12 Cara Hemat Kuota Internet Mudah dan Efektif

12 Cara Hemat Kuota Internet Mudah dan Efektif – Sekarang agaknya sulit untuk tidak melakukan kegiatan tanpa menggunakan Internet. Akses internet membuat orang tidak merasa kesepian karena jarak yang terbentang. Dapat menggunakan video call lewat aplikasi WhatsApp atau free internet call, Anda dapat berinteraksi dengan keluarga, teman, dan kolega dengan sangat mudah.

Ada juga beberapa konten hiburan yang bisa mendidik sekaligus ebagai mencairkan suasana. Main youtube, streaming film, bermain game online, online shopping, sampai berselancar di media sosial seperti twitter, Instagram, Facebook, atau TikTok. Untuk bisa mengaksesnya tentu membutuhkan banyak kuota data.

Cara Hemat Kuota Internet Mudah dan Efektif

Agar bisa mengakses internet namun bisa hemat kuota data, sebaiknya tahu bagaimana mengatur penggunaan paket data anda dengan bijak.

Kuota internet ada dua macam, dan mungkin anda masih belum tahu tentang hal ini.

  1. Kuota internet umum atau nasional

Kuota yang bisa anda gunakan di seluruh wilayah dalam negeri. Selama masih di wilayah Indonesia tercinta ini anda masih bisa mengakses internet.

  1. Kuota internet lokal

Nah beda lagi untuk kuota lokal yang hanya bisa digunakan di wilayah saat anda mengaktifkannya. Hanya bisa mengakses internet di zona tertentu saja. Jika berada di luar zona maka tidak bisa akses internet.

Cara Hemat Kuota Internet Mudah dan Efektif

Nah sudah tahu pembagian kuota, maka dari itu harus bisa memilih paket internet yang sesuai dengan kebutuhan anda. Menghemat paket internet adalah yang terpenting supaya penggunaan efektif. Berikut caranya.

Aktifkan notifikasi peringatan dan batasi penggunaan data

Untuk mengaktifkan notifikasi ini, mungkin di beberapa versi ponsel memiliki menu yang berbeda. Tapi fungsinya sama.

iOS, masuk ke menu pengaturan data seluler. Akan tetapi statistik data tidak otomatis mengatur setiap bulan penggunaan data. Jadi anda harus mengatur ulang untuk setiap notifikasinya kembali.

Ponsel andorid, menu ini hanya terdapat pada versi 4.0 atau versi yang lebih baru. Bisa memeriksa data dan bisa mengatur peringatan penggunaan data, atau batasan kuota. Pada setiap ponsel agak berbeda namun intinya sama.

Gunakan wifi sesering mungkin

Dengan menggunakan wifi adalah cara yang efektif mengatur penggunaan internet. Saat di rumah saja gunakan wifi. Pastikan sinyal wifi stabil, kalau buruk kuota data akan tersedot. Kalau sinyal lemah sebaiknya matikan dulu koneksi wifinya.

Cara Hemat Kuota Internet Mudah dan Efektif

Matikan koneksi internet pada saat tidak digunakan

Matikan koneksi data ada bila tidak sedang menggunakan internet. Seperti saat anda sedang tidur, ini akan menghemat penggunaan kuota.

Menggunakan mode offline

Menggunakan mode offline untuk menghemat kuota adalah cara yang menarik. Menggunakan aplikasi seperti youtube atau goole maps. Tidak hanya itu aplikasi layanan musik streaming bisa diubah menjadi offline, namun unduh dahulu musiknya.

Mode auto download dinonaktifkan

Mode auto download akan berbahaya untuk kuota internet. Sebab semakin banyak anda memperbaharui aplikasi maka semakin banyak juga kuota yang tersedot dalam waktu bersamaan. Lakukan jika anda berada di lingkungan wifi. Ubah kebiasaan browsing dan mengurangi konten yang di unduh.

Cara Hemat Kuota Internet Mudah dan Efektif

Batasi aplikasi

Ada beberapa aplikasi yang banyak menyedot kuota. Anda perlu mengetahui mana aplikasi yang menyedot banyak kuota. aplikasi sudah ditemukan dan tidak dibutuhkan langsung uninstal saja. Ganti dengan aplikasi yang hemat kuota.

