7 Cara Menjadi Influencer yang Sukses

7 Cara Menjadi Influencer yang Sukses – Sekarang mau merintis usaha? Strategi yang diarahkan pasti harus mengikuti perkembangan teknologi sekarang. Bisnis yang tidak beradaptasi dengan perubahan jaman kian hari akan tersisih dan akhirnya hilang. Tidak mau dong bisnis yang sudah dibuat susah payah harus berhenti di tengah jalan? Seperti pepatah mempertahankan tidak semudah menemukan.

Sekarang hidup sudah berbaur dengan digital. Tidak hanya menjadi makhluk sosial dalam dunia nyata, tapi juga di dalam dunia maya. Ya? penggunaan media sosial semakin bertambah setiap waktu. Bahkan sosok yang di dunia maya jauh lebih meyakinkan daripada di dunia nyata itu sendiri.

Berbagai macam medsos bisa menjadikan peluang bisnis yang menjanjikan. Selain untuk bersosialisasi juga bisa menemukan pengalaman pribadi disana. Hanya menggunakan medsos dapat menghasilkan uang. Bahkan kampanye politikpun sudah beralih menggunakan media sosial dalam berpolitik.

7 Cara Menjadi Influencer yang Sukses

Apakah anda tahu atau mendengar kata influencer? Ya, mereka yang memiliki banyak pengikut dan memiliki pengaruh bagi followers. Bisa selebgram, artis, atau youtuber. Kalau ingin menjadi influencer, harus tahu dulu konsep marketing dan cara menjadi influencer dengan benar. Influencer termasuk dalam strategi bisnis sekarang lho, dan ke depannya akan terus di gunakan.

Penggunaan media sosial memunculkan orang yang di anggap sebagai tokoh dalam media sosial. Sebab pengikutnya banyak dan setiap postingannya bisa mendapat ribuan, bahkan hingga jutaan like, komentar atau viewers. Pengaruh yang sangat tinggi terhadap pengikutnya, terutama perusahaan menggunakan influencer (artis, selebgram, youtuber, blogger, dan sebagainya) untuk mempromosikan produk atau jasa.

7 Cara Menjadi Influencer yang Sukses

Kita biasanya mengenalnya dengan jasa endorse. Maksudnya mereka memasang jasa promosi dengan tarif tertentu. Latar belakang bisa dari berbagai kalangan, mulai artis yang jasa mereka tentu lebih mahal dari yang bukan public figure. Tidak hanya para orang terkenal lho yang dapat jadi influencer orang biasa juga bisa tanpa latar belakang yang terkenal.

Kenapa bisa menjadi influencer? Pasalnya mereka memiliki ciri khas dimana setiap unggahannya memiliki gaya dan seni mereka sendiri. Menyuguhkan konten yang kreatif sehingga orang menjadi tertarik untuk terus mengikuti postingan selanjutnya. Dan akhirnya menjadi folowers agar bisa terus update postingannya. Awalnya tenar di medsos biasa menjadi batu loncatan menjadi selebiritis didunia. Lalu bagaimana cara menjadi influencer yang baik dan sukses?

Pilih Media yang Ingin Digunakan

Semua medsos bisa dijadikan ladang bisnis, entah itu mau facebook, youtube, instagram, twitter dan lainnya. Tapi yang sedang naik daun adalah menjadi selebgram, banyak yang memiliki akun instagram sekarang. Memasarkan produk melalui platform medsos akan lebih mudah sebab bisa membuat katalog mini untuk memamerkan produknya. Di instagram sudah ada fitur untuk para pebisnis jadi anda semakin dimudahkan apalagi lebih praktis, ringkas, cepat, dan langsung ke target sasaran.

Tentukan Imej Anda di Medsos

Menentukan imej juga perlu, karena anda membutuhkannya dalam membangun medsos. Sangat penting memiliki konsep dalam setiap unggahan. Sebagai influencer yang baru sebaiknya tidak melenceng dari konsep yang sudah ada di postingan sebelumnya. Kalau sudah memiliki banyak pengikut maka anda bisa mencoba mengunggah sesuatu yang baru berada di luar konsep dasar anda.

Imej yang sudah terbangun di medsos akan membantu para produsen atau pihak pengiklanan memilih anda. Mereka akan mencari orang yang memiliki imej cocok dengan produk mereka. Seperti perusahaan kecantikan akan memilih influencer yang penggiat make up atau kecantikan. Jika produsen memprodukse barang elektronik seperti headset atau laptop maka akan memilih yang lebih ke imej gamer.

Dari imej juga akan mempengaruhi followers. Karena yang terpenting adalah keunikan imej dan sebarapa dalam anda mendalami imej tersebut. Banyak influencer yang membangun imej mereka dengan baik dan unik. Bisa menggambarkan diri sendiri seperti menyukai kebebasan, fashion, traveling, atau streat food.

