5 Tips Mengatur Waktu Saat Berbisnis Para Millenial

5 Tips Mengatur Waktu Saat Berbisnis Para Millenial – Membangun bisnis adalah pilihan yang banyak diambil kaum millenial saat ini. Untuk menambah penghasilan. Hampir semua bidang bisnis dilakoni mulai kuliner, fashion, atau bidang lainnya sudah banyak diisi oleh tangan dingin mereka. Akan tetap sebagai kaum millenial tentunya memiliki segudang kegiatan dan harus bisa mengatur waktu berbisnis yang cocok.
 
 
 
Sangat penting untuk bisa manajemen waktu yang ada. Lalu sepenting apakah manajemen waktu? Salah satu alasan mengapa perlu memahami menajemen waktu, yaitu memaksimalkan produktivitas kerja. Kalau tidak pandai dalam mengatur waktu, maka akan berpengaruh pada hasil kinerja dari bisnis sendiri. Maka dari itu yuk terapkan beberapa tip mengatur waktu saat berbisnis para millenial.
 
1. Batasi Pergaulan Tidak Penting
 
Sebagai jiwa muda bergaul dengan orang memang perlu dilakukan, namun bukan berarti bergaul tanpa batas. Nih sering kali menjadi kendala besar saat millenial terjun dalam dunia bisnis. Mereka kurang mengetahui batasan dalam pergaulan sehingga akhirnya mereka pun membuang waktu begitu saja, dengan melakukan hal yang kurang bermanfaat.
 
Seorang pebisnis, bergaul dengan banyak orang memang perlu dilakukan. Akan tetapi denagn batasan yang jelas. Seperti sebagai seorang bisnis dalam bidang fashion, maka anda harus memperbanyak bergaul pada mereka yang memiliki dunia yang sama. Terlalu banyak bergaul dengan mereka yang tidak memiliki passion yang sama akan membuat banyak hal yang tidak penting. Anda hanya membuang waktu.
 
2. Ubah Mindset Tentang Waktu
 
Waktu akan terus berjalan  maju dan tidak akan pernah mundur. Artinya anda harus memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin. Setiap detik yang anda lalui mestinya menghasilkan uang dan mengisi rekening anda. Setiap jam waktu yang anda lalui harus dimanfaatkan untuk hal yang positif berkaitan dengan hal yang anda tekuni. Manfaatkan setiap momen untuk peluang kesuksesan bisnis. Ini adalah hal yang harus disadari, terutama kaum millenial yang terlalu sibuk dengan pergaulan mereka.
 
Mengubah mindset waktu sangat penting disaat ini banyak kaum millenial yang terjebak dengan kata santuy dan rebahan. Perlu diingat bawa kata tersebut berdampak besar kepada pemikiran dan sikap. Artinya anda harus segara  menjauh dari kesantaian dan kebiasaan rebahan yang nonfaedah. Karan kesuksesan tidak bisa diraih hanya dengan bermalas-malasan.
 
3. Disiplin Terhadap Aturan
 
Dalam sebuah usaha atau bisnis harus membuahkan hasil yang maksimal, dan ini memerlukan system yang baik dalam penerapan aturan. Kalau anda dan partner membuat sebuah aturan, maka anda harus disiplin dan mentaati aturan yang dibuat bersama. Meski sebagai seorang owner atau founder sekalipun bukan berarti berperilaku seenaknya. Seorang yang sukses harus disiplin.
 
Seperti saat anda bekerjasama dengan partner atau tim menerapkan peraturan dan mengatur jobdesk masing-masing dengan mengatur waktu kerja. Maka mau tidak mau anda harus disiplin dengan peraturan yang sudah disepakati. Karena kalau anda mentaati peraturan maka anda  sudah menghargai waktu dan akan menggunakannya untuk lebih efektif lagi.
 
4. Selalu Tepat Waktu
 
Tepat waktu masuk kantor, selalu menyelesaikan tugas. Hal in belum tentu bisa dilakukan oleh kaum millenial lho. Karena banyak distraksi yang menjadi kendala, seperti bermain game, begadang. Atau nongkrong. Hal itu adalah godaan kaum millenial yang cukup besar. Namun bila anda memiliki prinsip yang kuat maka hal tersebut bukanlah masalah, anda bisa mengatasinya dengan mudah. Maka mulailah focus dengan pekerjaan anda dan impian yang sedang anda kejar dengan selalu tepat menggunakan waktu.
 
Kalau anda tepat waktu berarti anda sudah menghargai waktu dengan baik, dan anda memiliki banyak kesempatan untuk melakukan hal yang bermanfaat lainnya. Ini akan sangat berpengaruh pada produktivitas anda sebagai pebisnis. Konsisten akan mengukur seberapa cepat anda mendapatkan nilai yang maksimal. Jika anda tepat waktu maka anda tidak lagi membuang waktu yang sia-sia.
 
5. Kurangi Tidur
 
Hampir semua orang sukses di dunia mereka lebih memilih banyak beraktivitas dan memanfaatkan waktu dengan mengurangi jam tidur mereka. Kebanyakan dari mereka selalu bersemangat menjaga moodnya agar tetap produktif melakukan hal-hal yang positif.
 
Seperti banyak para pebisnis besar salah satunya bisa diambil contoh yang baik dari , presiden ke-45 Amerika Serikat yang sekaligus pebisnis besar ini punya jam tidur yang tidak biasa. Pasalnya beliau hanya tidur 4 sampai 5 jam semalam.
 
 Tentunya hal ini bergantung pada kemampuan masing-masing.  Menjaga pola hidup sehat adalah pilihan yang penting agar produktifitas tetap terjaga.
 
Itulah 5 tips mengatur waktu berbisnis para millenial yang bisa di terapkan dalam merintis usaha. Mengingat pola hidup andak jaman sekarang sangat tidak teratur dalam memanfaatkan waktunya. Maka dari itu membiasakan diri sendiri adalah langkah awal kesuksesan dalam berbisnis.
 
Semoga infonya bermanfaat.

Add a Comment