4 Tips Menjalin Hubungan Konsumen Pada Bisnis E-commerce

4 Tips Menjalin Hubungan Konsumen Pada Bisnis E-commerce – Ada keuntungan dan beberapa kerugian tersendiri dalam menjalankan bisnis, termasuk menjalankan bisnis online. Keuntungan dalam menjalankan bisnis online adalah cara menjalankannya mudah dan simple hanya dengan bantuan internet. Ada banyak sekali platform yang dapat digunakan, mulai dari menggunakan  website ataupun menggunakan sosial media.
 
Tentu tidak hanya hal itu, produk anda bisa menjangkau pasar dengan lebih luas. Akan tetapi di sisi lain, bisnis online tentu tidak sama dengan bisnis yang menggunakan offline store. Kadang menjalin hubungan yang dalam dengan konsumen menjadi sebuah tantangan yang besar.
 
 
 

Tips Menjalin Hubungan Konsumen Pada Bisnis E-commerce

Tidak semua orang dapat menciptakan hubungan  yang dekat dengan konsumennya. Maka dari itu, ada beberapa tips yang bisa di terapkan untuk menjalin hubungan bisnis dengan konsumen di dunia e-commerce.
 

1.Membuat Fanbase Produk di Sosial Media 

 
Saat anda membuat sebuah fanbase dari produk anda di sosial media, maka orang pasti akan penasaran atau menyukai produk anda jika bisa berdiskusi dengan mudah di fanbase tersebut.
 
Anda juga dapat dengan mudah menerima saran dan kritikan yang membangun untuk produk yang anda pasarkan. Selain itu, anda juga akan tahu ada berapa banyak orang yang mengenal produk anda serta apa kelebihan dan kekurangan dari produk anda di mata konsumen.
 

2.Selalu Membalas Pesan Konsumen 

 
Ketika anda memiliki toko offline, maka anda bisa melakukan komunikasi pada pelanggan secara langsung atau real time di saat pelanggan berbelanja. Berbeda kalau anda membuka toko  online, tentu anda tidak bisa berkomunikasi dengan konsumen anda secara intens dan langsung dengan pelanggan.
 
Oleh karena itu, kalau ada konsumen yang mengirim pesan dan menanyakan produk anda, naik melalui komentar ataupun direct message,  anda bisa membalasnya atau mengabaikannya.  Pelanggan juga tidak akan suka saat mereka merasa bahwa pertanyaan mereka anda abaikan.
 
Selain hal tersebut, perhatikan juga jangka waktu dalam membalas pesan. Usahakan anda membalas pesan pelanggan dalam rentang waktu satu sampai dua jam agar pelanggan tidak terburu pindah ke toko lain yang menjual produk sama.
 
Balas pesan dari konsumen dengan bahasa yang ramah. Sama halnya saat anda sedang mengobrol dengan teman anda sendiri agar pelanggan anda tidak merasa asing dan merasa lebih di hargai sebagai konsumen.
 

3.Mendengar Apa yang Konsumen Mau

 
Saat berinteraksi dengan konsumen, anda harus memastikan bisa memahami dan menangkap kode yang diberikan oleh konsumen mengenai apa yang mereka inginkan untuk ada di toko anda.
 
Saat sudah mengetahui apa yang diinginkan konsumen, dapat dipastikan konsumen akan melakukan pembelanjaan ulang di tempat anda dan menjadi orang yang loyal di toko online  milik anda.
 

4.Melakukan Follow Up 

 
Follow up sangat jarang digunakan oleh para pelaku usaha online shop. Andaikan anda tahu kalau sebenarnya follow up sangat penting untuk mengetahui apakah konsumen puas dengan produk yang ada di toko anda.
 
Selain itu, follow up juga berguna untuk memberi informasi apakah anda akan meluncurkan produk baru, atau sedang mengadakan promo yang menarik dan sebagainya yang bisa membuat pelanggan akhirnya tetap kontak dan mengingat toko anda dalam benaknya saat membutuhkan sesuatu.
 
 
Itulah 4 tips menjalin hubungan konsumen pada bisnis e-commerce yang bisa anda terapkan untuk kemudahan anda menjalin hubungan dengan konsumen anda.
 
Semoga informasi di atas bermanfaat.
 
Sampai jumpa.

Add a Comment