Baca juga: Cara Memilih Influencer Untuk Bisnis Online

7 Cara Menjadi Influencer yang Sukses

Unggah Konten yang Menarik Perhatian

Postingan konten juga harus bisa menarik perhatian yang melihatnya. Ada beberapa unsur yang harus di perhatikan kalau menggunakan instagram. Salah satunya ialah resolusi atau video yang anda unggah. Imej yang ada dalam unggahan tersebut, penggunaan hashtag (tanda #) yang tepat, hingga mempromosikan diri anda.

Dalam masalah resolusi foto atau video. Ana tidak perlu menggunakan kamera DSLR atau yang mahal. Yang di perlukan adalah hasil dari jepretan kemera ponsel tidak blur, dan jelas apa yang ingin disampaikan melalui unggahan tersebut. Pencahayaan foto dan video juga diperhatikan agar terkesan artistik.

Konten harus sesuai dengan konsep anda. Imej sangat berhubungan dengan apa yang diunggah. Kalau berkaitan dengan kuliner, bisa memasukkan informasi kuliner yang menarik yang pernah anda coba. Opini tentang makanan tersebut, lokasi serta imbuhan informasi yang unik lainnya. Jangan lupa untuk foto dan video yang menarik, biar tambah keren.

Supaya hasil unggahan dapat disaksikan oleh banyak orang, maka hal berikutnya adalah perlu memperhatikan penggunaan hashtag pada postingan. Caranya menggunakan hashtag yang senang populer dengan menggunakan situs webstagram. Lalu menggunakannya di postingan. Jangan menggunakan hashtag yang tidak memiliki hubungan sama sekali.

Jika memakai tagar yang tepat, postingan akan muncul pada pada suggestion untuk unggahan dengan hashtag yang sama. Seseorang yang senang melakukan pencarian terhadap hashtag tersebut, unggahan anda akan muncul.

7 Cara Menjadi Influencer yang Sukses

Perbanyak Interaksi dengan Pengguna Lain

Cara meningkatkan jumlah pengikut san audience yang menonton unggahan milik anda, maka sebagai pemilik akun harus melakukan interaksi dengan pengguna lainnya agar mereka lebih tertarik untuk melihat dan menjadi followers. Dengan menjadi influencer memiliki jumlah pengikut yang tinggi dan aktif akan menaikkan harga tawaran kepada para pengiklan.

Untuk melakukan interaksi dengan semua pengikut anda, pastinya kan menyulitkan anda. Supaya lebih mudah untuk berkomunikasi, ada beberapa perangkat yang bisa membantu anda. Seperti aplikasi Instagress dan Selebgram. Konsep kerjanya sama, memiliki tujuan untuk membantu anda melakukan follow dan like dengan otomatis terhadap topik tertentu yang bisa anda pilih. Perbedannya aplikasi Selebgram menggunakan bahasa indonesia yang mempermudah penggunaannya.

Jangan Pernah Membeli Pengikut

Memang sekarang apapun bisa dibeli. Asal ada uang yang cukup semua dapat didapatkan. Akan tetapi semua yang dibeli itu tidak semua baik untuk diri. Seperti jasa penambah followers berbayar, ini bisa digunakan untuk mendapatkan pengikut secara instan. Ingat jangan menggunakan cara tersebut untuk memperbanyak followers.

Kenapa? Karena terdapat perbedaan yang mencolok antara pengikut dan jumlah egagement yang anda terima. Ini bukannya membuat anda bisa ikut pengiklanan justru kan semakin jauh dari kriteria. Karena tujuan para pengiklan adalah egagements yang anda miliki.

7 Cara Menjadi Influencer yang Sukses

Perluas Jaringan Anda

Seiring waktu, semakin bertambahnya folowers akan muncul berbagai komunitas medsos dan mengadakan acara. Anda bisa datang ke acar tersebut untuk bertemu dengan pengguna atau influencer lainnya. Bisa menambah teman, juga bisa memperluas koneksi. Dapat sharing,bahkan meminta saran dari para influencer lainnya.

Menghadiri acara seperti ini akan membantu influencer memiliki lebih banyak pengikut lainnya. Bisa mempromosikan diri anda. Sangat praktis bukan?

Suguhkan Konten Positif Untuk Edukasi ke Masyarakat

Yang satu ini benar-benar harus diperhatikan. Ingat jadilah seorang influencer yang menebarkan kebaikan serta hal yang positif baik itu pada orang lain sekaligus diri sendiri. Konten yang positif bagi masyarakat, serta membangun dan mengedukasi para netizen atau masyarakat. Jadi anda tidak hanya menjadi kaya di medsos tapi juga turut memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.

7 Cara Menjadi Influencer yang Sukses

Sudah tahu bukan cara menjadi seorang influencer? Semua butuh usaha dan waktu. Menjadi seorang influencer memang menguntungkan, tapi akan lebih bermanfaat jika bisa memberikan nilai yang positif dan edukatif. Dari unggahan yang anda posting bisa memberi dampak positif para pengikut dan masyarakat.

Semoga infonya bermanfaat.

Selamat mencoba.

Add a Comment