Cara Hemat Kuota Dengan Kontrol Aplikasi

Cara Hemat Kuota Dengan Kontrol Aplikasi – Sekarang dunia maya sudah menjadi dunia nyata ke dua bagi manusia jaman sekarang. Berlama-lama dengan smartphone sudah menjadi hal yang umum dan lumrah untuk jaman sekarang ini. Ngobrol melalui smartphone terasa jauh lebih menarik dibandingkan ngobrol langsung dengan sesama teman-teman. Semua kegiatan tersebut tidak dapat dilakukan jika smartphone yang digunakan tidak memiliki koneksi internet. Untuk mengakses internet kita harus membeli paket kuota internet.

Ketika sedang asyik bermain di dunia maya, tiba-tiba kuota internet habis. Dan kita harus membeli lagi paket kuota internet agar bisa terkoneksi dengan internet kembali. Agar kita tidak sering membeli kuota internet dalam waktu satu bulan, kita harus bisa mengukur kuota minimal yang digunakan untuk internetan. Jika sudah tahu minimal kuota yang digunakan dalam waktu satu bulan, kita bisa membeli paket internet dengan besaran yang sesuai dengan yang kita konsumsi sebulan.

Cara Hemat Kuota Dengan Kontrol Aplikasi

Anda dapat menggunakan aplikasi Onavo Count untuk mengetahui besaran kuota dalam satu bulan yang kita habiskan, aplikasi tersebut akan menghitung besaran kuota yang dikonsumsi aplikasi yang sudah terinstal di smartphone kita.

Instagram

Ingin berbagi foto atau video, aplikasi instagram ini banyak sekali peminatnya. Sebab pengguna smartphone suka mendokumentasikan aktifitas mereka sehari-hari dengan foto dan video. Jika kita posting satu foto dan berbagi love dalam sehari membutuhkan minimal 5 MB. Kalau dalam sebulan kita bisa kalikan sendiri dengan jumlah hari dalam sebulan, misal dalam sebulan 30 hari jadi 5 MB x 30 sama dengan 150 MB dalam sebulan jika kita posting foto sekali dalam satu hari.

Facebook

Facebook tidak menghabiskan kuota sebesar Instagram. Di Facebook untuk posting mengunggah satu status dan melakukan 10 like postingan, dan memposting satu foto, Facebook hanya mengambil 2 Mb saja. Kalau dalam sebulan minimal anda memerlukan 60 Mb. Akan tetapi kebutuhan kuota bisa bertambah sampai 200 MB kalau kita sering berbalas komentar, melihat video menarik dan lainnya.

Cara Hemat Kuota Dengan Kontrol Aplikasi

Google Chrome

Nah, bagi anda yang suka informasi tertentu aplikasi yang sering digunakan adalah Google Chrome untuk mencari informasi yang diinginkan. Ternyata aktivitas Google Chrome juga banyak menghabiskan banyak kuota juga lho, jika kita masuk dalam dua artikel saja bisa menghabiskan 5 MB, anda dapat mengujinya menggunakan aplikasi Onavo Count.

BBM dan WhatsApp

Aplikasi cahatting yang satu ini banyak sekali penggunanya, BBM dan WhatsApp ini merupakan aplikasi yang ramah kuota. Melakukan aktifitas chatting dengan dua grup dan melihat update BBM hanya perlu 800 KB saja. Untuk aplikasi WhatsApp hanya perlu 9 Kb saja untuk berbalas 9 chat. Kedua aplikasi ini merupakan aplikasi favorit bagi setiap pengguna smartphone.

YouTube

Di youtube menonton video berdurasi 15 menit hanya butuh 16 MB saja, berbeda jika anda gemar melakukan streaming video di aplikasi Youtube pasti akan menghabiskan kuota banyak.

Untuk aplikasi yang lainnya yang berpotensi menghabiskan kuota adalah seperti aplikasi game, aplikasi musik online. Tetapi ada dua aplikasi yang ramah kuota sejenis aplikasi chat.

Cara Hemat Kuota Dengan Kontrol Aplikasi

Jadi jika semua dihitung di atas dapat diprekdisikan besaran kuota internet yang dibutuhkan minimal 5 GB. Akan tetapi jika anda memanfaatkan koneksi wifi, kuota kita akan jauh lebih hemat. Ukuran paket internet yang harus dibeli minimal 5 GB agar anda tidak sering melakukan isi ulang paket internet.

Seperti itulah gambaran kurang lebih dari kuota yang dibutuhkan dalam satu bulan. Kita dapat menghitung lebih detail dengan menggunakan aplikasi penghitung kuota.

Baca juga: 10 Aplikasi Hemat Data Internet Terbaik

Mulai sekarang selalu control ya penggunaan aplikasinya, biar tahu bagaimana anda bisa menjatah kuota anda perbulannya.

Semoga infonya bermanfaat.

Add a Comment