5 Gangguan PLN Token Listrik yang Sering Terjadi

5 Gangguan PLN Token Listrik yang Sering Terjadi – Menggunakan listrik dengan sistem prabayar merupakan cara yang efektif mengurangi resiko kelalaian dalam pencatatan penggunaan listrik. Menggunakan listrik sistem prabayar memungkinkan penggunanya untuk mengontrol penggunaan listrik sehingga bisa lebih hemat dan efektif penggunaannya.

Bagi pengguna listrik prabayar tidak akan bisa menikmati fasilitas listrik kalau belum membeIi voucher listrik di beberapa tempat yang sudah menyediakan pelayanan pulsa listrik prabayar. Tempat yang biasanya menyediakan fasilitas pulsa listrik diantaranya, kantor PLN, kantor Pos, Toko atau kios pulsa yang menjual voucher listrik, hingga beberapa ATM bank yang sudah memiliki fasilitas pembelian token pulsa listrik.

Gangguan PLN Token Listrik yang Sering Terjadi

Akan tetapi di balik kemudahan yang bisa dirasakan, ada kalanya gangguan PLN token listrik terjadi dan selalu gagal terus dan mengalami maslah bahkan error aliran listrik. Bisa dong dibayangkan saja mesin meteran anda sudah berbunyi karena limit sementara pengisian token yang dilakukan selalu mengalami kegagalan, jadi berisik dong ya, malu sama tetangga.

Lalu apa sih penyebabnya kok bisa begitu? Ada beberapa faktor yang menyebabkan gangguan PLN token listrik.

Server mengalami masalah atau error

Yang pertama adalah dari server pusata yang mengalami masalah atau error. Kalau hal ini terjadi maka hanya bisa menunggu sampai server tersebut normal kembali agar token bisa bisa masuk dan sukses.

ID meter yang dimiliki setiap pengguna merupakan angka yang unik yang sudah terhubung dengan token yang disikan. Kalau anda salah dalam membeli token listrik maka akan dinyatakan valid dan kemungkinan token tidak dapat masuk ke ID meter. Maka anda harus memastikan token yang anda beli sesuai dengan ID meteran agar gangguan PLN token listrik tidak terjadi terus karena kesalahan.

Pemasangan Instalasi lsitrik yang tidak tepat

Ini adalah faktor dimana dapat dilihat secara nyata di area pemukiman yang padat. Hala ini akan m menimulkan masalah, selain kegagalan dalam memasukkan kode token listrik. Ini akan sangat beresiko terjadinya konsleting listrik. Kalau anda mengalami hal ini maka hubungi petugas PLN terdekat.

Adanya masalah pada Meter Prabayar

Gangguan yang biasa terjadi adalah adanya maslah dengan meteran prabayar itu sendiri. Seperti kalau anda melihat tulisan “Periksa”, “Cancel”, Logo Relay lepas, Tangan Dadah, Blocked, CTL bahkan Meter mati, hubungi saja PLN 123 dan menjelaskan kondisi tersebut sebab kalau tidak, anda tidak bisa mengisi token PLN.

Salah memasukkan token listrik

Sama halnya kesalahan pada ID meter, kesalahan memasukkan nomor token listrik juga bisa menyebabkan token listrik mengalami kegagalan. Ini karena setiap nomor token unik dan memiliki keterkaitan langsung dengan ID meteran. Jadi periksalah kembali, kemungkinan anda bisa saja salah dalam memasukkan jumlah digit saat memasukkannya, bisa saja jumlah digit tersebut kurang bahkan lebih.

Jadi anda jangan heran kalau sudah memasukkan lebih dari 3 kali maka akan diblocked secara otomatis, rugi kan? Kalau anda mengalami masalah tersebut sebaiknya hubungi PLN untuk menangani permasalahan anda, agar bisa di atasi dengan baik.

KWH yang over limit

Kalau dalam jangka waktu satu bulan jumlah token yag dimasukkan melenihi batas maksimal, maka bisa menyebabkan gangguan PLN token listrik. Kelebihan KWH, sistem prabayar memiliki batas maksimal penggunaan, ini dimaksudkan agar pengguna energi listrik bisa menggunakan listrik sesuai dengan limit yang ada. Menggunakannya dengan lebih bijak dan tidak berlebihan.

Baca Juga : CARA HEMAT TOKEN LISTRIK PRABAYAR EFEKTIF

Itulah 5 gangguan token listrik yang sering terjadi. Jadi sebelum anda uring-uringan dengan token PLN maka pastikan lebih dahulu kalau langkah yang anda lakukan benar.

Semoga infonya bermanfaat.

Sampai jumpa.

Add a Comment