6 Cara Mendapatkan Modal Bisnis

6 Cara Mendapatkan Modal Bisnis – Modal merupakan elemen penting dalam bisnis. Tidak ada modal maka akan sulit untuk mengembangkan bisnis dengan baik. Maka dari itu kerap ada yang bingung bagaimana mencari modal usaha yang tepat?

Selain memiliki keahlian dalam berbisnis, anda harus pandai juga dalam masalah keuangan untuk mendukung jalannya bisnis.

Kemampuan bisnis akan sia-sia kalau tidak disertai modal yang tepat dengan usaha yang djalankan. Bahkan kebutuhan untuk bisnis bukanlah hal yang remeh.

Maka dari itu harus memutar otak anda untuk mendapatkan modal usaha yang cukup, sebenarnya itu bukanlah hal yang sulit untuk mencari tambahan modal. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan. Akan tetapi semua memiliki resiko sendiri.

1. Dana pribadi

Yang pertama anda bisa membuaka usaha dengan dana pribadi yang sudah anda kumpulkan sendiri. Ini merupakan yang sangat direkomendasikan dan yang paling bijak dan tidak memiliki resiko apapun. Anda bisa mendapatkannya dengan menabung.

Namun sebelum itu anda harus memperhatikan masa depan bisnis yang akan anda pilih, apakah cerah atau justru tidak sama sekali.

Menghitung dana pribadi dnegan baik ketika menggunakannya untuk bisnis karena selain anda masih ada keluarga yang bergantung pada dana pribadi anda.

2. Pinjaman

Cara ini dgunaskan ketika anda memiliki modal yang tidak cukup dan memilih untuk ke bank mendapatkan bantuan modal untuk usaha. Seperti Kredit Multiguna (KMG) merupakan program dengan memberikan jaminan, misalnya kendaraan bermotor, rumah atau properti lainnya. 

Bunga yang di patok biasnaya 9 sampai 12 persen dengan krurun waktu, bergantung pada banyaknya uang yang dipinjam. Ada juga KUR yang menyediakan pinjaman dengan bunga % persen bahkan di bawahnya dan bisa anda manfaatkan untuk modal usaha.

3. Jalin kerjasama

Kalau anda memiliki relasi atau keluarga yang memiliki minat yang sama dan berniat membuka usaha, maka bekerjasama bisa menjadi pilihan yang baik. Rekan bisnis bisa memberikan modal sebagai bantuan dan juga emmbantu operasional sehari-hari.

Kalau anda menjalin kerjasama, maka harus membuat kesepakatan soal pembagian hasil agar keduanya tidak merasa dirugikan. Agar lebih amannya sebaiknya buat surat tertulis dan bertanda tangan berdua disertai dengan materai.

4. Investor

Cara yang satu ini hampir sama dengan kerjasama bisnis. Pihak ketiga akan memberikan modal usaha kepada anda. Perbedaannya investor hanya berperan memberikan dana saja tanpa terlibat masalah operasionalnya.

Namun ada kesepakatan atau perjanjian pembagian hasil antara kedua belah pihak, ager tidak ada yang merasa di rugikan. Sama seperti sebelumnya buatlah perjanjian kontrsak tertulis dan ditandatangani.

Umunya para perusaha start up akan menggunakan dan investor yang dikenal sebagai sebagai Venture Capital (VC) untuk memulai usaha. Yang biasa di sebut sebagai saham yang akan dimiliki oleh VC.

5. Pinjaman ke keluarga atau teman

Kalau anda saudara atau anggota keluarga yang berbaik hati, anda bisa meminjam modal tanpa harus ada uang tambahan atau bunga. Akan tetapi nominal yang diberikan juga tidak sebanyak anda ketika mengajukan pengajuan pinjaman ke bank.

Resikonya, kalau anda meminjam uang akan banyak omongan orang. Dari sinis perlu anda implikasikan jika meminjam kepada orang terdekat. Terutama kalau nanti kemungkinan menunggak atau terlambat membayar.

6. Ikuti pelatihan

Untuk alternative yang lain untuk medapatkan modal usaha, bisa melalui pemberdayan ekonomi seperti lembaga penyalur kredit usaha rakyat atau KUR.

Mereka kerap mengadakan pelatihan pada para pebisnis, training atau workshop yang dibuka secara umum. Anda bisa mengikuti acara tersebut sebab biasanya setela selesai aka nada informasi untuk mengatasi akses modal usaha.

Ada 6 cara yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan modal usaha. Dari sekian cara tersebut lebih baik mengumpulkan dana sendiri. Selain mempermudah, anda kan belajar bagaimana mengatur uang dengan baik ke depannya.

Semoga infonya bermanfaat.

Add a Comment