Pastikan aplikasi location tidak digunakan

Matikan aplikasi navigasi, maps, atau location jika tidak digunakan. jangan menggunakannya sepanjang waktu ini akan menghabiskan banyak paket data. Matikan saja kalau tidak digunakan. Sedang traveling bisa mengunduh peta area terlebih dahulu.

Hindari menggunakan streaming

Usahakan tidak melakukan streaming video jika menggunakan internet. Lakukan saja saat anda sedang terhubung dengan wifi. Dengan begini anda bisa mengunduh dengan leluasa dan tidak menghabiskan kuota.

Cara Hemat Kuota Internet Mudah dan Efektif

Berlangganan layanan streaming dengan opsi offline

Vidoe adalah hal yang bisa menghabiskan banyak internet. Kalau anda menggunakan konten you tube, gunakan saja YouTube Red yaitu layanan premium berlangganan, sekitar $10 per bulan. Meski mahal, ini akan jauh lebih hemat daripada menggunakan kuota. Aplikasi ini bisa menyimpan video ke perangkat anda dan bisa memiliki layanan musiknya.

Anda bisa menggunakan aplikasi yang menyedikan konten online. Contohnya Apple Music, Google Play Music, dan Spotify. Bisa membuat daftar musik yang mau didengarkan dengan offline, namun anda perlu ruang untuk menyimpan kontennya.

Ubah kebiasaan browsing

Kebiasaan melakukan browsing, lebih baik pilih versi seluler untuk situs web pada perangkat seluler saat browsing. Hindari menggunakan versi dekstop agar hemat.

Kompresi data di Google Chrome

Kalau anda menggunakan chrome, ketuk menu di titik tiga bagian atas kanan. Pilihlah pengaturan dan pilih hemat data. Chrome otomatis mengompres penggunaan halaman sebelum mengunduhnya. Atau bisa menggunakan Opera Mini yang sudah memiliki fitur otomatis menghemat data.

Gunakan airplane mode sebagai penyelamat

Menggunakan mode airplane adalah untuk menghentikan penggunaan data anda. Ini berguna untuk menyimpan sisa kuota internet dalam keadaan darurat. Mode ini akan memblokir semua transfer data di ponsel anda menjadi 0%.

Cara Hemat Kuota Internet Mudah dan Efektif

Keuntungan Menghemat Kuota Internet

Mampu menghemat penggunaan data internet memiliki banyak keuntungan. Di antaranya:

  1. Membuat keuangan stabil

Semakin besar data yang digunakan maka semakin besar pulsa biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli paket data. Akan tetapi jika anda berhasil menggunakannya sampai batas waktu sebulan, maka bisa menjatah kuota untuk ke depannya.

  1. Perangkat lebih awet dan tahan lama

Menggunakan HP dengan terus menerus dapat merusak kinerja lho? Karena perangkat yang terus menerus digunakan akan rentan menghadapi kerusakan. Dan penggunaan tidak bisa bertahan lama.

  1. Memperpanjang usia baterai

Ingat ponsel hanya bisa digunakan kalau daya masih penuh. Semakin sering menggunakan ponsel maka akan membuat baterai semakin rentan rusak. Gejalanya naiknya suhu baterai, dan terasa panas saat di sentuh.

  1. Kinerja gadget lebih baik

Menghemat kuota berarti tidak menggunakan ponsel terus menerus. Ini akan membuat kinerja gadget semakin baik. Sebab aktifitas perangkat berkurang. Jadi ponsel akan lebih renponsif dan jarang mengalami error.

Tips Penting Menghemat Kuota Internet

Selain tips di atas ada beberapa tips yang bisa anda tmabhakan dalam menghemat data.

  1. Streaming video YouTube

Cek kualitas video terlebih dulu. Pilih standar dan hindari kualitas video di atas 720 pixel.

  1. Aplikasi WhatsApp

Matikan saja format auto download media, anda bisa mengunduh yang penting saja.

  1. Video conference

Kalau anda memang harus menggunakan video conference, perhatikan beberapa hal. Matikan mute video jika Anda tidak perlu menampilkan wajah dan mute microphone jika tidak diminta untuk berbicara.

Cara Hemat Kuota Internet Mudah dan Efektif

Bagaimana? Terlihat sepele bukan tipsnya, tapi kalau anda disiplin menerapkannya maka bisa menabung masa depan anda. Menghemat keuangan sangat perlu dilakukan demi kesejahteraan masa depan.

Semoga infonya bermanfaat.

Selamat mencoba.

Add a Comment