6 Trik Usaha Agar Bisnis Sukses dan Panjang Umur

6 Trik Usaha Agar Bisnis Sukses dan Panjang Umur – Sebagai pebisnis yang baru memasuki dunia bisnis, mencari keuntungan yang banyak dalam waktu singkat merupakan godaan yang berat dan pasti pernah dirasakan setiap pebisnis. Terlebih dalam kondisi modal yang lebih dari cukup dan semangat yang membara, kadang para pengusaha tidak tanggung-tanggung untuk mengerahkan seluruh daya dan upaya mereka untuk mengejar keuntungan tersebut.
Keuntungan yang datang tiba-tiba dengan arus keuangan dalam jumlah yang besar menjadi satu pemicu para pengusaha lepas kendali dalam bisnis mereka. Namun, kenyataannya dunia dagang dan bisnis adalah hak yang penuh dengan ketidakpastian. Bisa saja ramai hari ini, esok hari sepi, untuk untung hari ini kalau tidak dikelola dengan baik bisa menjadi penyebab kerugian di lain waktu.
6-Trik-Usaha-Agar-Bisnis-Sukses-dan-Panjang-Umur
Supaya tidak mudah tergoda meraih keuntungan sesaat dan bisnis bisa berumur panjang, maka anda bisa melakukan trik usaha agar berumur panjang. Berikut :
 
Pisahkan Urusan Bisnis dan Pribadi
 
Menemukan trik usaha hampir bisa ditemukan disetiap web bisnis, mulai dari Forbes, Black Enterprise, atau pun Fortune. Hal ini sering diabaikan bahkan bagi pemula bisnis dalam menjalankan bisnisnya.
Umumnya mereka merasa uang berasal dari sumber yang sama dan akan berujung yang sama, biaya untuk keperluan bisnis terkadang tercampur aduk dengan pengeluaran pribadi.  Termasuk pulsa dalam hal pemasukan. Sehingga kalau mengecek jalur transaksi, bisa menjadi kebingungan sebab uang yang keluar masuk sudah saling tumpang tindih.
Cara yang paling mudah untuk melakukan usaha pertama adalah anda harus memisahkan akun bank untuk keperluan pribadi dengan keperluan bisnis. Maka semakin cepat anda memisahkan keuangan dengan baik maka rekam transaksi akan jauh lebih rapi dan mudah untuk dideteksi.
 
Efisien Dalam Pengeluaran
 
Dalam hal ini bukan berarti anda pelit. Namun sebagai pengusaha memang sangat penting untuk menahan diri untuk pengeluaran yang tidak perlu. Dari Black Enterprise memberi saran pada anda untuk menghitung secara matang pengeluaran biaya menjadi tetap dan tidak tetap. Prioritaskan pengeluaran tetap, kalau masih ada sisa bisa untuk biaya yang lebih variable.
Atur Anggaran Arus Kas dan Pengeluaran
 
Menggunakan system buku kas atau aplikasi software yang sudah tersedia banyak di gadget untuk mencatat arus kas dan pengeluaran. Bisa memasukkan komponen utama penerimaan yang bisa diantisipasi beserta dengan pengeluarannya, anda bisa memperkirakan arus kan yang tersedia. Maka perlu diingat agar anda selalu memperbaharui catatan agar arus tetap terpantau dan bisa disesuaikan dalam rencana bisnis.
Perhatikan Tenaga Kerja
 
Pembiayaan tenaga kerja merupakan salah satu factor yang sangat penting dan perlu diperhitungkan saat anda menjalankan bisnis. Entah itu pekerja tetap atau konteporer, hitung dengan seksama segala biaya yang menjadi hak dari si pekerja. Termasuk uang lembur, tunjangan kesehatan, dan lainnya.
Kalau masih ada ruang dan kinerjanya baik, maka jangan ragu untuk insentif atau memberi bonus untuk semakin menyalakan semangat mereka, begitu pula sebaliknya. Dari Forbes, pekerja adalah investasi yang sangat penting untuk bisnis anda. Mencatat kinerja mereka dan prestasi sangat disarankan dan bisa membantu anda membuat keputusan bisnis di masa yang akan datang.
 
Bayar dan Tagih Tepat Waktu
 
Banyak usaha yang sukses secara keuntungan namun mengabaikan tagihan yang menjadi kewajiban. Mereka bisa langsung tamat bisnisnya. Maka dari itu bayarlah tagihan yang menjadi tanggung jawab anda, seperti pajak, kredit pinjaman, asuransi, serta kewajiban lainnya dengan tepat waktu. Dalam urusan menagih hutang juga terhadap konsumen jangan mengulur waktu. Ini memang terlihat simple, akan tetapi bisa menyelamatkan bisnis anda.
 
Konsultasi Dengan Ahli
 
Apapun keadaan dan posisi anda, jangan pernah ragu untuk bertanya, baik anda seorang pemula atau sudah terjun  lama dalam bidang usaha. Melakukan konsultasi bisa  anda lakukan dengan bertanya pada pebisnis yang lebih berpengalaman atau bahkan bisa langsung menyewa ahli.  Dengan memiliki seorang ahli, mintalah saran mereka untuk mengevaluasi kelemahan dan kekuatan bisnis anda. Dalam situs Forbes juga menyarankan Anda jangan ragu meminta para ahli untuk mencarikan skema terbaik demi menumbuhkan bisnis anda.
Nah, itulah trik sukses usaha agar panjang umur, memang bukan hal mudah. Namun, ini hal yang bisa anda lakukan untuk mempertahankan dan mengembangkan bisnis anda. Meskipun ini merupakan hal yang terlihat sepele, akan tetapi justru memiliki andil yang besar dalam berdirinya bisnis anda.
Semoga informasi di atas bermanfaat. Selamat berbisnis.
Sampai jumpa.

Add a Comment