Cara Cerdas Mengatasi Ngantuk Saat Jam Kerja

Cara Cerdas Mengatasi Ngantuk Saat Jam Kerja – Ngantuk saat menjalankan aktivitas terutama jam kerja sudah merupakan hal yang lazim dialami banyak orang. Setiap tingkatan mengantuk yang dialami orang berbeda, ada yang biasa sampai mengalami ngantuk yang berat.

Di sela aktivitas mengantuk adalah hal yang wajar, tapi kalau terus terjadi maka akan menghambat aktivitas sehari-hari. Di saat jam kerja juga merusak fokus. Banyak faktor mengapa kita sering merasa ngantuk di sela jam aktivitas, seperti kurang minum air putih, memiliki kualitas tidur yang buruk, serta asupan makanan tidak terkontrol.

Tak sedikit orang yang mengorbankan jam tidur demi memenuhi tuntutan pekerjaan. Padahal, jam istirahat yang kurang akan menyebabkan rasa kantuk muncul pada keesokan harinya.

Cara Cerdas Mengatasi Ngantuk Saat Jam Kerja

Siapa yang menduga ngantuk bisa datang siapa saja dan kapan saja, saat belajar, bahkan saat menyetir kendaraan. Tanda ini sering mengiringi rasa ngantuk dan membuat untuk berkonsentrasi sangat sulit dan tidak bisa mengendalikan emosi. Akan tetapi jangan khawatir, anda bisa mengatasinya dengan berbagai cara, sebelumnya ketahui dulu penyebab mengapa anda sering mengantuk sehingga bisa mengatasinya dengan tepat.

Penyebab Umum Mengantuk Saat Aktivitas

Insomnia

Ini adalah kondisi dimana orang memiliki kesulitan tidur, terlebih disaat jam tidur. Kesulitan memejamkan mata dan terus terjaga sampai dini hari bahkan pagi hari dan akibatnya pada jam aktivitas merasa sangat mengantuk karena kurang tidur.

Efek kurang tidur ditandai dengan mudah mengantuk, kesulitan mengendalikan emosi, respon melambat. Sebagian besar ditandai karena kurang tidur, tapi kebanyakan tidur juga menyebabkan mengantuk di sela aktivitas, kenapa? Umumnya jam tidur normal adalah 6 sampai 8 jam sehari. Seseorang yang kelebihan jam tidur atau diatas normal maka akan mudah mengantuk keesokan harinya.

Tekanan Seperti Stres dan Depresi

Salah satu penyebab mengapa orang kesulitan tidur pada malam hari adalah tekanan seperti depresi dan stres. Kurang nyaman tidur di malam hari dan merasa mengantuk pada siang hari. Kondisi ini dapat dikaitkan dengan beberapa gangguan tidur seperti insomnia, apnea tidur obstruktif, dan sindrom kaki gelisah (restless legs syndrome).

Cara Cerdas Mengatasi Ngantuk Saat Jam Kerja

Kurang Minum Air Putih

Dehidrasi pada tubuh membuat tubuh menjadi cepat lelah dan merasa mengantuk. Peran air putih sangat penting untuk sumber kehidupan sebagai kunci memastikan bahwa sistem tubuh bekerja dengan baik dan bisa memaksimalkan energi dalam melakukan aktivitas. Penuhi asupan air putih anda sesuai dengan kebutuhan badan pastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Faktor Makanan dan Minuman

Apapun yang masuk ke dalam tubuh menjadi pemicu kondisi tubuh, pada makanan dan minuman tertentu bisa menyebabkan rasa ngantuk. Misal terlalu banyak makan atau minum yang tidak sehat bisa menyebabkan ngantuk. Beberapa termasuk mengkonsumsi kafein terlalu banyak bisa menyebabkan ngantuk terlebih alkohol. Dianjurkan agar selalu menerapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi secara teratur.

Cara Cerdas Mengatasi Ngantuk Saat Jam Kerja

Kurang Bergerak Aktif

Banyak berdiam diri di depan komputer atau di balik meja membuat tubuh merasa sangat lelah dan mengantuk. Mengatasinya anda bisa olahraga kecil yang tidak menimbulkan suara tapi membuat bagian tubuh anda bergerak. Buat sirkulasi darah di dalam tubuh akan berjalan dengan lancar.

