5 Ide Usaha yang Bermanfaat untuk Mengurangi Wabah COVID-19

5 Ide Usaha yang Bermanfaat untuk Mengurangi Wabah COVID-19 – Sudah banyak korban di Indonesia yang terkena dampak covid-19. Tentunya ini akan sangat merugikan berbagai pihak. Anda pasti merasakan kelangkaan ketersediaan masker dan hand sanitizer saat ini. Meski ada, banyak yang mengambil keuntungan dengan menjualnya dengan harga mahal.
 
 
 
Situasi seperti ini bisa anda manfaatkan termasuk sebagai langkah membantu banyak orang. Paling tidak anda bisa menyediakan keperluan yang dibutuhkan di saat virus seperti ini masih menyerang.
Saat orang kesulitan memperoleh logistik yang berkaitan dengan keadaan saat  ini, justru anda bisa membantu dan hadir guna mengurangi pendemi covid-19 ini.
 
Tidaka da salahnya jika anda membuka peluang baru. Hanya saja jangan sampai anda mementingkan keuntungan. Sebgai prioritas utama adalah usaha untuk melayani orang saat ini.
 
Terlebih hamper seluruh daerah baik perusahaan dan instansi melakukan system kerja work from home. Dan beberapa daerah  yang melakukan lockdown sendiri. Ini sudah membuktikan kalau banyak warga yang mulai khawatir adanya virus ini.
 
Wasapada boleh kok, asal jangan panik. Ini akan menambah situasi menjadi kacau jika kepanikan dan berita hoaks yang tersebar.
 
Brikut ada 5 ide usaha yang bermanfaat untuk mengurangi wabah COVID-19.
1. Bisnis Masker Unik
Menjual masker bisa menjadi peluang sekaligus membantu banyak orang yang tengah banyak mencari barang ini. Anda bisa membuatnya dari berbagai bahan yang menarik seperti kain batik, model buff, atau masker dengan karakter bergambar.
 
Saat ini banyak tangan nakal yang melambungkan harga masker karena kelangkaan, seperti masker N95 yang mencapai harga jutaan. Anda bisa menggantinya dengan mencari bahan-bahan yang tidak terlalu mahal.
 
Anda dapat membuat masker sendiri, seperti menonton tutorial pembuatan masker dari Dr Chen. Yang sudah di posting di halaman facebooknya. Dalam tutorial yang diberikan beliau memberikan cara yang cukup sederhana dalam membuat masker handmade yang dianggap lebih ramah dikantong serta lingkungan.
 
Anda bisa membuatnya dengan berbagai macam kain, dan menjualnya dengan harga murah dan tentunya masker jualan anda bisa dijual.
 
2. Usaha jual hand sanitizer
 
Dalam kelangkaan hand sanitizer, anda bisa memanfaatkan ini menjadi peluang besar yang bisa anda manfaatkan. Anda bisa merujuk pada standar yang diberikan WHO dalam membuat hand sanitizer dengan berbahan ethanol 96 persen.
 
Orang akan lebih tertarik dengan hand sanitizer yang memiliki aroma yang sedap seperti aroma buah-buahan atau bunga yang menyegarkan.
 
Kalau anda berhasil membuat produk hand sanitizer seperti itu, maka anda bisa memasarkannya kepada orang-orang terdekat dahulu. Anda bisa memperluas dengan menjualnya di berbagai daerah yang ada di Indonesia.
 
Tentu anda harus fokus pada manfaatnya. Sejalan dengan niat yang juga perlu di sosialisaikan cara pemakaiannya kepada masyarakat atau konsumen.
 
3. Makanan Delivery yang Higienis
 
Pintar memasak, membuak usaha delivery banyak sekali membantu. Terlebih konsuemn yang bekerja di rumah dan para pelajar yang tidak berangkat ke sekolah.
 
Saat anda membuka tempat makan sederhana di rumah untuk menjajakan makan anda, maka lebih mudahnya anda bisa membuka layanan menjadi mitra Gojek dan Grab.
 
Hal yang paling penting adalah anda bisa memastikan makanan anda higienis. Biasanya selain bentuk dan penyajiannya yang  higienis, kemasan makanan tentunya akan memberi kesan baik dan buruk kepada konsumen. Maka dari itu kemas makanan anda dengan sebaik mungkin.
 
4. Usaha Rempah Tradisional atau Herbal
 
Seperti yang kita ketahui ramuan tradisional adalah obat yang sudah sejak dulu ada yang bisa meningkatkan system kekebalan tubuh dan mencegah virus untuk masuk. Ramuan yang dulu kurang diminati, sekarang menjadi buruan untuk membuat ramuan rempah-rempah ini.
 
Seperti kunyit, jahe, temulawak, kayu manis kencur, laos, dan daun sereh. Jika anda minat dengan bisnis ini ada bisa melakukan inovasi dengan hal yang berbau kekinian yang berbeda dengan yang lain.
 
Seperti kemasan paketan dengan porsi kecil dan harga terjangkau. Atau membuka kedai obat trasisional dengan konsep modern.
5. Jasa Buat Video dan Grafis untuk Kampanye
 
Peluang usaha yang bisa bermanfaat adalah anda bisa ikut kampanye. Ada banyak instansi dari pemerintah yang membutuhkan media seperti video dan grafis untuk mengampanyekan pencegahan terhadap sebaran virus Corona atau tips mengenai kesehatan.
 
Dengan begitu jika anda  memiliki keahlian dalam bidang tersebut maka anda bisa menawarkan jasa kepada pihak terkait yang membutuhkan.
 
Agar lebih mudah anda tinggal bermitra dengan mereka, dan membicarakan mengenai kontrak kerja atau system konten video atau grafisnya nanti.
 
Selain anda dapat mendapatkan cuan, anda bisa menjadi bagian yang peduli terhadap kesehatan masyarakat dan keselamatan masyarakat pada umumnya.
 
Itulah 5 ide usaha yang bermanfaat untuk mencegah wabah corona. Ingat selalu kompetitif ya. mengingat anda memiliki niat membantu  maka berikan harga yang wajar dan jangan bermain harga di tengah kelangkaan yang ada. Keuntungan yang akan didapatkan hanya sesaat dan tidak berkah.
 
Semoga infonya bermanfaat.  Selalu jaga kesehatan ya!

Add a Comment