7 Cara Mengatur Gaji Cukup Sebulan Cerdas

7 Cara Mengatur Gaji Cukup Sebulan Cerdas – Apakah gaji bulanan anda terasa kecil? Apakah cukup untuk kebutuhan sebulan ke depannya? Sebenarnya pertanyaan ini tidak perlu di tanyakan, karena hanya diri sendiri saja yang tahu bagaimana mengaturnya selama sebulan.

Banyak yang berpikir gaji bulanan kecil tidak membutuhkan pengaturan keuangan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Jadi seperti pengelolaan tidak dianggap penting.

7 Cara Mengatur Gaji Cukup Sebulan Cerdas

Berpendapat seperti itu merupakan hal yang salah. Sebab kalau anda mampu mengelola dana sejak dini maka tak peduli persoalan gaji yang sedikit tetap bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Jika anda lebih mampu mengutak ngatik dengan benar maka bisa menjamin masa depan atau dengan cara di tabung dan di investasikan.

Tidak akan menjadi hal yang mustahil kalau memang anda bisa menjamin mengatur keuangan anda untuk masa depan anda. Karena hal yang terpenting adalah bisa mengatur keuangan selama sebulan itu, dan seterusnya.

Nah bagaimana cara mengatur gaji agar cukup? Berikut simak tipsnya.

Buat Skala Prioritas

Mulai anda menerima gaji di awal bulan, anda sudah merencanakan pengeluaran apa yang akan dilakukan. Perencanaan tersebut harus menjadi skala prioritas. Yaitu dengan menulis segala kebutuhan yang di utamakan lebih dahulu. Seperti kalau anda sudah berkeluarga maka kebutuhan dalam sebulan itu, seperti membayar uang sekolah anak, membayar tagihan listrik, membayar cicilan rumah, atau lainnya yang benar-benar prioritas.

Jika sudah ada listnya anda bisa melihat mana kebutuhan yang harus terpenuhi dan kebutuhan yang harus ditunda. Karena gaji yang terbilang cukup sebaiknya hindari kebutuhan yang tidak penting atau masih dibutuhkan jangka lama.

Anda harus berpikir cara hidup hemat, seperti penggunaan transportasi yang terlalu banyak, maka anda harus memikirkan bagaimana alternatif transportasi yang lebih hemat.

Membuat Rencana Keuangan

Jika anda berhasil memilih mana pengeluaran yang perlu diprioritaskan maka selanjutnya membuat anggaran berapa jumlah yang akan dikeluarkan. Yang terpenting adalah sebisa mungkin tidak terjadi pemborosan dalam kebutuhan yang sudah ditulis. Hal tersebut bisa mengendalikan diri anda agar tidak melampaui batas yang sudah di tetapkan.

Membuat anggaran tersebut perlu di tulis juga berapa pendapatan yang masuk, serta berapa jumlah pengeluaran yang dibutuhkan. Dengan hal ini maka akan membuat anda lebih ketat dalam mengeluarkan uang bulanan. Anda jadi memiliki kesempatan untuk menabung perbulannya..

7 Cara Mengatur Gaji Cukup Sebulan Cerdas

Sisihkan Sejak Awal untuk Menabung

Walaupun sedikit, bukan berarti tidak ada kesempatan untuk menabung atau berinvestasi. Sisipkan anggaran untuk di tabung meski jumlahnya tidak besar. Ini akan bermanfaat untuk masa depan. Sebab setiap orang tidak tahu bagaimana kehidupan di kemudian hari.

Menekan Pengeluaran Bulanan

Apapun keadaannya, terlebih gaji yang pas pasan wajib menghindari gaya hidup yang konsumtif. Anda harus bisa memanajemen keuangan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan bulanan.

Belanja bulanan memang perlu di lakukan, akan tetapi bukan berarti anda bebas membeli apapun yang anda sukai. Akan tetapi belilah apa yang benar-benar anda butuhkan untuk setiap bulannya, serta hilangkan pengeluaran yang tidak penting.

Sisihkan Untuk Berinvestasi

Tidak hanya menabung, tapi anda juga harus menyisihkan sebagian kecil untuk investasi. Pos investasi tetap perlu dilakukan meski gaji anda sedikit.

Bukan berarti anda harus mengikuti badan investasi. Investasi bisa dilakukan dengan berbagai cara. Seperti investasi dengan emas, jika uang yang Anda miliki tak cukup untuk membeli emas, maka bisa dengan cara kredit emas. Karena secara tidak langsung anda menjamin kehidupan di masa depan.

7 Cara Mengatur Gaji Cukup Sebulan Cerdas

Selalu Menerapkan Gaya Hidup Hemat dalam Kehidupan

Kunci agar gaji bulanan cukup adalah, dengan memiliki gaya hidup hematnya. Artinya anda bisa menggunakan uang dengan kebutuhan yang penting saja. Pangkas kebutuhan yang tidak penting.

Usaha Sampingan Untuk Menambah Penghasilan

Cara yang terakhir adalah dengan memiliki penghasilan tambahan. Ada banyak bidang bisnis sampingan yang bisa anda pilih sesuai dengan kondisi anda. Sekiranya tidak mengganggu waktu kerja anda. Pilih pekerjaan yang fleksibel merupakan hal yang tepat. Dengan pekerjaan yang dapat anda lakukan dimana saja dan kapan saja anda bisa menambah penghasilan tanpa mengganggu pekerjaan utama.

Apa saja seh pekerjaan yang fleksible itu? Contohnya berjualan online, anda bisa menetapkan waktu dan open order sesuai dengan waktu senggang anda. Seperti yang anda tahu sekarang hampir semua pekerjaan bisa dilakukan dengan online. Tinggal pilih mana yang cocok sebagai usaha sampingan anda.

Semoga infonya bermanfaat.

Add a Comment