5 Tips Aman Menjelajah Internet di Android

5 Tips Aman Menjelajah Internet di Android – Keamanan akses internet harus menjadi perhatian penting bagi para pengguna. Pasalnya, banyak sekali hacker di luar sana yang tidak henti-hentinya mencari korban dengan membajak akun.
Maka dari itu, diperlukan cara yang penting  untuk memastikan kegiatan anda saat mengakses internet tetap aman dan terlindungi. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga keamanan akses anda.
Belum tahu bagaimana caranya, anda bisa tetap berselancar internet dengan aman di perangkat android anda. Berikut ada 5 hal yang bisa anda lakukan untuk menjaga keamanan akses internet pada perangkat anda.
1. Gunakan Browser yang Fokus pada Privasi
 
Cara yang paling mudah adalah menggunakan browser yang terjamin keamanannya penggunanya untuk berselancar dengan aman.
Salah satu browser yang menjamin keamanan penggunanya adalah Firefox Focus. Browser yang satu ini memang sudah didesain  untuk menjaga keamanan digital anda saat mengakses internet.
Maka dari itu, browser yang tidak memiliki riwayat penjelajahan, tabs, bookmars, atau fitur lain yang dapat biasanya terdapat aplikasi serupa.
2. Ubah Pengaturan Browser
 
Kalau ada fitur riwayat penjelajahan atau tabs masih dibutuhkan, maka anda bisa mengubah pengaturan browser untuk memastikan kegiatan anda tetap aman saat mengakses internet.
Ada sejumlah browser modern yang diketahui sudah memiliki sistem keamanan yang mampu melindungi penggunanya. Salah satunya adalah Google Chrome yang hadir dengan fitur ‘Safe Browsing’
Anda bisa mengaktifkan fitur degan membuka setting pilih ‘Advanced’, lalu ‘Privacy’. Kemudian centang ‘Do Not Track’ agar peramban tidak melacak kegiatanmu saat menjelajah.
3. Jangan Gunakan Password Manager di Browser
 
Sejumlah browser semacam Google Chrome kerap menawarkan opsi untuk layanan password manager. Anda tidak perlu susah untuk memasukkan password saat ingin masuk ke sebuah akun tertentu.
Akan tetapi ada baiknya jika anda memanfaatkan layanan yang ditawarkan browser tersebut. Karena anda kemungkinan situs yang berbahaya yang bisa mengancam keamanan password milik anda yang tersimpan.
Maka dari itu manfaatkan saja aplikasi password manager khusus. Karena aplikasi seperti ini memiliki enkripsi yang lebih baik dan mampu bekerja di banyak platform maupun browser.
4. Cek Wi-Fi Publik Sebelum Terhubung
 
Adanya kepraktisan dalam mengakses internet membuat pengguna jauh lebih mudah untuk mengakses informasi. Keberadaan wifi publik di satu sisi dapat membantu anda, namun juga menyimpan bahaya. Ini dapat kemungkinan ada pihak ketiga yang kemungkinan merekam semua pergerakan anda saat mengakses internet memakai jaringan tersebut.
Solusinya anda harus memasang aplikasi pemindai wi-fi seperti ARP Guard. Dengan menggunakan aplikasi ini, anda bisa diperingatkan jika ada aktivitas yang mencurigakan di jaringan wi-fi yang tengah terhubung.
5. Pasang Pemindai Malware
 
Kalau anda adalah orang yang kerap mengunduh file dari internet, maka sudah jelas jika memerlukan aplikasi pemindai malware diperangkat.
Adanya aplikasi ini bisa membantu anda memastikan bahwa tidak ada file tersebut tidak menyimpan malware.
Perlu diketahui juga, kalau aplikasi semacam ini memiliki sejumlah fitur yang bisa membantu, mulai dari anti-theft hingga manajemen performa.
 Itulah 5 tips aman menjelajah internet di android anda. Selalu pastikan keamanan akses internet anda mengingat  banyak sekali para hacker yang ada diluar sana.
Semoga informasi di atas bermanfaat. Selalu tingkatkan kewaspadaan dimanapun anda berada.
Sampai jumpa.

Add a Comment