5 Tips Buat Konten Menarik untuk Dukung Bisnis Online

5 Tips Buat Konten Menarik untuk Dukung Bisnis Online – Perkembangan teknologi yang sudah mengalami kemajuan, telah digunakan banyak kalangan untuk bisnis. Bukan hal yang mengejutkan jika banyak bisnis yang terjun menjadi bisnis online. Mulai dari yang bisnis di bidang jasa, hingga bisnis dagang pun telah berbasis online (daring).
 
Namun apakah anda tahu kalau konten merupakan termasuk hal yang sangat penting dalam melakukan bisnis online. Konten berisi segala sesuatu yang ingin disampaikan kepada masyarakat luar melalui media.
 
Nah, konten bisnis online banyak dibagikan melalui media sosial. Seperti Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan media pendukung bisnis online lainnya. Konten yang diberikan bisa berupa foto, video, tulisan, dan sebagainya.
 
Bisa dikatakan kalau konten merupakan raja untuk bisnis online. Anggapan seperti itu tidak sepenuhnya salah. Sebab bisnis yang memiliki konten berkualitas dan bagus, akan menghasilkan feedback dan juga akan meningkatkan brand value dari masyarakat luas.
 
5-Tips-Buat-Konten-Menarik-untuk-Dukung-Bisnis-Online
 
 
Lalu bagaimana bisa membuat konten yang menarik juga bagus untuk para pebisnis online?
Dalam dalam membuat konten yang tepat untuk bisnis online, setidaknya terdapat 5 kunci utama dilansir oleh Cermati.com.
1. Membuat Rencana Publikasi Konten
 
Membangun sebuah bangunan memang memerlukan grand plan atau rencana. Sama halnya membuat konten memerlukan rencana yang matang. Mengingat konten merupakan hal yang hendak dibagikan , adanya rencana memang sangat penting.
 
Jika tidak direncanakan dan dirancang dengan baik, maka bisa terjadi kesalahan lalu membuat semuanya menjadi berantakan. Seperti apa jenis konten yang akan dibuat? Ini membutuhkan rancangan.
 
Dan jangan lupa membuat konten yang akan diunggah setiap hari (daily timeline content), kemudian konten mingguan (weekly content), serta konten bulanan (monthly content).
 
Selalu melakukan analisis terhadap konten yang telah dibagikan ini bertujuan untuk mengetahui feedback yang dihasilkan dari konten tersebut.
 
2. Menetapkan Tema Konten yang Tepat Sasaran
 
Sudah membuat rencana konten, Selanjutnya yang perlu dilakukan membawa konten harus sesuai sasaran. Lalu apa yang harus dilakukan agar bisa sesuai?
 
Yang perlu diketahui, siapa sasaran untuk konten bisnis tersebut. Kalangan remaja, anak-anak, orang tua, atau sebagainya.
 
Tentunya tidak ingin konten anda salah sasaran bukan? Jika konten sampai salah sasaran, bisa membuat bisnis online menjadi sulit berjalan bahkan berkembang.
 
Mengetahui sasaran pada konten merupakan hal yang penting. Sebagai content creator, sesekali menempatkan diri menjadi audiens untuk memastikan bahwa konten milik anda sesuai dengan sasaran.
 
3. Ketahui Prinsip ATM (Amati-Tiru-Modifikasi)
 
Ada yang tahu bagaimana cara mesin ATM bekerja? Anda dapat menggunakan cara ini kalau merasa stagnan dan bosan atau merasa kehabisan ide untuk membuat konten.
 
Dapat menerapkan prinsip ATM kapan pun. Hanya saja dalam prinsip ATM, untuk kata ‘Tiru” bukan berarti harus mengcopy  koten milik seseorang secara 100 persen lalu di upload ulang.
 
Jika anda melakukan copy seratus persen, maka bisa dituntut karena melanggar hak cipta. Jadi, boleh saja melakukan copy konten namun jangan sampai 100 persen sama.
 
4. Harus Konsisten
 
Dìpoin ini, yang  dimaksudkan bukan hanya untuk pembuatan konten bisnis online saja, namun terhadap segala hal. Pembuatan konten bisnis online, sikap konsisten sangat dibutuhkan. Sebab dalam bisnis online, penawaran produk tidak hanya secara hard selling, namun dengan cara soft selling.
 
Anda tidak memiliki sikap konsisten, maka para audiens akan menilai bahwa bisnis anda tidak serius. Bahkan dapat iseng karena tidak ada sisi keseriusan yang tampak dari sikap kekonsistenan tersebut.
 
Terdapat sifat konsisten dalam pembuatan konten akan membuat produk bisnis anda akan mudah dikenali. Sikap inilah yang bisa membuat brand milik anda menjadi top brand reputation, sebab sering dibicarakan karena kekonsistenan serta pengunggahan konten bisnis itu.
 
5. Jangan Malu Memamerkan Karya Sendiri
 
Kreativitas setiap orang itu perlu terus diasah. Bagaimanapun caranya, proses trial and error akan mempunyai peranan yang sangat penting.
 
Tidak perlu merasa takut untuk memperlihatkan kreativitas dalam menciptakan konten. Sebab jika tidak ditunjukkan, anda tidak akan pernah tahu kalau konten anda sebenarnya sangat memiliki potensi untuk perkembangan bisnis online.
 
Jangan Malas untuk Terus Berlatih
 
Jika anda ingin membuat konten yang out of the box, maka wujudkan! Wujudkan, karena practice makes perfect. Anda tidak akan tahu potensi konten anda sebelum membuat dan memamerkannya pada dunia.
 
Jadi tidak perlu takut merasa gagal. Sebab kegagalan akan selalu ada dalam setiap usaha. Coba teruscoba lagi hingga berhasil. Perlihatkan segala kemampuan dalam membuat konten untuk menciptakan bisnis impian anda. Dengan sekreatif mungkin, dan seinovatif mungkin agar bisnis online dapat dikenal.
 
Semoga informasi di atas bermanfaat.
 
Selamat berbisnis!
 
Sukses selalu.

Add a Comment