5 Cara Promosi Bisnis Rumahan

5 Cara Promosi Bisnis Rumahan – Bisnis rumahan merupakan salah satu jenis bisnis yang paling banyak diminati. Ini bisa dibilang sebagai bisnis yang cocok untuk pekerjaan sampingan atau utama.

Seperti yang anda ketahui kondisi saat ini, bagi yang berada dalam zona merah tidak diperbolehkan melakukan kegiatan diluar rumah. Nah, bagi anda yang ingin menambah pemasukan tambahan tanpa harus keluar rumah. Bisa memulai bisnis rumahan dengan berbagi ide yang bisa anda gunakan.

Maka buat promosi bisnis yang tepat agar jualan anda bersaing dengan pebisnis lainnya. Cara promosi bisnis rumahan ada banyak. Tinggal pilih mana yang cocok dengan usaha anda. Intinya tidak perlu minder atau malu. Pelajari cara promosi bisnis rumahan yang efektif dan efisien.

  1. Promosi langsung, dari mulut ke mulut

Cara ini memang sudah ada dari dulu, ini merupakan metode lama yang efektif. Meski hal ini sudah banyak ditinggalkan. Cara ini adalah cara yang paling mudah dan murah. Yang penting lakukan dengan benar, berikan pelayanan yang baik maka konsumen akan merekomendasikan ke orang lain.

Mempromosikan sempel produk anda bisa dengan mendatangi rumah satu ke yang lain. Berjualan keliling. Seperti kalau anda berbisnis makanan kue kering maka membagikan tester ke tetangga atau kerabat. Jangan lupa sertakan harga diskon dan nomor telepon agar bisa memesan kue anda.

Semakin banyak yang minat maka membuka peluang untuk mengembangkan bisnis.

 2. Promosi via media sosial

Menggunakan media sosial seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, Line dan TikTok untuk promosi bisnis. Kalau anda tidak minat membuka akun bisnis khusus produk jualan tidak masalah. Anda bisa menggunakan akun pribadi dan mendapatkan calon pembeli dari kontak teman atau kerabat.

Anda membuat caption dan foto produk yang menarik supaya bisa mendapatkan respon yang baik. Di sisi lain, cara ini akan efektif kalau anda memiliki banyak followers. Anda  coba untuk sekereatif mungkin dan seagresif mungkin promosi via sosial media.

Kalau anda memiliki kenalan yang memiliki banyak follower, bisa meminta bantuan dari mereka agar mempromosikan produk anda. Selain itu anda juga bisa bantuan artis yang membuka free promote.

3. Jualan di marketplace

Di era yang serba internet ini, jumlah marketplace yang ada di Indonesia sangat banyak. Agar usaha rumahan anda cepat laris maka anda bisa mencoba membuka di marketplace. Dalam jualan ini anda tidak boleh malas karena banyak pesaing di dalam sana.

Melakukan riset, mempelajari bagaimana cara gratis dari internet, kemudian mempraktekannya sendiri. Membuat logo sederhana pada produk anda. Cara upload foto produk, membuat deskripsi produk sampai metode pembayarannya.

Bisa menggunakan lebih dari satu marketplaceuntuk berjualan. Biasanya rata-rata gratis untuk jualan disana namun akan banyak pesaingnya juga.

Soal biaya promosi, pasang iklan dan sebagainya bisa langsung di marketplace agar produk anda ada di halaman utama.

4. Pakai jasa endorsement

Untuk bisnis yang skala rumahan maka sudah masuk dalam kategori bisnis UKM atau menengah. Dan memiliki pangsa pasar yang cukup besar, bisa memaksimalkan promosi dengan biaya khusus dengan memakai jasa endorsement, contohnya mengajak content creator atau influencer lokal untuk memasarkan produk anda.

Cara ini bisa efektif dan tepat sasaran, sebab jasa endorsement yang membuat video testimonial produk mampu mendobrak angka penjualan hingga berkali-kali lipat.

Memang biaya nya tidak murah. Namun anda bisa melakukan cara yang selektif dengan biaya promosi. Kalau ada kemungkinan, cari influencer yang sedang melakukan  posting gratis.

5. Titip produk ke warung

Selain memanfaatkan pasar online, anda bisa memanfaatkan warung yang berada di sekitar tempat tinggal anda.  Sebelumnya pastikan kalau pemilik warung sepakat, dan memberikan komisi yang sesuai.

Memperhatikan kualitas produk dan lebih baik untuk melengkapi dengan contact person pada kemasan produk. Hal ini akan menguntungkan anda kalau ada pembeli yang tertarik untuk memesan dalam jumlah banyak.

Jaga Kualitas, Tingkatkan Kreativitas

Apapun produk dalam bisnis anda, selalu jaga kualitasnya. Sangat di sayangkan kalau anda memiliki harga murah tapi rasa tidak karuan. Kalau kualitas terjaga maka usaha anda akan semakin maju dengan pesat tanpa disadari. Pilih saja strategi marketing yang sesuai dengan biaya anda. Terlebih kalau situasi sedang krisis pengusaha harus pandai dalam mengelola biaya.

Itulah cara promosi bisnis rumahan ini semoga bermanfaat.

Sukses selalu.

Add a Comment