7 Ide Usaha Sampingan Selalu Eksis di Era Modern

7 Ide Usaha Sampingan Selalu Eksis di Era Modern – Mau buat usaha sampingan tidak ada yang salah. Ini merupakan langkah dimana untuk membuat hidup lebih mandiri dan jauh lebih baik. Hitung-hitung sebagai penghasilan tambahan sekaligus jika berkembang bisa menjadi sumber utama penghasilan anda.

Tapi apa ya usaha sampingan yang akan terus laku setiap harinya? Ini memang perlu dipikirkan karena usaha yang bisa terus berkembang mengikuti alur jaman adalah yang bisa bertahan lama. Karena beberapa usaha tidak bisa mengikuti alur jaman jadi terpaksa tidak ada dan sulit menemukan peminatnya.

Ide Usaha Sampingan yang Eksis di Era Modern

Karena era yang serba modern ini justru kegiatan akan semakin terisi penuh dan tidak berkurang, karena memang dituntut untuk beradaptasi dengan perkembangan jaman.

Nah buat anda yang sedang mencari ide usaha sampingan, di bawah ini ada beberapa usaha sampingan yang bisa anda pilih sebagai rekomendasi. Usaha ini bisa dikatakan akan terus dibutuhkan terlebih jaman modern yang semua suka serba instan. Dimana semua lebih sibuk dari biasanya dengan pekerjaan masing-masing.

Jual makanan untuk sarapan

Bagi anda yang punya hobi memasak atau keahlian memasak, anda bisa menjadikannya sabagai bisnis sampingan.

Perlu anda ketahui pagi hari merupakan awal kesibukan, terutama bagi karyawan yang masuk pagi tentu sudah tak mungkin membuat sarapan dan kebanyakan dari mereka memilih sarapan yang instan atau sudah siap saji. Untuk anda yang memiliki waktu senggang di pagi hari yang panjang, anda bisa memanfaatkannya membuka usaha sampingan dengan menjual sarapan. Demikian anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Dalam bisnis ini anda cukup memasak masakan yang sederhana saja, yang memiliki nilai jual seperti nasi rames, bubur ayam atau kacang hijau, gorengan dan mie rebus atau goreng. Anda nggak perlu bingung dimana lokasi untuk menjualnya. Anda bisa memanfaatkan teras atau halaman rumah anda sebagai awal lokasinya.

Sebagai langkah awal untuk memulainya anda cukup memerlukan beras, daging ayam, ikan laut, tahu, tempe, dan sayuran yang harganya bersahabat dan tentunya bumbu masak juga jangan sampai lupa. Anda juga perlu kompor, gas, minyak goreng, dan tempat penggorengan seperti wajan untuk memasak. Dengan modal 3 juta per bulan anda bisa mencapai omzet 2 juta bila penjualan tinggi.

Jasa laundry

Wajib anda ketahui bahwa jasa laundry kiloan bisa jadi usaha sampingan dengan keuntungan yang lumayan dan tentunya modal yang rendah.Dengan modal kurang lebih 6 juta anda bisa membuat bisnis laundry. Untuk membeli mesin cuci, mesin pengering, deterjen, pewangi, timbangan, setrika dan plastik. Jika anda ingin memperkecil modal anda bisa membeli mesin cuci yang mesin pengeringnya tergabung menjadi satu.

Di era modern ini semua menjadi serba praktis, hingga permintaan jasa mencuci dan menyetrika tinggi. Seperti para mahasiswa dan karyawan yang terlalu sibuk dengan pekerjaannya hingga tak ada waktu untuk mencuci dan menyetrika pakaian. Jika anda menempatkan usaha laundry di sekitar tempat tinggal mereka, anda akan untung lumayan besar.

Dari tarif laundry perkilo mulai dari 4000 sampai 6000 anda bisa mendapat keuntungan mulai 15%-25%.

Ide Usaha Sampingan yang Eksis

Jasa cuci motor / mobil

Lihat sekitar lingkungan anda apakah banyak pemilik kendaraan seperti mobil atau motor? anda bisa memanfaatkan peluang ini sebagai usaha sampingan anda. Karena jaman sekarang banyak orang yang rela antri lama untuk memanfaatkan jasa tersebut bahkan mau meninggalkan kendaraannya untuk dicuci dan mengambilnya kembali setelah selasai. Usaha sampingan ini bisa dapat laba yang cukup tinggi bila lokasi yang anda pilih strategis dan tepat.

Untuk memulainya anda cukup menyediakan modal kurang lebih 2 juta. Anda kan memerlukan pompa air, kompresor, kain lap, sabun, dan juga alat-alat semir ban dalam memulai bisnis ini. Untuk lokasi anda dapat memanfaatkan halaman rumah anda hingga anda tidak mengeluarkan biaya lagi untuk sewa tempat berbisnis anda. Bila anda bisa melihat kemungkinan kemajuan dari bisnis ini anda bisa memulai membuka cabang yang strategis.

