7 Hal yang Harus Dihindari Beli Ruko Untuk Bisnis

 

7 Hal yang Harus Dihindari Beli Ruko Untuk Bisnis – Ingin memiliki ruko atau tempat usaha memang menjadi keinginan hampir setiap pengusaha saat memulai usaha adalah hal wajib beli ruko untuk bisnis. Akan tetapi di era yang serba digital saat ini memiliki beli ruko untuk bisnis bukanlah hal yang utama. Tidak memiliki ruko pun bisa tetap berbisnis. akan tetapi kehadiran ruko juga dibutuhkan untuk bisnis konvensional.
 
Dan akhirnya sebagian besar orang banyak yang salah menentukan konsep bisnis. Sehingga mengalami kegagalan dan rugi besar setelah mendapatkan ruko. Biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan ruko tentunya sangat besar.
 
7-Hal-yang-Harus-Dihindari-Beli-Ruko-Untuk-Bisnis
 
 
Biaya untuk memiliki ruko bisnis sendiri memakan modal besar membangun usaha. Anda harus memiliki pertimbangan matang dalam mengelola ruko untuk berbisnis.
 

Hal yang Harus Dihindari Beli Ruko Untuk Bisnis

 
Sebelum anda memutuskan membeli ruko untuk bisnis, perhatikan beberapa hal berikut. Hindari 7 hal ini saat membeli ruko untuk bisnis. Agar anda tidak menyesalinya nanti.
 
 

1. Belum Punya Konsep Usaha Tapi Sudah Beli Ruko

 
Membeli tempat bisnis atau toko memiliki harga yang tidak murah. Sebaiknya anda yang sudah memiliki usaha kecil, akan lebih baik untuk menyewa ruko terlebih dahulu daripada membelinya dulu.
 
Menyewa ruko bisa menjadi alternatif yang tepat untuk mencoba pasar bisnis. Apakah produk yang anda jual benar diterima dalam pasar atau tidak.
 
Menyewa ruko tidak memerlukan biaya yang terlalu besar. Akan tetapi di era yang serba digital saat ini, ada cara lain untuk bisa menjual barang tanpa harus memiliki tempat untuk usaha.
 
Ada banyak sekali marketplace yang dapat dimanfaatkan untuk hal tersebut. Selain itu kenapa tidak punya store di website? Akan membuat bisnis jauh lebih efektif dalam hal pemodalan dan penjualan.
 
 

2.  Tidak Memerhatikan Lokasi atau Letak Ruko

 
Memilih tempat yang strategis kadang tidak terlalu dipikirkan daripada harga ruko itu sendiri. Umumnya orang lebih cenderung memilih harga ruko yang jauh lebih murah akan tetapi tempatnya sepi.
 
Ini adalah kesalahan  yang sering dilakukan oleh para pemula usaha. Seharusnya, memiliki tempat yang strategis menjadi pilihan utama dalam merancang sebuah rintisan usaha.
Memiliki tempat yang strategis akan sangat menguntungkan dengan banyaknya orang yang mudah menemukan bisnis anda. Ruko yang kurang strategis akan membuat bisnis anda menjadi lambat berkembang.
 
Selain itu, ruko yang tidak strategis tidak ada nilai investasi yang tinggi seperti ruko yang berada di tempat strategis. Maka dari itu, tempat merupakan kunci dari sebuah ruko yang akan dijadikan tempat usaha.
 
 

3. Tak Memperhatikan Akses Transportasi di Sekitar Ruko

 
Akses untuk transportasi juga menjadi hal yang perlu dipertimbangkan. Peranan dari akses ini akan membuat jalur distribusi akan menjadi lebih mudah, banyak orang yang akan datang ke tempat anda, dan akan membuat semua biaya produksi akan jauh lebih efektif.
 
Meski tempatnya strategis belum tentu memiliki akses jalan yang baik. Padahal jalur distribusi akan menjadi menghabiskan waktu dan banyak biaya.kalau jalur transportasi kurang baik, maka akan menghambat perkembangan bisnis anda.
 
 

4. Tidak Tahu Kalau Status Ruko Bermasalah

 
Memang harus benar hati-hati dalam memilih dan beli ruko untuk bisnis. Sebab banyak sekali sengketa yang terjadi dalam pembuatan ruko.
 
Maka saat membeli ruko, anda harus memastikan ruko tersebut memiliki perizinan yang jelas. Intinya status ruko tersebut legal. Selain itu transaksi juga harus sesuai dengan peraturan yang berlaku secara hukum yang berlaku.
 
Transaksi yang memiliki transparansi jelas, legalitas yang jelas akan menguatkan posisi anda dalam kepemilikan ruko tersebut. Maka dari itu cari tahu status ruko tersebut jika anda tertarik untuk membelinya.
 
 

5. Fasilitas Ruko Tidak Lengkap dan Banyak yang Rusak

 
Kondisi ruko juga harus diperhatikan dengan baik. Jangan sampai anda memilih ruko yang ruangannya berantakan. Terlebih tidak memiliki perlengkapan kamar mandi, atap yang bocor, serta jaringan listrik yang bermasalah.
 
Biaya untuk perbaikan ruko juga sangat besar. Dengan memilih ruko yang kondisinya sangat baik, akan mengurangi biaya modal anda dalam memulai bisnis. Sehingga tidak menjadi hambatan dalam memulai usaha. Konsumen akan merasa nyaman saat anda berada di ruko tersebut.
 
 

6. Tak Memerhatikan Struktur Gedung yang Tidak Sesuai

 
Struktur bangunan dalam ruko juga harus sesuai dengan konsep usaha yang anda terapkan. Kalau tidak sesuai maka akan anda pengeluaran biaya tambahan yang jumlahnya tidak sedikit untuk menyesuaikan dengan konsep usaha anda.
 
Struktur gedung yang tidak sesuai bisa seperti, contohnya anda ingin memiliki restoran dan ternyata ruko tersebut memiliki terlalu banyak ruangan. Dekat dengan got dan berbau, dan hal lain sebagainya yang bisa membuat ketidaknyamanan dalam usaha.
 
Efek samping dari struktur bangunan yang salah akan berakibat pada beberapa ruangan yang ada tidak dimanfaatkan dengan maksimal. Padahal seharusnya tempat ruko harus memiliki area yang produktif untuk digunakan.
 
 

7. Cuek dengan Lingkungan Sekitar Ruko Padahal Tidak Mendukung

 
Saat memilih ruko, kondisi sekitar ruko juga perlu di perhatikan. Jangan sampai anda membeli ruko namun tempatnya tidak sesuai dengan konsep usaha anda.
 
Seperti saat anda ingin membuka restoran di sekitar tempat industri. Pasti akan banyak terjadi gangguan. Seperti polusi udara, padatnya transportasi, dan kondisi yang bising. Padahal restoran akan sangat nyaman jika susananya nyaman dan tenang.
 
Mempertimbangkan kondisi di sekitar ruko harus sesuai dengan konsep usaha yang akan dijalankan. Dengan dukungan lingkungan sekitar, maka usaha anda akan menjadi lebih cepat berkembang.
 
 
Jadi harap hindari 7 hal tersebut dalam beli ruko untuk bisnis. Jangan sampai kesalahan tersebut anda lakukan. Ini akan berakibat pada keberlangsungan usaha anda. Selain itu resiko yang akan di tanggung sangat besar. Jadi usahakan anda memilih tempat yang sempurna dengan bisnis yang akan dijalankan.
 
Semoga informasi di atas bermanfaat.
 
Sampai jumpa.

Add a Comment