7 Persiapan Membuka Usaha Konter

7 Persiapan Membuka Usaha Konter – Membuka usaha konter di jaman yang serba digital ini adalah pilihan yang tepat. Sebab membangun usaha konter berjualan pulsa akan menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Sebab sekarang sudah banyak masyarakat yang menggunakan handphone, baik itu model lama atau smartphone android atau iOS. Dan untuk bisa menggunakannya dibutuhkan pulsa untuk dipaketkan ke paket data baru bisa dioperasikan untuk memenuhi kebutuhan.

Banyaknya peluang di pasaran untuk mengembangkan usaha konter baik itu HP atau pulsa, hal ini akan ada pesaingnya yang lebih ketat. Sebab banyak juga orang yang tertarik untuk mengembangkan bisnis yang satu ini, mengingat peluang yang mudah meski dengan persaingan yang cukup ketat.

Peluang usaha ini bisa dianggap kecil dalam skala modal. Namun bukan berarti anda asal dalam menjalankannya. Agar mampu bertahan maka perlu persiapan yang matang untuk membuka konter

Tips Usaha Konter Pulsa Dan Hp

Untuk pemula memang belum tahu banyak bagaiman persiapan membuka konter pulsa atau HP. Namun anda tidak pelru khawatir, banyak sekali referensi yang bisa anda jadikan contoh. Melalui usaha ini bisa mendatangkan banyak keuntungan dengan mudah meski memiliki modal yang kecil sekalipun.

1.Memulai Bisnis Kecil-kecilan Terlebih Dahulu

Yang pertama agar bisa menjadi sukses adalah dengan memulai usaha dalam skala kecil-kecilan terlebih dahulu.  Seperti memulainya dengan berjualan pulsa, aksesoris handphone terlebih dahulu. Anda tidak perlu menyediakan produk HP kalau modal anda masih belum cukup. Memulai berjualan pulsa terlebih dahulu maka modal yang anda keluarkan sedikit.

Selain itu melalui cara seperti ini akan membantu anda untuk terus belajar dan menemukan pelanggan dan mengetahui bisnis anda. Dengan berjalannya bisnis anda mampu berkembang dan mendatangkan banyak pelanggan, maka anda mengembangkan bisnis dengan berjualan handphone.

2. Perhatikan Distributor Pulsa

Memilih distributor adalah hal yang sangat penting dilakukan, sebab hal ini berhubungan erat dengan harga pulsa yang akan anda tawarkan. Pilihlah distributor yang terpercaya dan sudah terjamin untuk keamanan bisnis anda agar mampu bertahan dalam waktu yang lebih lama, seperti menggunakan aplikasi pulsa yang sudah tersedia.

Pilih distributor pulsa yang bisa dipercaya  dengan kelebihan dan keuntungan yang bisa anda dpatkan dengan menjadi agen dari distributor pulsa tersebut. Seperti proses pengiriman saldo yang mudah, serta pelayanan yang memuaskan dan tidak pelit untuk memberikan diskon ataupun promo kepada para agennya.

3. Berikan Harga Jual yang Sesuai

Memberi harga pulsa juga harus sesuai di pasaran. Kalau menawarkan harga tinggi maka pembeli tentu tidak mau ke konter anda. Kalau memberi dengan harga murah maka anda akan rugi karena tidak mendatangkan keuntungan sama sekali.

Agar anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar maka pililah agen pulsa yang terbaik dan menawarkan harga yang murah. Untuk itu anda selalu disarankan memilih agen yang bisa memberi harga pulsa yang murah. Di bandingkan agen pulsa lainnya.

4. Jangan Terapkan Sistem Hutang

Kalau anda menerapkan sistem utang maka anda akan membuat diri sendiri jatuh ke dalam kerugian, sebab uang tidak dapat berputar. Terlebih modal usaha anda terbatas maka hal ini tidak bisa mendatangkan keuntungan sama sekali.

Maka dari itu biasakan diri untuk tidak menerima utang. Meskipun itu adalah tetangga ataupun teman anda sendiri jelaskan maka anda tidak menerima utangan. Meskipun diri sendiri merasa tidak tega kalau ada teman dan saudara yang berhutang pulsa, namun sebaiknya pastikan kalau teman dan tetangga tersebut memiliki rasa tanggung jawab untuk membayar hutang yang dimilki. Sehiangga anda tidak perlu waktu berbulan-bulan untuk menunggu pembayaran utang.

5. Pemilihan Lokasi

Menentukan lokasi memang sangat penting untuk anda yang ingin membuka usaha konter. Ini akan sangat berpengaruh pada konsumen yang hendak membeli pulsa. Kalau lokasi anda ada di pinggir jalan maka akan memudahkan anda untuk menjangkau konsumen mengetahui bisnis yang anda jalankan.

Tapi kalau anda berjualan di kampung, maka anda jangan heran kalau pembelinya hanya tetangga dekat. Kalau memilih lokasi di keramaian dan dekat dengan jalan raya dan anda tidak memiliki lahan maka harus melakukan sewa, perhatikan dari segi harga sewa dan lokasinya.

Pilih lokasi yang strategis, seperti di pinggir jalan raya, perkantoran, dekat industri, ataupun yang lainnya. Memilih tempat yang tepat maka akan memudahkan para pembeli untuk bisa datang membeli pulsa.

6. Sediakan Produk yang Lainnya

Selain menjual pulsa dan kuota internet, anda bisa menyediakan produk lain seperti kartu perdana, aksesoris hp, pulsa elektrik, pembayaran PLN, BPJS atau menjual handphone.

Dengan cara ini akan mendatangkan banyak pembeli. Sebab masing-masing kebutuhan dari masing-masing konsumen tidak sama. Dengan menawarkan berbagai pelayanan, maka akan lebih memudahkan pembeli untuk datang ke kios anda.

Namun perlu diingat, menyediakan produk yang lengkap tentu akan mendatangkan modal yang banyak juga. Seperti menyetok kartu perdana, sangat disarankan untuk menyediakan operator ternama dan memiliki masa aktif yang lama. Dengan begini anda bisa meminimalkan kerugian, mengingat bahwa voucher dan kartu perdana memiliki masa aktif tertentu.

7. Lakukan Analisis

Agar usaha bisa maju maka perlu melakukan analisis. Ingin menjalankan usaha konter maka ini wajib dilakukan. Ini bertujuan agar usaha konter anda bisa berjalan dengan baik dan mendatangkan keuntungan.

Melakukan analisis, secara tidak langsung anda bisa mengetahui kemajuan usaha konter. Memperhatikan  dari segi modal, sebab mengingat menjalankan bisnis dengan modal kecil, maka anda harus bisa mengembangkan usaha konter mendatangkan banyak keuntungan sehingga bisa berkembang lebih pesat. Maka dari itu lakukan analisis sangat penting.

Banyak yang menilai kalau membuka usaha konter untuk pemula lebih mudah. Akan tetapi tidak semua bisa berjalan sesuai dengan apa yang diharapkannya. Namanya bisnis pasti ada persaingannya. Maka dari itu kalau ingin sukses dalam mengembangkan usaha konter, maka diperlukan beberapa tips sukses untuk bisa dijalankan dan di ikuti dengan sebaik mungkin .

Semoga infonya bermanfaat.

Add a Comment