5 Tempat Untuk Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha

5 Tempat Untuk Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha – Modal untuk membangun usaha sering kali menjadi masalah utama bagi para pendiri usaha. Ini sudah menjadi masalah yang umum bagi mereka, dan sebagian menjadi enggan membangun usaha karena permasalahan modal. Terlebih buat pelaku usaha kecil, modal kerap kali  menjadi faktor yang menghambat perkembangan bisnis mereka.

Modal memang menjadi faktor dalam menjalankan bisnis. Bahkan tidak sedikit yang bergantung adanya modal uang untuk menjalankan usaha. Dan tidak sedikit pula yang bingung untuk mencari permodalan usaha.

Meski sangat penting, modal uang sebenarnya bukan faktor yang menentukan keberhasilan suksesnya sebuah usaha. Ada banyak faktor yang ikut turut menentukan, seperti perencanaan matang, pangsa pasar, strategi pemasaran serta hal lainnya yang turut andil dalam jalannya usaha.




Mau meminjam modal usaha sering kali orang berpikir untuk meminjamkan dari bank. Padahal ada banyak tempat yang menyediakan pinjaman modal usaha dan bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Jika meminjam bank sendiri ada bunga yang tentunya tidak rendah serta persyaratan yang rumit. Sebagai usaha kecil tentu akan sulit mengakses perbankan untuk mendapatkan modal usaha.

Tempat untuk Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha
Sebenarnya ada banyak tempat selain bank yang menyediakan bantuan pinjaman modal usaha yang  bisa diakses dengan mudah. Berikut 5 tempat untuk  mendapatkan pinjaman modal usaha yang bisa anda manfaatkan.

Lembaga Keuangan Non-Bank

Selain bank, tentunya ada lembaga keuangan yang non-bank menyediakan bantuan pinjaman modal usaha yang bisa dimanfaatkan pengusaha kecil. Akan tetapi lembaga ini umumnya meminjamkan modal bukan dalam bentuk tunai, tapi berupa kredit barang.

Seperti Adira, FIF, Megazip, dan penyedia pinjaman modal usaha secara online merupakan contoh lembaga non-bank yang menyediakan pinjaman modal usaha. Kalau anda membutuhkan kendaraan atau barang untuk mengembangkan bisnis kenapa tidak memanfaatkan pinjaman ini, meskipun bunga yang ditetapkan tidak kecil.

BUMN

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) perusahaan milik pemerintah yang tentunya berusaha mencari peruntungan. BUMN menyediakan sekitar 2 persen dari keuntungan untuk modal usaha UKM melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL).

Kalau anda membutuhkan pinjaman modal untuk usaha kecil, anda dapat mengajukan ke BUMN di kota anda. Seperti PT Telkom, Pertamina, PT Angkasa Pura, dan lainnya dapat memberikan pinjaman modal usaha dengan bunga yang rendah dengan plafon yang besar.

Koperasi

Siapa yang tidak tahu tempat yang satu ini. Koperasi simpan pinjam merupakan tempat yang dapat anda manfaatkan untuk mendapatkan pinjaman modal untuk usaha. Bunga yang diterapkan juga kecil umumnya relatif rendah sehingga tidak begitu memberatkan.

Akan tetapi agar anda dapat meminjam uang tentunya harus menjadi anggota koperasi terlebih dahulu. Saat ini banyak koperasi simpan pinjam yang bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan modal usaha.

Instansi Pemerintah

Kalau ingin mendapatkan pinjaman modal usaha dari pereintah, anda dapat menghubungi instansi pemerintah. Anda tidak perlu mendatangi kantor pusat yang ada di Jakarta, sebab melalui Kanwil atau Dinas yang ada di daerah anda bisa melayani juga.

Kementerian Koperasi dan UKM, Departemen Perindustrian dan Perdagangan, serta insatansi lainnya umumnya menyediakan program pembinaan usaha kecil dan menengah UKM. Tidak hanya permasalahan modal, pemerintah juga menyediakan fasilitas gratis untuk pameran dan peralatan usaha.

Investor

Selain dari 4 tempat di atas, ada tempat lain yang bisa untuk mendapatkan pinjaman. Dengan mengajukan pinjaman modal kepada investor. Bisa dengan saudara, kenalan, atau orang yang memiliki uang lebih adalah calon investor yang bisa anda dekati.

Investor bisa perorangan, atau beberapa orang, maupun konsorium. Untuk meyakinkan mereka anda harus membuat penawaran yang menarik serta laporan keuangan usaha yang prospektif dan menguntungkan.


Itulah 5 tempat untuk mendapatkan pinjaman modal usaha yang bisa anda manfaatkan untuk membangun usaha.  Akan tetapi umumnya layanan ini hanya berlaku bagi mereka yang sudah memiliki usaha berjalan, dan mengajukan pinjaman untuk mengembangkan usaha.


Jadi lembaga di atas hanya meminjamkan untuk mereka yang sudah memiliki usaha berjalan ya? Untuk anda yang masih dalam tahap awal membangun usaha, agaknya sedikit sulit mengajukan pinjaman. Namun tidak ada salahnya untuk dicoba.

Semoga informasi di atas bermanfaat.

Sampai jumpa.

Add a Comment