5 Tips Bangun Bisnis Modern Bagi Kaum Millenial

5 Tips Bangun Bisnis Modern Bagi Kaum Millenial – Setiap hari makin banyak bisnis yang berdiri. Sekarang semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya membangun bisnis sendiri. Umumnya orang tersebut melihat tingginya peluang yang berpotensi meraih rupiah dengan lebih fleksibel melalui bisnis sendiri daripada bekerja di kantor. Akan tetapi semakin berkembangnya teknologi, anda harus pandai berdaptasi membangun usaha yang sesuai dengan kondisi jaman.

Pasar Indonesia yang sangat besar serta kebanyakan karakter masyarakat yang sangat konsumtif. Sehingga banyak orang yang melirik peluang usaha dibandingkan menjadi karyawan yang harus duduk 8 jam sehari bahkan lebih di depan mengejar target.



Yang menjadi pertanyaannya, apa usaha yang ingin dibangun di jaman modern seperti saat ini? Apakah anda mampu bersaing dengan bisnis lainnya yang sangat kompetitif? Anda sudah siap? 

Selain membutuhkan kesiapan juga membutuhkan tips untuk bersaing dalam membangun usaha di era modern ini. Untuk anda kaum millenial perkembangan jaman juga menuntut anda untuk beradaptasi dalam berbisnis.

1. Membangun Situs Mengenai Usaha Anda

Di era sekarang menggunakan internet untuk memenuhi kebutuhan sudah bukan hal yang tabu lagi. Konsumen lebih banyak mencari produk atau layanan yang dibutuhkan melalui internet.  Anda bisa membangun sebuah situs atau website untuk mendapatkan kredibilitas untuk usaha yang anda bangun. Jika anda tidak punya website, masyarakat yang bisa saja bisa menjadi target konsumen potensial anda akan beralih menggunakan layanan usaha pesaing yang memiliki website.

Ketika anda sudah memiliki situs atau website sendiri, maka desain ulang tampilan situs anda sesuai ciri khas anda sendiri agar terlihat lebih profesional. Jadi bisa memberikan rasa kepercayaan konsumen lebih besar dengan bisnis yang anda punya.

2. Mendaftarkan Lokasi Bisnis Anda di Google Business
Mendaftarkan bisnis di Google Bisnisku, tempat usaha anda secara tidak langsung akan terdaftar di dalam Google Map.  Jadi konsumen akan lebih mudah menemukan bisnis anda saat menginginkan produk bisnis anda.

Dengan menggunakan layanan Google Bisnisku, anag bisa mendapatkan riview secara gratis. Kepercayaan konsumen terhadap produk anda kan semakin meningkat di bandingkan pemasaran secara tradisional, atau konvensial.

3. Menjual Produk Di Beberapa Situs E-commerce

Di era digital saat ini akan lebih mudah orang melakukan jual beli dengan internet alias belanja online. Sebab belanja online bisa dilakukan dimana saja. Terlebih  yang lebih sibuk atau sedang memiliki waktu luang sedikit, anda bisa membeli produk anda hanya dengan klik tombol beli.
Selain itu pembeli tidak harus pergi ke suatu tempat untuk membeli. Salah satu cara belanja online adalah menggunakan E-commerce.

Situs E-Commerce adalah tempat dimana orang bisa melakukan kegiatan jual beli berbagai barang secara online. Konsep dari E-Commerce adalah seperti marketplace menawarkan jasa bagi pengusaha untuk menjual secara online dengan membuka toko di situs mereka.

Jika ingin meningkatkan penjualan anda, anda bisa memilih beberapa situs E-commerce dengan membuak toko online di beberapa situs tersebut. Melalui situs E-commerce bisa memperluas jangkauan pemasaran produk anda.

4. Manfaatkan Sosial Media Untuk Menjual Produk

Setiap penguasa pastinya ingin produk mereka laris. Namun untuk mendapatkan tingkat penjualan yang tinggi perlu menggunakan kunci yang efektif. Dengan ,memanfaatkan media sosial untuk menjual produk anda. Dai jaman sekarang ini banyak yang mengakses informasi dan produk hanya dengan membuka ponsel saja. Bahkan banyak masyarakat lebih banyak mendapatkan informasi melalui sosial media.

Pemasaran secara digital diperlukan untuk memperkenalkan produk dengan pembeli. Melihat tingginya aktivitas sosial media memberikan peluang besar untuk pemasaran produk anda. Jadi anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk memasarkan produk anda menggunakan berbagai media sosial seperti akun Instagram, facebook, LINE, dan lain-lain.

5. Mengikuti Perkembangan Teknologi

Selain menggunakan jasa media sosial dan e-commerce, anda perlu memaksimalkan menggunakan teknologi dan produk. Sebab hal ini bisa membantu anda mengembangkan bisnis dengan lebih baik adalah administrasi, transaksi keuangan, komunikasi, serta penjualan. Dan jika memiliki website jangan lupa untuk sering membuat artikel mengenai bisnis anda biar bisnis anda semakin mudah untuk ditemukan banyak orang.

Penggunaan teknologi dalam bisnis akan membuat bisnis anda semakin dikenal. Contohnya dengan membuat konten berupa video atau foto dari produk anda. Dengan melakukan hal itu, anda bisa mendapatkan nilai kepercayaan dalam pembeli. Dengan melakukan hal ini kecepatan informasi serta manajemen terstruktur adalah aspek yang penting yang menjadi nilai tambahan yang baik untuk bisnis anda.

Selain melakukan tips di atas, anda bisa menemukan tips lainnya di Google sebagai referensi tambahan anda untuk membangun bisnis modern di masa yang serba digital ini.  Yang menuntut untuk terus berkreativitas. Di tambah anda harus sipa dan konsisten dalam menjalankan usaha. Patah semangat dan terus maju meraih misi dan visi bisnis.

Semoga informasi di atas bermanfaat.

Selamat berbisnis!

Sampai jumpa!

Add a Comment