Obat-obatan

Obat-obatan seperti obat untuk mengatasi penyakit tertentu, seperti hipertensi, asma, atau gangguan jantung memiliki efek samping mengantuk. Dalam kasus kondisi medis tertentu mengantuk bisa terjadi pada beberapa penyakit seperti anemia, diabetes mellitus, hingga malnutrisi.

Cara Cerdas Mengatasi Ngantuk Saat Jam Kerja

Sudah mengetahui gejalanya, agar tidak mengganggu produktivitas kerja berikut cara mengatasi ngantuk saat aktivitas.

Istirahat Sejenak

Istirahat sejenak dan jangan terlalu memaksakan. Jika dipaksakan dapat merusak kinerja otak. Tidur siang atau power nap merupakan cara menghilangkan ngantuk berat yang menyerang sela aktivitas anda.

Bermanfaat membuat tubuh menjadi lebih rileks dengan efektif dan lebih dalam terutama otak. Masalah tempat istirahat tidak ada anda bisa tidur di meja kerja sejenak dengan posisi duduk. Tidur siang yang ideal adalah sekitar 15-20 menit. Rentang waktu kurang maka tubuh tidak merasakan manfaatnya, sebaliknya kalau berlebihan membuat tubuh menjadi lesu dan lebih mengantuk.

Bergerak

Pada penjelasan sebelumnya, mengantuk bisa disebabkan karena kurang bergerak aktif. Cobalah beranjak dari tempat duduk dan berjalanlah mengitari lingkungan kantor selama 10 menit. Jantung memompa lebih banyak darah kaya oksigen menuju pembuluh darah, otak, dan otot. Berjalan kaki, pasokan oksigen dapat menjaga otak tetap aktif dan waspada sehingga rasa kantuk menghilang.

Cara Cerdas Mengatasi Ngantuk Saat Jam Kerja

Mendengarkan Musik

Musik memang cara yang enak untuk menghilangkan kantuk. Putar musik sesuai dengan selera anda menggunakan earphone untuk menekan rasa ngantuk.

Sarapan Pagi

Sarapan merupakan sumber energi untuk aktivitas sehari-hari. Kebiasaan buruk banyak orang yang suka melewatkan sarapan karena terburu-buru atau mengakibatkan mengantuk. Nah hal ini sangat perlu diluruskan ya, sarapan itu penting, kalau melewatkannya akan merasa lapar lebih cepat. Dan yang terjadi adalah mudah mengantuk.

Mencoba buah, roti atau sereal saat sarapan, menu ini lebih ringan daripada makan nasi. Dibuktikan dari hasil penelitian dari Cardiff University, Inggris, membuktikan seseorang yang mengonsumsi sereal pada pagi hari akan lebih mudah terhindar dari stres. Ringan untuk sarapan pada pagi hari dan membuktikan bahwa kinerja fisik dan mental dapat berjalan dengan baik sepanjang hari

Cara Cerdas Mengatasi Ngantuk Saat Jam Kerja

Makan siang yang ringan dan sehat

Makan siang juga jangan salah memilih menu berat, ingat makan yang ringan saja agar tidak memperberat rasa ngantuk anda. Camilan manis, , soda, atau karbohidrat seperti roti putih dan pasta putih harus coba untuk dihindari.

Bahan yang mengandung protein karbohidrat kompleks, dan sumber lemak sehat akan memperinga gejala mengantuk.
• Protein: ikan putih seperti nila, lentil, kacang, daging unggas, selai kacang, tahu, daging sapi tanpa lemak, telur, yogurt
• Karbohidrat kompleks: buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, kacang polong, gandum, beras merah, roti gandum
• Lemak sehat: alpukat, salmon, telur, kacang-kacangan, minyak zaitun, minyak kelapa, selai kacang

Cuci Muka

Berat banget rasa ngantuknya bisa dihilangkan dengan basuhan air dingin dan membuat tubuh kembali lebih segar. Dalam studi Journal of Personality and Social Psychology, cuci muka dapat menetralisir suasana hati dan membangkitkan energi saat merasa kewalahan.

Cara Cerdas Mengatasi Ngantuk Saat Jam Kerja

Bagaimana sudah tahu tidak apa yang harus dilakukan? Yang terpenting adalah menjaga pola hidup yang sehat dan teratur. Pasti terhindar dari masalah yang namanya mengantuk. Mengetahui gejalanya dan ketahui penyebabnya kemudian tangani dengan tepat. Selalu sehat dan beraktivitas dengan baik.

Semoga bermanfaat.

Add a Comment