangkan apakah barang yang ingin dibeli itu dibutuhkan. Kadang sering membeli suatu barang karena terlihat

Anda membuat daftar barang-barang yang dibutuhkan ketika ingin memanfaatkan promo belanja. Kalau kebetulan yang promo itu barang yang anda butuhkan segera beli. Lumayan untuk memangkas pengeluaran dalam jumlah cukup besar dengan memanfaatkannya secara cermat.

Perhatikan Syarat dan Ketentuan Promo

Kualitas barangnya juga diperlukan nih, jangan sampai itu barang palsu atau kualitsanya rendah banget. Penjual sering memberi potongan barang karena sudah lama tersimpan barangnya. Sebelum itu anda dapat bertanya pada penjual mengenai hal penting seperti tanggal kadaluarsa, kondisi barang, dan semacamnya.

Membaca review dari orang-orang sebelumnya yang telah membeli barang tersebut melalui promo belanja. Cermati dengan detailnya satu persatu dan perhatikan unggahan fotonya, riview bisa menjadi patokan kualitas barang.

Cara Memanfaatkan Promo Belanja Online Hemat

Belanja Seperlunya

Seperlunya saja ya kalau mau membeli kebutuhan yang kebutuhan itu saja, sangat perlu ditekan kalau ada promo seperti ini. Terkadang ada penjual yang menjual barang dengan diskon kalau kita membeli lebih dari satu.
Terlihat hemat sah tapi kalau barang tersebut bukan barang yang penting akan menjadi hal pemborosan, pikirkan dahulu dengan baik kalau ingin membeli barang.

Manfaatkan Fitur Cashback

E-commerce marketplace yang memberikan promo belanja online berupa cashback bisa dimanfaatkan dengan menggunakan fiturnya selama belanja online. Cashback yang diberikan dapat berupa koin yang bisa anda gunakan untuk membeli keperluan lain seperti pulsa, token listrik, paket internet atau berbelanja barang lain. Adanya cashback secara tidak langsung menguntungkan anda.

Cara Memanfaatkan Promo Belanja Online Hemat

Lakukan Perbandingan Harga

Perbandingan harga itu penting. Ada barang promo di toko A lebih mahal dibandingkan dengan toko milik K yang tidak menggunakan promo. Membandingkan barang perlu dilakukan agar bisa menghemat pengeluaran. Harga juga membuat anda lebih tahu harga normal suatu barang di pasaran.

Baca juga: Contoh Penipuan Belanja Online Serta Pencegahannya

Beri Batasan Uang Belanja

Batasan uang yang dikeluarkan untuk belanja online memang perlu. Apapun yang dibeli pastikan anda memiliki batasan jumlah pengeluaran yang dibelanjakan. Menggunakan batasan biaya akan menekan anda untuk membeli barang yang lebih penting agar tidak kalap saat belanja. Uang yang dibatasi untuk pengeluaran, sehingga tidak ada tambahan pengeluaran sekecil apapun.

Cara Memanfaatkan Promo Belanja Online Hemat

Cek Ulang Sebelum Membayar

Cek ulang sebelum anda melakukan pembayaran barang. Satu persatu barang yang mau anda beli cek sekali lagi. Pertimbangan akhir barang termasuk penting untuk dibeli. Pikiran anda jauh lebih jernih dibandingkan saat pertama kali membeli sebab barang terlihat menarik. Eit, jangan buang-buang uang untuk hal yang tak penting, lakukan tahap ini dengan teliti.

Cari Lokasi Pengiriman yang Dekat

Percuma jika anda mendapatkan promo belanja namun ongkos kirimnya cukup besar. Nggak ada bedanya kalau sedang tidak promo, sebelum anda tertarik dengan harga promo barang, pastikan lokasi pengiriman barang tersebut cukup dekat dari tempat tinggal anda jadi anda bisa memilih situs yang menawarkan ongkir gratis.

Cara Memanfaatkan Promo Belanja Online Hemat

Jangan Terlalu Sering Membuka Situs Belanja

Berselancar di situs belanja merupakan kegiatan menyenangkan untuk mengisi waktu, jangan sering membuka ya? Kalau berniat untuk menghemat usahakan tidak terlalu seiring membuka situs belanja. Hasrat perlu ditahan dalam berbelanja caranya dengan menjahui sumbernya. Bukan berarti anda tidak boleh membuka situs belanja, buka seperlunya saja ketika anda perlu untuk membeli beberapa kebutuhan.

Alokasikan Uang untuk Keperluan Lebih Penting

Mengalokasikan uang itu memang penting ya, terlebih kalau mau berbelanja. Mata suka jelalatan mau ini itu kalau ada promo, tapi perhatikan manfaat dari barang yang anda dapatkan. Seperti anda tertarik mau membeli sepatu karena sedang diskon, namun disisi lain anda sudah memiliki banyak sepatu. Apakah anda memang memerlukannya, membutuhkannya, pikir kembali apa saja kebutuhan lain yang bisa anda dapatkan sesuai dengan nominal harga sepatu tersebut.

Cara Memanfaatkan Promo Belanja Online Hemat

Memasukkan nominal uang yang sama untuk pos-pos kebutuhan lebih penting seperti melakukan investasi, menabung untuk dana darurat, atau membeli asuransi. Akan sangat berguna untuk masa depan. Pernah dengar mengalokasikan uang untuk produk asuransi? Terdengar aneh ya tapi berguna juga. Daripada anda menghabiskan untuk hal yang berbau tidak penting lebih baik gunakan untuk masa depan.

Semoga infonya bermanfaat.

Add a Comment