6 Faktor Penentu Bisnis Online Menjadi Sukses

6 Faktor Penentu Bisnis Online Menjadi Sukses – Pasar bisnis online di Indonesia  memang bisa dibilang menggiurkan. Dalam catatan Data Hootsuite we are social pada Januari 2019 menunjukkan bahwa setidaknya ada 107 juta orang di Indonesia yang melakukan pembelian barang konsumsi melalui e-commerce serta total transaksi lebih dari Rp133 triliun.
 
Besarnya potensi pasar online, tidak sedikit pelaku bisnis konvesional atau offline tertarik untuk terjun dalam pasar online. Perpindahan tersebut akan memberikan banyak hasil, tapi tidak sedikit pula yang gagal.
 
Ada kendala besar yang biasa terjadi dalam bisnis online ialah kurang matang dalam perencanaan manajemen dalam memulai bisnis online dan kesiapan sumber daya manusia dalam menjalankan strategi pemasaran digital yang efektif.
 
 
 
 
Berikut ada 6 faktor penentu bisnis online menjadi sukses yang sangat penting untuk dipahami oleh semua pelaku bisnis yang baik ingin menuju pasar online ataupun sudah terjun dalam pasar online.
 
1. Lakukan Riset Pasar Terlebih Dahulu
 
Pertama pastikan terlebih dahulu apakah produk atau jasa yang anda tawarkan memiliki daya permintaan yang tinggi dari konsumen melalui jalur online. Banyak pesaing dengan produk atau jasa yang sejenis lalu bagaimana anda mendapatkan peluang untuk memenangkan kompetisi dalam bisnis online ini. Pahami hal tersebut untuk mengerti strategi pemasaran digital yang cocok anda gunakan untuk memasarkan produk anda.
 
2. Pentingnya Edukasi Pasar
 
Meski jumlah belanja online semakin meningkat, akan tetapi jumlah pengguna belanja online baru sekita 10 sampai 12 persen dari jumlah populasi penduduk di Indonesia. Yang menjadi penyebabnya adalah kepercayaan konsumen terhadap platform belanja online itu sendiri. Maka dari itu perlu menyediakan waktu melakukan edukasi pasar mengenai cara bertransaksi yang aman dan memilih platform belanja online yang terpercaya.
 
3. Memulai Kecil Lalu Berinovasi
 
Kesalahan yang paling sering dilakukan pengusaha adalah ketika mau merambah ke pasar online melakukan investasi besar untuk mengembangkan website atau platform belanja online tanpa memiliki target bisnis yang jelas dan terukur.
 
Sebagai pelaku bisnis sebaiknya lakukan investasi sesuai dengan fase bisnis yang dimiliki. Memulai dengan hal yang sederhana menggunakan website dan terjangkau untuk menguji pasar. Jika sudah terjadi transaksi dan jumlahnya terus bertambah, maka anda mulai bisa mempertimbangkan  investasi lebih.  Akan tetapi semua harus memiliki budaya kerja yang baik agar perusahaan terus tumbuh dengan baik.
 
4. Kenali Jalur Pemasaran Digital yang Ada Kemudian Tentukan yang Sesuai
 
Banyak sekali jalur online yang popular saat ini untuk mengembangkan bisnis seperti Google, YouTube, Facebook dan Instagram di samping memasang iklan pada situs web lain. Pilih jalur yang sesuai dengan jenis produk yang anda jual dan posisi produk di pasar saat ini.
 
Seperti melalui Google Ads cocok digunakan untuk menyasar para pembeli yang sudah mengetahui jenis barang yang mereka cari, seperti jasa, properti dan paket liburan. . YouTube Ads cocok untuk digunakan untuk menyasar kepada suatu permasalahan tertentu yang hendak dijawab oleh produk yang akan ditawarkan, Facebook dan Instagram Ads tepat digunakan untuk menyasar pembeli potensial barang-barang yang bersifat menarik perhatian secara visual, seperti pakaian, sepatu, dan makanan.
 
5. Tracking dan Monitoring
 
Melakukan tracking dan monitoring strategi pemasaran digital sangat penting untuk memastikan pemasaran digital yang dilakukan sesuai dengan tepat sasaran. Berbeda dengan bisnis pemasaran konvensional yang agak sulit untuk diukur langsung dampaknya terhadap penjualan. Dengan pemasaran digital, upaya yang sudah dilakukan bisa ditelusuri hasilnya, dan pelaku bisnis bisa menentukan langkah selanjutnya dan mengalokasikan anggaran pemasaran dengan tepat sasaran.
 
6. Memilih Partner Pemasaran Digital yang Tepat
 
Dalam memilih partner bisnis bisa dibilang sangat krusial untuk keberhasilan pemasaran digital. Pemasaran digital ini termasuk dalam ranah yang baruh di Negara kita ini. Meski popular, tidak banyak orang yang memiliki kemampuan yang dibutuhkan untuk menyusun dan melaksanakan strategi konten serta pemasaran digital yang baik.
 
Itulah 6 faktor penentu keberhasilan bisnis online menjadi sukses. Sebagai seorang pelaku usaha tentunya harus mengerti hal ini. Guna mengembangkan usaha agar semakin maju dan sukses.
 
Semoga informasi di atas bermanfaat. Selamat berbisnis.
 
Sampai jumpa.

Add a Comment