Cara Hemat Token Listrik Prabayar Efektif


Cara Hemat Token Listrik Prabayar Efektif – Memang biaya listrik turut menjadi perhatian , ceroboh dalam menggunakannya maka anda bisa membuat pemborosan listrik. Sebenarnya hal tersebut bisa diminimalisir dalam hal pemakaiannya. Semua tergantung dari diri dan orang rumah.

Lalu bagaimana cara hemat token listrik prabayar? Sebelum bahas bagaimana cara hematnya. Lebih baik bahas dulu apa itu listrik prabayar.
Listrik prabayar.


Bisa disebut sebagai listrik token (pulsa) sudah mulai dikembangkan. Ada banyak rumah dan tempat usaha yang menggunakan token listrik.

Kelebihannya anda tidak perlu mengantri di PLN untuk membayar tagihan listrik setiap akhir bulan. Kalau listrik sudah habis maka anda bisa mengisi token melalui bank atau marketplace dan mendapatkan kode. Dan kode tersebut diisikan ke meteran dan pulsa listrik bertambah.

Tips Menghemat Listrik Pulsa atau Listrik Token


Nah sekarang bagaimana cara hemat listrik prabayar, agar listrik pulsa tidak membengkak karena boros. Kalau semakin sering mengisi pulsa maka pengeluaran akan semakin bertambah. Nah, berikut cara hemat listrik prabayar yang bisa anda terapkan baik di rumah maupun di kost.

Catat Daftar Alat Elektronik yang Digunakan


Langkah cara hemat token listrik prabayar yang pertama adalah dengan membuat catatan alat elektronik yang anda gunakan. Terutama anda yang memiliki banyak kegiatan berkaitan alat elektronik di rumah. Beri nomor, nama barang, dan daya yang dihabiskan. Maka anda bisa menentukan mana alat listrik yang boros dan hemat. Alat listrik dengan daya yang tinggi akan memakan banyak kuota listrik. Membuat pengeluaran anda semakin bengkak, jadi jangan menggunakannya kalau memang tidak penting.

Mematikan Alat Elektronik Jika Tidak Digunakan


Mematikan alat elektronik saat tidak digunakan bisa mengurangi biaya listrik dengan efektif. Kalau membiarkan alat terus menerus menyala, seperti magic com yang terus-menerus aktif, lampu kamar, dan kulkas, akan membuat listrik boros. Anda biasa mensiasatinya dengan menggunakan alat listrik dengan alat lainnya, dan tentu bisa mengurangi biaya listrik.


Anda bisa menempelkan stiker jam sebagai pengingat penggunaan lamanya alat listrik. Seperti pada lampu hanya boleh dinyalakan mulai 17.00 sampai 05.00. bisa menempelkan stiker di kontak lampu, sehingga akan lebih mudah mengingatnya.


Selain itu televisi juga turut dalam kategori alat listrik yang boros, kalau sudah merasa mengantuk sebaiknya langsung matikan televisinya saja. Akan lebih baik kalau listriknya digunakan untuk keperluan lainnya yang lebih penting.

Menggunakan Lampu LED


Cara untuk hemat listrik prbayar yang paling mudah adalah dengan menggunakan lampu LED. Sudah pasti penggunaan lampu tidak bisa dihindari. Terlebih untuk ruangan yang kurang mendapatkan pencahayaan sinar matahari.


Memang lampu LED harganya mahal, namun pengeluarna tersebut akan sebanding dengan energi yang digunakan jauh lebih hemat.sebuah lampu bohlam yang tingkat dya 60 watt tingkat kecerahannya sama dengan LED 7 Watt. Sedangkan usia lampu LED lebih panjang disbanding bohlam biasa.

Dan tentunya bisa di simpulkan meski pengeluaran besar di awal namun bisa tetap hemat jangka lama.

Menggunakan Laptop daripada Komputer PC


Meteran yang boros bisa disebabkan Karena penggunaan PC dalam jangka panjang atau tanpa henti. Kalau anda menghabiskan waktu di depan layar dalam waktu lama, maka sebaiknya gunakan laptop saja. Daya yang dibutuhkan untuk charge laptop jauh lebih sedikit dibandingkan dengan menggunakan PC yang terus tersambung listrik.


Penggunaan laptop akan jauh lebih praktis. Anda bisa membawa laptop kemanapun, bahkan ke kamar sekalipun. Pekerjaan bisa diselesaikan tepat waktu dan tagihan listrik tidak membengkak.

Mengurangi Penggunaan Magic Com


Alat listrik yang memerlukan daya yang besar saat penggunaannya adalah memasak nasi menggunakan magic com. Agar bisa lebih hemat anda bisa memasak air menggunakan kompor, sehingga menanak nasi tidak memerlukan waktu lama. Jadi bisa lebih hemat.

Menggunakan Setrika Otomatis


Dalam mengatur suhu panas dalam setrika juga memakan daya yang besar. Aar lebih hemat amka pilih setrika yang otomatis langsung mati ketika suhu terlalu tinggi. Selain itu bisa menurunkan daya listrik, setrika otomatis tidak akan membuat pakaian anda berlubang karena suhu yang terlalu panas.

Tidak Menggunakan Pengering Saat Musim Panas


Mesin cuci menjadi kebutuhan pokok di rumah, terutama ibu rumah tangga yang memiliki segudang aktifitas. Tidak hanya untuk mencuci tapi bisa digunakan membilas dan mengeringkan. Agar lebih hemat maka gunakan sinar matahari saja, terlebih sinar matahari sedang terik. Pemakaian pulsa listrik yang berlebihan akan menguras daya listrik.

Menggunakan Kode Penghemat Listrik Token


Cara hemat listrik parabayar yang terakhir ialah menggunakan kode penghemat listrik, mengingat cara untuk mendapatkan token listrik gratis memiliki keamanan yang cukup ketat. Maka anda hanya bisa melakukan penghematan. Anda bisa melakukan hack pada meteran listrik parabayar dengan memasukkan kode penghemat.

Setiap meteran memiliki tombol dengan kombinasi angka yang akan memunculkan fungsi yang berbeda. Selain digunakan untuk memasukkan kode listrik akan tetap menyala.

Selain itu ada banyak fungsinya. Anda bisa mencari tambahan informasi di sumber lain mengenai perbedaan merk meteran yang akan mempengaruhi perbedaan kode tombol.

Baca Juga : 7 MASALAH LISTRIK INI JANGAN DITANGANI SENDIRI


Semoga infonya bermanfaat.


Sampai jumpa.

Add a Comment