5 Tips Usaha Sampingan Jelang Lebaran

5 Tips Usaha Sampingan Jelang Lebaran – Sudah memasuki bulan Ramadhan, dan nggak lama lagi mau Lebaran. Dan sudah saatnya melakukan usaha sampingan jelang Lebaran. Anda bisa mendapatkan pemasukan tambahan selain dari gaji bulanan. Akan tetapi sebelum memutuskan usaha sampingan pastikan tidak mengganggu pekerjaan utama anda biar tidak stres nantinya.

Jika memang sudah berniat membuka usaha sampingan namun masih belum tahu mau bagaimana memulainya. Ini hal yang wajar kalau anda masih termasuk golongan pemula dan belum pernah berjualan online atau bisnis apapun sebelumnya.

Namun  anda tidak usah bingung,  anda dapat memulainya dengan berjualan online berupa barang atau makanan yang masih tinggi permintaannya saat musim lebaran. Bisa dikatakan peluang usaha sampingan menjelang lebaran memiliki potensi yang besar.

Bagi pemula hal terpenting adalah memiliki keberanian memulai dan mengetahui tips usaha sampingan yang pas. Agar usaha sampingan yang anda jalankan berjalan lancar dan cepat meraih keuntungan. Berikut ada 5 tips usaha sampingan yang bisa anda gunakan.

1. Pilih Bisnis yang Sesuai Dengan Situasi dan Kondisi

Anda mengetahui situasi dalam beberapa minggu  kedepan adalah Lebaran. Akan tetapi Lebaran kali ini akan sedikit berbeda karena sedang berada situasi waspada pada pandemi saat ini.

Tidak perlu merasa minder karena kondisi yang sekarang ini. Di balik kesusahan masih ada peluang bisnis. Meski ada di beberapa daerah untuk berdiam diri di rumah, dan segala aktifitas dilakukan di rumah, namun permintaan akan produk lebaran masih besar.

Lalu apa saja bisnis yang memiliki potensi untung? Ada beberapa ide usaha di antaranya parcel sembako, beragam kue lebaran, beragam masakan khas lebaran, perlengkapan ibadah, minuman kesehatan, masker, dan jaket pelindung edisi lebaran, dan peluang bisnis lainnya.

Sebaiknya pilih usaha sampingan yang sesuai dengan kemampuan anda miliki. Kalau modal cukup besara nda bisa memili bisnis parcel bingkisan yang menarik saat lebaran atau usaha kue dan masakan khas lebaran.

Kalau anda memiliki modal pas-pasan anda bisa menjadi reseller atau freelancer sesuai keahlian sebagai usaha sampingan.

 2. Tetapkan Harga yang Bersaing

Tips usaha sampingan selanjutnya adalah harga produk. Jumlah pedagang saat lebaran akan melonjak drastis. Banyak yang tertarik untuk berjualan online karena besarnya keuntungan yang akan didapatkan. Namun, membutuhkan strategi yang tepat. Agar tidak kalah saing dengan bisnis yang lain, sebaiknya anda memasang harga yang bersaing, artinya jangan terlalu mahal atau terlalu murah.

Di dalam dunia online, harga yang bersaing akan menjadikan Susana bissnis menjadi lebih hidup. Memenangkan persaingan di pasar dengan membuat produk kualitas terbaik.  Seperti memberikan diskon ongkos kirim. Respon yang cepat, dan kemudahan order via WhatssApp.

Menggunakan strategi marketing yang pas agar usaha yang anda rintis mendapatkan keuntungan. Maka gunakan tips usaha sampingan yang pas. Percaya diri dan promosikan bisnis usaha sampingan melalui media sosial. Facebook, Instagram, TikTok, WhatsApp story, website/blog pribadi, hingga buka toko online di situs marketplace.

Mempromosikan produk atau jasa melalui foto atau video yang dikemas dengan caption menarik. Gaya bahasa yang menarik agar bisa menggaet pembeli. Tidak perlu ragu untuk promosi dengan cara mengajak kolaborasi teman atau relasi anda. Terlebih mereka yang menjalankan bisnis juga. Coba tawarkan kerja sama dengan keuntungan yang menarik.

3. Lakukan Inovasi Agar Semakin Kreatif

Melakukan berbagai inovasi agar produk atau jasa yang dijual dapat memenuhi harapan konsumen. Inovasi yang tidak terbatas pada produk dagangan anda, pelayanan yang diberikan, sampai promosi dan kemudahan system pambayaran.

Sebagai seorang pemula anda harus rajin mengasah kemampuan anda dalam inovasi bisnis. Menggunakan media sosial untuk mempelajari usaha sampingan anda. Seperti cara mengambil foto produk yang menarik menggunakan ponsel pintar atau belajar membuat video tutorial yang menarik.

Nah, mampu mengelola keuangan dengan baik, merupakan poin penting dalam tips usaha sampingan. Hal ini tidak bisa disepelekan. Saat anda berbisnis maka anda akan belajar mengatur keuangan yang baik. Selalu catat dan pisahkan keuangan pribadi usaha anda. Ini bertujuan apakah usaha sampingan yang anda jalankan berjalan dengan baik atau tidak. Baik perputaran modal dan sebaliknya.

Jalankan Bisnis Online dengan Serius dan Sabar

Berbisnis baik itu usaha sampingan atau utama seperti menanam pohon sampai berbuah. Maka dibutuhkan waktu dan proses usaha ekstra di perjalanan usaha sehingga akan memperoleh hasil yang manis. Selain sabar, memulai usaha sampingan dari nol memang harus serius agar bisnis bisa berjalan dengan baik. Tidak hanya asal-asalan agar bisa mendapatkan untung yang maksimal. Maka lakukan yang terbaik ya!

Semoga infonya bermanfaat.

Selamat mencoba!

Add a Comment