Jual beli motor bekas

Sudah familiar bisnis jual beli motor second atau bekas ini di Indonesia. Bahkan setiap tahun penjualan motor di Indonesia terus naik. Demikian itu meningkat juga jumlah motor bekas. Melihat tingginya permintaan dan jumlah motor yang beredar di pasaran, peluang bisnis sampingan yang menguntungkan ini bisa juga anda manfaatkan.

Modal untuk memulai bisnis ini kurang dari 5 juta. Anda bisa membeli motor second atau bekas dengan harga murah lalu anda menjualnya dengan harga lebih tinggi. Dan apabila anda punya kenalan yang hendak menjual motornya anda harus memeriksanya lebih dulu, apakah motor tersebut layak di jual dengan harga tinggi. Di OLX.co.id, anda bisa memeriksa motor secara online bila anda tidak dapat memeriksanya. Dan anda juga bisa membandingkan harganya di pasaran motor bekas secara online, dengan demikian anda tahu mana motor yang dapat di jual dengan marjin tinggi.

Kendala dalam bisnis ini ialah surat-surat kendaraannya tidak lengkap atau mesin motornya palsu dan selebihnya bisa saja motor tersebut hasil dari mencuri. Dan jika anda memilih bisnis ini anda harus tahu tentang ilmu motor.

Ide Usaha Sampingan di Era Modern

Usaha fotokopi dan printer

Usaha ini sangat cocok untuk anda yang dekat dengan kawasan kampus dan perkantoran. Anda hanya perlu membukanya di waktu senggang, dan bisa menerima pesanan terlebih dahulu kemudian memberi hasil printnya. Mahasiswa dan mahasiswi adalah target yang mudah didapat pasanglah tarif murah sebab ini hanya usaha kecil-kecilan.

Selain print fotokopi anda juga bisa melayani penjilidan buku, bila anda mampu.Anda hanya memerlukan mesin printer yang sudah memiliki fitur fotokopi sekaligus scanning dengan harga 2 jutaan. Dan juga kertas A4 untuk print dan fotokopi. Hanya itu saja.

Bisnis aksesoris wanita

Kreativitas dan keterampilan memang tak semua orang memiliki, tapi bagi anda yang memilikinya bisa anda manfaatkan sebagai bisnis membuat aksesoris wanita yang unik dan menarik. Seperti gelang, kalung, bros, syal, dan lain-lain.Bisnis ini memiliki marjin keuntungan yang cukup tinggi. Karena modal dalam bisnis ini tergolong murah selama anda membeli bahan dalam skala besar. Modal Kurang dari Rp 1 Juta.

Anda bisa mulai dengan mencoba dan mengetes pasar bisnis terlebih dahulu, dan anda bisa memulainya dengan bahan baku yang murah contohnya bando, kalung, dan gelang. Namun anda harus memastikan terlebih dahulu apakah ada yang menyediakan bahan baku tersebut di daerah anda.

Anda juga bisa memasarkan aksesoris buatan anda secara online, melalui blog atau media sosial anda. Seperti instagram dan facebook. Lalu beritahu teman atau kenalan mengenai bisnis anda dan meminta tolong untuk menyebarkannya.

Ide Usaha Sampingan Modern

Bisnis Multi Level Marketing (MLM)

Multi Level Marketing ialah cara pemasaran berantai. Ini akan memberikan anda kompensasi serta penjualan yang dibuat oleh oleh rekrutan anda. Seperti saat anda masuk dalam bisnis ini untuk produk kosmetik. Dan anda mengajak teman anda untuk menjual produk tersebut, setiap penjualan akan mendapatkan komisi. Begitu pula untuk anggota baru.

Bisnis ini memerlukan koneksi dan komunikasi yang lancar, dan saat anda menjual produk ini anda akan mendapatkan komisi.

Anda harus mulai mencari anggota baru yang bisa memberikan penghasilan tetap tanpa harus anda menjual produk. Jaman sekarang banyak layanan MLM di pasaran. Anda bisa memulainya secara online.

Baca juga: 11 Tips Tempat Usaha Pulsa yang Strategis

Nah, bagaimana sudah tahu mana yang dijadikan pilihan? Kelihatannya tidak seberapa sih. Tapi kalau terus dikembangkan usaha di atas sangat dibutuhkan, terlebih jaman sekarang yang semua suka serba instan. Mau buat usaha apapun sepertinya akan laku asalkan bisa mengikuti perkembangan jaman dan situasinya.

Semoga infonya bermanfaat.

Add a Comment