5 Tips Sukses Menjalankan Bisnis Laundry

5 Tips Sukses Menjalankan Bisnis Laundry – Beberapa tahun terkhir ini bisnis laundry semakin banyak dibutuhkan konsumennya. Dan mengalami perkembangan yang pesat menjadi jasa laundry besar. Bahkan sudah merambah ke daerah desa, tidak hanya di kota besar saja. Usaha laundry memang bisa dibilang membutuhkan modal yang tidak sedikit. Akan tetapi keuntungan yang akan anda dapatkan juga besar. Namun hanya dengan hitungan jangka bulan saja anda sudah bisa mendapatkan balik modal.

Melihat peluang bisnis laundry yang masih terbuka lebar, ada yang memutuskan untuk terjun dalam bisnis ini. Usaha laundry dipilih sebab tidak memerlukan keahlian khusus. Selain itu juga usaha jasa ini memiliki peluang yang besar.

Kelebihan Bisnis Laundry

Sebenarnya memilih bisnis laundry tidak ada masalahnya, karena ada banyak keunggulan dalam bisnis ini. Keunggulannya adalah  :
Mudah Dijalankan

Usaha cuci pakaian tergolong mudah untuk dijalankan. Anda hanya membutuhkan mesin cuci, sabun, pewangi, dan setrika. Sebaiknya, siapkan pula pengering pakaian, agar pada saat hujan tiba, anda tetap bisa menjalankan  bisnis laundry dengan lancar.

Tidak Harus Menyewa Tempat

Tidak perlu memiliki tempat seperti layaknya toko tidak mengharuskan anda untuk merekrut karyawan. Kecuali kalau bisnis laundry anda sudah memasuki dalam bisnis skala besar. Jika anda pemula, anda bisa menggunakan ruangan kosong di rumah, seperti garansi atau halaman rumah. Anda bisa menyulapnya menjadi ruangan yang tampak professional.

Jasa yang Selalu Dibutuhkan

Tidak jauh berbeda dengan bisni pulsa, bisnis ini juga sangat dibutuhkan terutama di era sekarang. Semua orang selalu tempak sibuk dengan pekerjaannya. Dan kadang mereka tidak mau direpotkan karena urusan mencuci baju dan pasti memilih jasa ini.

Pangsa Pasar Luas

Pengguna laundry tidak hanya mahasiswa atau pekerj akntoran saja, kadang ibu rumah tangga tak jarang menggunakan jasa ini.

Minim Risiko

Bisnis laundry cenderung minim resiko. Selama anda mengelola keuangan dengan benar, serta memberikan pelayanan memuaskan kepada konsumen maka akan menghasilkan keuntungan yang besar.




Tips Sukses Usaha Laundry

Agar bisa sukses menjalankan bisnis laundry dibutuhkan beberapa tips menjalankan bisnis laundry agar sukses.
Peralatan

Di pasaran banyak tersedia berbagai merek mesin cuci dengan harga yang bervariasi. Jangan tergiur dengan harga murah, namun pakaiannya singkat. Lebih baik memilih mesin cuci yang berkualitas. Selain bisa meningkatkan produktivitas, mesin cuci akan lebih awet digunakan. Dengan begitu anda tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk membeli mesin cuci baru atau servis.

Harga

Mengingat usaha  jasa mencuci pakaian sudah menjamur di berbagai daerah. Bahkan dalam beberapa radius kilometer saja ada dua lebih usaha laundry yang buka. Namun anda harus berhati-hati dalam menentukan harga. Terapkan harga yang sama seperti pasaran yang ada atau sedikit lebih murah namun tidak merugikan anda. Seperti selisih seribu dari harga jasa cuci pakaian lain. Dengan begitu anda bisa mendapatkan konsumen.

Pelayanan

Yang paling penting adalah pelayanan yang anda berikan kepada konsumen. Pastikan anda selalu bersikap ramah terhadap pelanggan. Dan jagalah kepercayaan konsumen dengan menyelesaikan cucian tepat waktu. Menjaga barang milik pelanggan, dan jangan sampai tertukar atau hilang. Kepuasan konsumen memengaruhi usaha laundry yang anda jalankan.

Fasilitas

Untuk meningkatkan omset, memberikan layanan tambahan pada pelanggan secara gratis tidak ada salahnya. Seperti layanan antar jemput cucian dengan berat 5 kilogram. Meski terkesan sepele, namun hal ini bisa meningkatkan citra anda sebagai pebisnis laundry yang mengutamakan kebutuhan pelanggan.

Orang akan tertarik dengan pelayanan ini dan mencoba layanan yang anda tawarkan. Salah satu promosi terbaik adalah dari mulut ke mulut. Pastikan anda memiliki usaha dengan citra yang baik di mata pelanggan.

Pemasaran

Namanya usaha pasti tidak akan lepas dari pemasaran. Apapun jenis bisnis yang dijalankan, teknik pemasaran juga sangat penting. Pemasaran itu tidak sulit asal tahu strategi yang pas. Banyak beberapa trik pemasaran yang mudah dan bisa menaikkan angka penjualan.

Hal yang biasa digunakan adalah memberikan diskon atau hadiah kejutan. Seperti pelanggan yang sering laundry cucian dengan berat 3 kilogram akan mendapat potongan harga 15.000 ribu. Potongan ini bisa didapatkan pelanggan jika sudah mendapatkan 10 kupon.

Selain itu anda bisa memberikan kejutan kepada konsumen saat ulang tahun. Seperti cuci gratis satu kali dengan batasan 1 kilogram atau hadiah berupa, payung, dan kaos. Anda memang harus mengeluarkan sedikit modal, akan tetapi hasilnya tidak sebanding. Konsumen puas dengan pelayanan anda, maka bisnis anda semakin lancar.

Itulah 5 tips menjalankan bisnis laundry agar sukses. Jangan berhenti meningkatkan kualitas dan pelayanan. Di jamin bisnis anda akan berkembang dan sukses.

Semoga informasi di atas bermanfaat.
Sampai jumpa.

Add a Comment