6 Cara Hemat Kuota Saat Tethering Ponsel

6 Cara Hemat Kuota Saat Tethering Ponsel – Saat ini kita dihimbau oleh pemerintah untuk bekerja di dalam rumah atau work from home (WFH). Sebagian besar perusahaan besar mengadakan system kerja dalam rumah yang tentunya akan terdengar sangat menyenangkan. Namun bagaimana jika pekerjaan tersebut justru terhambat karena ketidaksediaan Wi-Fi di rumah?
 
Kalau anda tidak menginginkannya tentu, anda harus mengaktifkan penambatan (tethering) data melalui ponsel. Akan tetapi tethering ponsel akan sangat menghabiskan kuota dengan cepat. Lalu bagaimana agar bisa menghemat kuota saat menggunakan tethering ponsel? Berikut tipsnya.
 
1. Setting Google Chrome yang Lebih Hemat Kuota
 
Ternyata fitur yang disediakan peramban (web) Google Chrome agar kuota anda   tidak menjadi boros. Fitur ini akan menonaktifkan pengundungan gambar atau video saat anda membuka sebuah laman.
 
Caranya :
 
Klik ikon tiga titik di sisi pojok kanan atas.
Klik “setting”
Pilih “privacy” lalu klik “content setting”
Klik images lalu beri tanda centang pada pilihan “do not show any images”
 
2. Compress Ukuran Data di Opera Browser
 
Anda juga bisa memanfaatkan salah satu peramban yang menggunakan sedikit data, seperti Opera. Meski bisa hemat, bahkan anda bisa lebih menghemat penggunaan kuota saat menggunakan Opera dengan fitur Opera Turbo.
 
Caranya :
 
Klik ikon di bagian pojok kiri atas Opera
Kemudian, klik fitur Opera Turbo
 
3. Coba Browser Hemat Kuota Ini
 
Ada cara lain agar anda bisa menghemat penggunaan kuota penambatan dari ponsel saat masih dalam system kerja WFH ialah mengubah jenis browser yang anda gunakan.
 
Anda bisa mencoba menggunakan browser yang lebih hemat kuota seperti UC Browser, Opera Mini, Ace Browser, CM Browser, dan Apus Browser. Di antara browser ini apakah anda pernah menggunakannya? Ini bisa di coba untuk menghemat data kuota anda.
 
4. Atur Batas Penggunaan Data Anda
 
Ketika anda mengaktifkan penambatan ponsel, seringkali karena terlalu asik tiba-tiba muncul pemeberitahuan bahwa kuota internet telah habis. Pasti kesalkan ya? Solusinya anda perlu membatasi jumlah penggunaan data kuota anda.
 
Caranya :
 
Masuk ke Pengaturan (Setting)
Pilih Sambungan Nirkable Lainnya
Pilih Hotspot Pribadi
Pilih Manager Koneksi dan klik Pembatasan Data
Dari sini anda bisa membatasi jumlah penggunaan data yang anda bagikan saat tethering ponsel. Mulai dari 10 MB, 50 MB, sampai Tidak Terbatas, tinggal pilih mana batasan kuota akan dibagikan.
 
5. Matikan Sinkronasi Cloud
 
Ada hal yang tidak anda sadari yang bisa menghabiskan kuota ponsel anda. Yaitu sinkronisasi Cloud, seperti iCloud, Dropbo ataupun Google Drive. Jika ingin menghemat kuota,  anda bisa mematikan sinkronasi cloud ini.
 
Untuk menonaktifkan sinkorasi cloud di Dropbox:
 
Buka aplikasi Dropbox
Pilih ikon Pengaturan (Setting) pada bagian pojok kanan atas.
Klik Pause Syncing (Jeda Sinkronasi)
 Dan sudah selesai.
 
6. Aktifkan Fitur Power Save
 
Dan upaya terakhir yang isa anda gunakan untuk menghemat kuota tethering ponsel adalah mengaktifkan fitur Power Save pada ponsel anda untuk menghemat penggunaan kuota.
 
Cara mengaktifkan fitur Power Save :
 
Pilih Pengaturan (Settings)
Klik Penggunaan Data (Data Ussage)
Klik Pembatasan Kuota Data (Set Mobile Data Limit)
Pilih jumlah batasan data yang anda inginkan.
 
 
Itulah 6 cara hemat saat tathering ponsel, yang bisa membantu anda saat bekerja di rumah. Selain itu, kalau ada teman yang mau tatheringan anda bisa mengunakan cara ini agar kuota anda tidak kehabisan banyak.
 
Semoga bermanfaat.
 
Sampai jumpa.

Add a Comment