5 Perkara Sepele Biasa Buat Tagihan Listrik Rumah Berkurang

5 Perkara Sepele Biasa Buat Tagihan Listrik Rumah Berkurang – Kebutuhan listrik selalu mengalami kenaikan setiap waktu, maka dari itu alangkah baiknya memulai hidup hemat diterapkan. Banyak hal yang terlihat sepele yang biasa kita abaikan, ternyata bisa untuk menghemat listrik.
Asalkan semua penghuni rumah bisa tertib maka langkah penghematan listrik ini bisa terwujud untuk memotong tagihan listrik.
1. Jangan Langsung Menurunkan Suhu AC Ketika Dihidupkan
 
Bila di rumah anda menggunakan AC, maka ada bisa mulai mengatur suhu ruangan alias air conditioner (AC), bila di rumah menggunakan AC kurang lebih 50% kebutuhan listrik biasanya berasal dari AC.
Cara menghematnya, jangan begitu menyalakan AC langsung diturunkan suhunya, stabilkan saja di-24 atau 25 °C terlebih dulu.
Setiap suhu udara AC yang diturunkan akan ada penambahan penggunaan listrik sebanyak 6%. Seperti jika diturunkan dari 24 ke 18 sekaligus, maka ada tambahan penggunaan 36% daya listrik.
Sebaiknya atur setelah 1 jam dibiarkan menyala, sebelum ruangan di pakai.
2. Matikan dengan Benar Peralatan Elektronik, Jangan Dalam Posisi Standby
 
Peralatan listrik yang masih dalam kondisi standby, seperti televisi atau perangkat audio, sebenarnya masih memakan listrik hingga 80% dari daya ketika hidup.
Cabut colokannya begitu sudah tidak digunakan, kalau anda tidak mau repot untuk cabut-mencabut colokan merepotkan, maka bisa memakai terminal listrik yang ada tombol on/off-nya. Sehingga setelah selesai menggunakannya tinggal ditekan saja.
5-Perkara-Sepele-Biasa-Buat-Tagihan-Listrik-Rumah-Berkurang-copy-compressor
3. Jangan Biarkan Chargeran Menggantung di Colokan
 
Colokan lain yang biasa diabaikan adalah tidak mencabut perangkat pengisi daya telepon selular ponsel alias charger.
Kebanyakan orang masih membiarkan colokan charger terpasang setelah selesai mengisi daya.
Asal perlu tahu, charger itu berisi kumparan, jadi selama terpasang akan terus memutar listrik di situ. Tanpa ada HP, charger tersebut masih mencolok akan menggunakan sekitar 30% dari normal daya listrik.
Kalau colokan 5 ampere, begitu selesai dan tidak dicabut masih ada sekitar 2 ampere yang terus dipakai. Tidak sulit untuk mencoba melakukan penghematan listrik. Dari hal kecil ini anda masih bisa memanfaatkannya untuk hal lain.
4. Rice Cooker dengan Air Panas
 
Ketika anda menanak nasi menggunakan rice cooker, gunakan air yang sudah dipanaskan terlebih dahulu. Menggunakan cara ini akan membuat beras cepat matang dan dengan begini anda bisa menghemat pemakaian listrik.
5. Lemari Es Memiliki Peran Penting Dalam Penghematan Listrik
 
Jika anda memang memiliki atau hendak memiliki kulkas sebaiknya perhatikan beberapa poin berikut :
– Pilih ukuran lemari es dengan ukuran dan kapasitas yang sesuai.
– Buka pintu lemari es seperlunya, dan dalam kondisi tertentu jaga agar dapat tertutup rapat.
– Selalu bersihkan kondesor, yang terletak di belakang lemari es secara teratur.
– Matikan lemari es jika tidak digunakan dalam jangka waktu lama.
Seperti itulah, perkara yang sepele saja bisa membantu dalam penghematan listrik? Bagaimana mungkin tidak untuk melakukannya. Walau terlihat sepele pun masih bisa mendatangkan manfaat lho. Yuk mulai terapkan hidup hemat.
Semoga informasi di atas bermanfaat.

Add a Comment