6 Tips Jualan di Instagram yang Efektif

6 Tips Jualan di Instagram yang Efektif – Semakin berkembangnya teknologi internet membuat orang lebih banyak menggunakan internet untuk berbagai kebutuhan, seperti komunikasi, mencari info, bermain game online, melihat video sampai digunakan untuk menambah pendapatan.
Cara memperoleh pendapatan menggunakan internet berbeda-beda ada yang menulis konten, menjadi vlogger, menjadi selebgram, sampai berjualan online yang sudah marak sekarang. Teruntuk berjualan online memang sudah banyak sekali disediakan platform, mulai dari situs e-commerce, hingga melalui media sosial seperti Facebook dan Instagram.
Instagram merupakan salah satu aplikasi favorit yang paling banyak digunakan untuk berjualan. Sebab aplikasi ini mengutamakan foto dan video. Maka akan memudahkan penjual untuk memperkenalkan produknya dan dari si pembeli bisa memudahkan untuk mencari suatu produk.
Seperti yang kita tahu instagram merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan sebagai media  penjualan dalam meningkatkan penjualan efek yang dilihat cukup besar. Sudah pasti anda tahu betapa besar peluang dalam berjualan online menggunakan instagram.
Bagi anda yang ingin memulai bisnis online melalui instagram, bisa menyimak tips berikut untuk memudahkan anda serta efektif dalam menjual produk anda.
1. Buat Akun Khusus
 
Buat akun khusus untuk berjualan jangan menggunakan akun pribadi. Ini selain untuk tujuan privasi, juga memudahkan anda dalam menyasar target pasar dan memposisikan toko sesuai dengan karakter dan kelebihan yang diperlihatkan. Terlebih sekarang Instagram sudah ada fitur khusus untuk para pebisnis, jadi anda bisa memanfaatkan secara efektif. Memiliki akun khusus untuk berjualan akan memudahkan anda dalam berjualan.
2. Mencari Follower yang Banyak
 
Memiliki akun khusus, maka anda harus memiliki banyak follower juga. Sebab tanpa adanya follower tidak akan ada yang melihat foto anda, sehingga tentu pembeli tidak akan datang. Untuk menambah follower, pertama anda perlu memfollow pengikut dari akun instagram yang menjual produk sejenis dengan produk anda.
Sudah pasti follower dari toko tersebut memiliki ketertarikan terhadap barang yang dijual, dan memungkinkan bahawa follower tersebut merupakan pembeli yang berpotensi bagi toko anda juga.  Follow sebanyak mungkin akun yang bisa dan lakukan secara bertahap.
Lakukan terus secara berkala sampai following anda mencapai angka puluhan ribu. Dari akun yang di follow tentu ada yang penasaran dan melihat instagram Anda. Kemudian anda bisa memasang foto-foto yang menarik hingga mereka akan memfollow anda kembali.
3. Upload Foto yang Banyak Dengan Konten Menarik
 
Supaya bisa menarik minat orang untuk mem-follow akun anda, pastikan anda teratur dan rajin dalam menguplod foto menarik. Selain foto yang menarik, anda harus menambah pula deskripsi atau caption yang sesuai dengan penjelasan yang lengkap mengenai produk yang dijual.
Selain foto produk anda bisa melakukan selingan dan mengupload foto yang tidak berkaitan secara langsung dengan penawaran barang tapi masih terkait dengan barang yang dijual.
Seperti anda menjual baju, maka anda bisa menguplod foto yang mengarah pada cara berbusana, atau gaya berbusana kekinian.
4. Poles Foto Agar Menarik
 
Selain mengunggah banyak foto, kualitas foto juga perlu diperhatikan. Meski memfoto menggunakan ponsel tetap usahakan foto anda tetap menarik, jelas, dan fotogenetik. Ini akan menarik perhatian follower anda dengan mudah.
5. Beri diskon Atau Promo
 
Diskon merupakan hal yang paling disukai banyak orang terutama kaum hawa. Untuk itu anda perlu memberi diskon dan bila perlu cantumkan foto sehingga menarik perhatian dan mendorong orang untuk membeli produk anda. Dengan mengadakan promo tentu ini akan efektif untuk meningkatkan perhatian orang akan produk yang anda jual.
6. Gunakan Hashtag yang Sesuai dan Menarik
 
Menggunakan hashtag akan mempermudah  orang untuk melihat produk anda, sehingga jangan sampai bosan untuk menambah hashtag pada produk anda yang diupolad. Kalau bisa anda memiliki hashtag khusus untuk bisnis anda, ini akan mempermudah orang untuk menemukan bisnis anda.
Berjualan online, seperti melalui media sosial tentu tidak bisa memberikan hasil yang instan. Akan tetapi kalau anda tetap bekerja keras dan menggunakan strategi yang tepat, maka anda bisa merasakan hasilnya.
Anda bisa belajar dari akun-akun yang sudah sukses dan mempelajari strategi yang dipakai untuk diterapkan dalam bisnis anda, dan semakin menambah efektif penjualan produk anda.
Semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda. Selamat mencoba. Dan sukses selalu.
Sampia jumpa.

Add a Comment