7 Usaha Sampingan Mudah untuk Pelajar

7 Usaha Sampingan Mudah untuk Pelajar – Sebagai seorang pelajar tentu segala kebutuhan keuangan di tanggung oleh orang tua. Namun semakin kedewasaan itu tumbuh, meminta uang lebih merupakan di luar prinsip. Sebab pada dasarnya sudah memiliki jatah sendiri. Ingin mencari uang jajan tambahan adalah solusinya.

Apa ya pekerjaan sampingan yang cocok untuk anda yang masih menyandang status pelajar? Usahakan anda menjalankan usaha sampingan  yang benar-benar anda mengerti juga tertarik, sebab hal ini bisa memicu semangat agar anda tidak mudah menyerah. Tidak perlu yang besar apalagi yang menyita waktu, cukup mencari pekerjaan yang tidak mengganggu waktu sekolah anda.



Berikut ada beberapa usaha sampingan yang mudah untuk kaum pelajar.
1. Penyiar Radio

Rekomendasi pertama adalah anda bisa menjadi penyiar radio. Bagi anda yang suka berbicara, ngobrol dengan orang lain atau bertemu orang baru. Pekerjaan sampingan menjadi penyiar radio adalah pilihan yang tepat.

Untuk bisa menjadi bagian dari pekerjaan ini, anda dapat memulainya dengan mencari stasiun radio di daerah anda. Apakah merak membuka lowongan untuk penyiar radio dengan siaran sore atau malam?

Bisa mencari infonya melalui website radio yang anda inginkan. Kalau mereka membuka lowongan biasanya akan mencantumkan di website mereka. Banyak keuntungan menjadi penyiar radio, tidak hanya mendapat tambahan keuangan tapi juga mendapat pengalaman serta teman baru.

2. Jualan Jajanan

Menjual jajanan bisa menjadi alternative usaha sampingan yang cocok untuk anda. Bisa menjual berbagai makanan ringan seperti macaroni pedas, mie lidi atau makan yang sedang popular namun modal terjangkau. Sepert tahu mercon yang tidak akan kehilangan minat. Anda dapat menjualnya di sekolah.

Kalau anda waktu senggang anda bisa menjual jajanan di sore hari di depan rumah atau membuka ruko kecil di pinggir jalanan yang banyak penjual kaki lima. Tidak membutuhkan modal keras, namun membutuhkan usaha keras. Meski begitu anda tidak perlu khawatir, banyak pengusaha muda yang sukses yang memulai pekerjaan dari usaha kecil-kecilan yang dilakukan dengan konsisten.

3. Usaha Voucher Isi Ulang

Usaha yang satu ini sering dilakukan oleh kalangan pelajar. Mengingat sekarang adalah era yang serba digital dan smartphone sudah menjadi bagian dari kehidupan. Maka pulsa  secara tidak langsung menjadi kebutuhan primer dalam kehidupan selain sandang, pangan. Selain itu pasar untuk menjual pulsa juga luas.

Menjadi agen pulsa kini makin digandrungi, hanya cukup mendaftar pada server tertentu yang menyediakan aplikasi pulsa yang bisa diakses melalui internet. Melalui internet, jangan lupa untuk menyiapkan smartphone, dan nomor rekening mestinya serta uang untuk melakukan deposit pulsa.

4. Endorser di Instagram

Punya instragam? Anda bisa memanfaatkannya untuk berprofesi menjadi endorser. Saat ini banyak sekali yang berprofesi sebagai endorser dengan emmanfaatkan kaun sosial media yaitu Instagram. Karena begitu populernya pengguna Instagram menjadikan sebagai ladang rejeki yang luas.

Anda tidak harus menjadi selebriti untuk mendapatkan ketenaran, atau lebih dikenal sebagai selebgram yang memiliki ratusan ribu followers. Hanya bermodalkan beberapa ribu followers anda sudah dapat memulai bisnis endorser.

Yang perlu diketahui adalah bahwa sekarang berbagai perusahaan memulai tertarik untuk menerapkan strategi micro-influencer dengan menggandeng akun kecil yang memiliki 1000-10.000 followers. Tarif menjadi endorser memang murah, namun bisa dibilang lumayan untuk menambah pemasukan.

5. Guru Privat untuk Anak SD

Menjadi guru privat atau menjadi guru non formal. Dengan memanfaatkan kepintaran anda, membuka les privat atau mata pelajaran tertentu untuk menjadi guru tutor bagi anak SD.  Jika anda memang pintar dan terbukti memiliki prestasi, maka orang tua anak-anak tersebut akan percaya dengan kemampuan anda.
Anda dapat menawarkan jasa mengajar kepada orang tua di sekitar rumah. Bisa mengajarkan beberapa pelajaran yang anda kuasai seperti bahasa inggris, matematika, fisika, bahasa Indonesia, computer dan lain-lain. Bisa menentukan jadwal di sore hari dengan kurun waktu 3 kali dalam seminggu tergantung dari kesepakan bersama.

6. Menjadi Seorang Bloger

Anda memiliki hobi menulis. Maka anda bisa memilih menjadi blogger untuk menambah penghasilan serta mengisi waktu luang. Menjadi blogger memang tidak akan mendapatkan bayaran secara langsung dan tidak menentu jumlahnya. Sebab tulisan anda baru bisa menghasilkan uang jika anda banyak orang yang membaca.

Semakin banyak orang yang membaca tulisan anda juga semakin banyak orang yang sering mengunjungi website blog anda. Itu bisa diartikan akan ada orang yang ingin memasang iklan di blog anda juga terbuka lebar. Iklan yang dipasang di blog anda bisa menjadi penghasilan tambahan juga.

7. Budidaya Tanaman

Ingin usaha sampingan namun tidak  mau kehilangan waktu belajar anda? Kalau anda orang yang pecinta tanaman, anda bisa membuka budi daya tanaman di rumah anda. Pilih jenis tanaman yang tidak rewel juga perawatannya cenderung mudah. Ini sangat cocok untuk anda yang pecinta tanaman.
Kalau anda memiliki pekarang yang menganggur, bisa dijadikan lahan untuk budidaya tanaman. 
Jangan khawatir kalau lahan yang anda miliki sempit, anda memanfaatkan media karung, polybag, atau botol minuman bekas sebagai lahan tanaman untuk cabai atau jahe.

Anda dapat menjual tanaman ke orang-orang di sekitar rumah atau melalui online, masih berhubungan dengan tanaman, anda bisa menjual pot atau pupuk tanaman sekalian yang anda buat sendiri dari daun yang gugur.
Itulah beberapa usaha sampingan yang mudah untuk pelajar. Apapun status anda meskipun sebagai pelajar tidak akan menjadi halangan untuk memulai usaha. Asalkan bisa membagi waktu dengan baik serta konsisten melakukannya.
Semoga informasi di atas bermanfaat.

Sampai jumpa.

Add a Comment