7 Tips Memutar Modal Dalam Bisnis Agar Makin Untung

7 Tips Memutar Modal Dalam Bisnis Agar Makin Untung – Saat pertama kali membangun usaha, finansial menjadi masalah yang sering kali dihadapi. Dan akhirnya anda harus mengajukan pinjaman kepada bank.

Berhasil mendapatkan pinjaman dari bank, secara tidak langsung menuntut anda untuk mengelola bisnis lebih berhati-hati. Salah sedikit dalam mengelola bisnis sangat memungkinkan anda akan mendapat masalah dan akhirnya merugi.

Sebagian besar pengusaha tidak mampu mengelola keuangan bisnis dan berujung pada timbulnya masalah bahkan mengalami kebangkrutan. Alasan inilah yang menuntut anda untuk bisa memperhatikan ekstra pada keuangan bisnis yang dijalankan.



Agar bisnis semakin  menguntungkan, maka anda harus tahu tips memutar modal dalam bisnis agar semakin untung. Memutar modal bukan hal yang sepele, perputaran modal yang baik akan membuat bisnis anda semakin berkembang dan sukses.

1. Masukkan Segala Catatan Keuangan dalam Buku Khusus

Agar pemutaran keuangan bisa berjalan lancar, maka buat semua catatan keuangan dalam satu buku khusus. Buku ini biasa disebut sebagai buku kas yang didalamnya berisi rekapitulasi pemasukan, pengeluaran, serta kebutuhan yang sifatnya mendesak.

Mencatat semua arus keuangan, bisa mempermudah melakukan pengecekan keluar masuknya uang dari usaha yang anda jalankan. Dan lebih mudah mengambil tindakan yang bisa didasarkan pada kondisi keuangan.

2. Hindari Penggunaan Dana Pinjaman Selain untuk Usaha

Selanjutnya agar anda bisa mengatur keuangan dengan tenang dan mudah, usahakan menghindari penggunaan dana pinjaman untuk kebutuhan selain usaha.

Kembalilah keniata wal anda saat anda mau meminjam dana dimana keuangan tersebut untuk keperluan arus kasa bisnis, bukan untuk bersenag-senang.

Kalau anda menggunakan uang pinjaman untuk kebutuhan yang sifatnya konsumtif, maka tidak menutup anda akan menghadapi masalah yang lebih besar.

3. Putar Uang Hasil Usaha untuk Mengembangkan Bisnis

Fungsi dari buku kas salah satunya bisa menentukan besar keuntungan yang didapatkan dari menjalankan usaha. Dan selanjutnya anda dapat memutar keuntungan untuk mengembangkan bisnis di samping anda membayar cicilan pinjaman berjalan.

Seperti anda dengan menggunakan dana pinjaman tersebut mendapat keuntungan bisnis. Lalu anda dapat membuka cabang baru, atau bisa juga untuk membeli peralatan baru untuk mendukung usaha anda yang dijalankan menjadi lebih maju.

4. Manfaatkan Dana Pinjaman untuk Meningkatkan Produktivitas

Tips selanjutnya memutar modal dalam bisnis. Anda bisa mengelola keuangan dengan memanfaatkan pinjaman dana untuk meningkatkan produktivitas.

Sebagai contohnya anda mengeluarkan sebagian dan yang anda miliki untuk melakukan promosi agar orang tahu keberadaan bisnis anda.

Lalu akhirnya uang yang anda keluarkan untuk pos pengeluaranpun bisa meningkatkan keuntungan berkali-kali lipat. Sehingga bisnis yang anda jalankan lebih maju dan berkembang pesat.

5. Pisahkan dengan Tegas antara Dana Usaha dengan Keuangan Pribadi

Tidak sedikit orang yang kesulitan untuk memilah antara dana usaha dengan keuangan pribadi. Hal tersebut semakin diperburuk dengan pengelolaan keuangan yang kacau.

Dalam poin ini kunci untuk menjalankannya adalah dengan seberapa besar komitmen anda serta kedisiplinan anda. Memiliki komitmen serta disiplin, untuk bisa memilah antara urusan pribadi dengan urusan bisnis, sehingga anda tidak akan mengalami masalah keuangan.

6. Alokasikan Sebagian Dana untuk Membayar Cicilan Pinjaman Modal Usaha

Fungsi selanjutnya dari buku kas yang anda buat tadi, dengan mencatat pemasukan, setidaknya dapat memperkirakan apakah anda sudah dapat membayar tagihan pinjaman berjalan atau belum.

Anda dapat menyisihkan sebagian pemasukan untuk modal yang didapatkan dari kredit. Nah, dalam hal ini juga anda dituntut harus disiplin dalam mengatur keuangan. Usaha anda tidak sampai telat membayar tagihan dana pinjaman. Kalau sampai telat maka berujung pada bunga pinjaman yang membengkak.

Dengan menjaga pola pembayaran dana pinjaman yang tetap, hal ini akan membantu jejak rekam kredit anda menjadi lebih baik. Saat anda mengajukan pinjaman kembali maka anda tidak akan mengalami kesulitan.

7. Hindari Membanding-bandingkan Usaha Anda dengan Kompetitor

Dalam poin terakhir ini terlihat sederhana. Namun, tanpa disadari anda akan membandingkan usaha anda dengan kompetitor anda. Membandingkan usaha dengan kompetitor lainnya tidak akan menyelesaikan masalah keuangan yang anda hadapi. Memang tidak bisa disalahkan karena manusia sejatinya tidak akan pernah puas dengan apa yang mereka punya.

Perlu diperhatikan, setiap usaha yang dijalankan memiliki pola bisnis yang berbeda. Akan tetapi kalau anda terlalu banyak melihat kelebihan yang dimiliki kompetitor daripada mengembangkan usaha anda sendiri merupakan kesalahan yang fatal.

Jangan tergesa-gesa melakukan dana pinjaman hanya untuk bersaing dengan kompetitor anda. Maka yang perlu anda lakukan adalah bagaimana caranya mengembangkan bisnis dengan modal sedikit mungkin namun tetap menghasilkan keuntungan yang besar.

Note:

Konsisten dan Disiplin adalah Modal Utama Berkembangnya Usaha

Itulah beberapa tips memutar modal dalam bisnis agar semakin untung. Mengelola keuangan dengan baik membutuhkan kunci.

Kuncinya yaitu dengan konsisten dan kedisiplinan, sehingga dana yang anda dapatkan dari dana pinjaman bisa dikembalikan dengan tepat waktu. Anda pun bisa mengembangkan usaha sehingga menjadi lebih maju dan berkembang.

 Semoga informasi di atas bermanfaat.

Selamat mencoba!

Sampai jumpa.

Add a Comment