6 Penyebab Gangguan Listrik PLN

6 Penyebab Gangguan Listrik PLN –  Listrik sudah menjadi kebutuhan manusia, sekarang listrik sudah bisa dikatakan sebagai penyokong kehidupan, untuk kehidupan sehari-hari sampai kebutuhan untuk berbagai bidang.  Melihat betapa pentingnya kebutuhan listrik jaman sekarang, saat mengalami gangguan listrik pasti akan menjengkelkan bukan?
Saat listrik padam tentu akan sangat membuat jengkel terutama saat kita ada keperluan yang mendesak dan bergantung pada listrik. Pasokan listrik yang dimiliki PLN masih terbilang terbatas walau sudah mendapat dari sumber-sumber yang bisa menghasilkan listrik seperti pembangkit tenang air, uap, diesel, panas bumi, surya, angin yang semuanya masih memiliki keterbatasan dibanding demand.
Sebagai pengguna listrik kita juga harus tahu penyebab listrik PLN bisa mengalami gangguan.
1. Power Failure atau gangguan sumber listrik
Gangguan yang pertama ini paling sering terjadi yaitu kondisi listrik dari pusat yang mati. Power failure bisa terjadi pemadaman bergilir, beban berlebih atau hubungan arus pendek. Kalau ada peralatan listrik di rumah yang sedang menyala atau sedang beroperasi saat terjadi pemadaman listrik PLN , akan berdampak pada kerusakan alat elektronik.
2. Power Surge atau tegangan listrik naik
Power surge dimana kondisi saat tiba-tiba voltase naik melebihi angka 100% dalam waktu singkat atau melonjak secara tiba-tiba disebabkan oleh petir yang menyambar. Dampak power surge juga berdampak pada kerusakan peralatan listrik.
3. Power SAG atau tegangan listrik menurun
Power SAG terjadi ketika voltase menurun tiba-tiba, kebalikan dari Power surge. Seperti yang awalnya 200 volt, bisa menurun sampai 75 persen. Ini akan sangat berdampak buruk pada peralatan listrik. Gangguan ini bisa terjadi oleh pengoperasian alat elektronik yang memiliki daya besar atau melebihi daya listrik di rumah atau karena ketidakstabilan sumber listrik PLN karena pemakaian beban berlebih.
6-Penyebab-Gangguan-Listrik-PLN-compressor
4. Electrical Line Noise atau gangguan gelombang listrik
Electrical line noise, karena adanya gangguan gelombang listrik yang disebabkan oleh frekuensi radio, sambaran petir atau instalasi listrik yang kurang baik. Bisa menyebabkan kerusakan pada peralatan elektronik dirumah karena kondisi tegangan dapat naik tiba-tiba atau bahkan turun.
5. Over Voltage atau tegangan listrik melebihi batas normal
Over voltage adalah kondisi tegangan listrik yang melewati batas normal dalam kurun waktu yang cukup lama dan sering terjadi setiap harinya. Over voltage bisa membuat alat elektronik menjadi panas dan rusak bahkan untuk komputer bisa rusak hingga menghilangkan data yang ada, aduuh gawat banget ya?
6. Under Voltage atau tegangan listrik turun dibawah normal
Ini sedikit berbeda dengan overvoltage. Under voltage adalah kondisi dimana kurangnya tegangan listrik yang terjadi hanya beberapa menit bahkan sampai berhari-hari. Untuk dampaknya sama seperti gangguan listrik lainnya dapat membuat alat elektronik mengalami kerusakan.
Kalau di tempat anda sering terjadi gangguan listrik di atas, sebaiknya hindari penggunaan peralatan elektronik sebab bisa menyebabkan kerusakan. Kalau anda mengalami gangguan listrik di tempat anda, segera lapor ke PLN melalui call center 123 (gunakan kode wilayah Anda) untuk permasalahan dan solusinya.
Semoga informasi di atas bermanfaat.

Add a Comment